Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Pramuka terhadap Kepedulian Lingkungan Pesisir

Ikhwanudin Ikhwanudin*  -  Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Ikhrom Ikhrom  -  Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Nur Hayati  -  Ilmu Gizi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh keaktifan siswa kelas X MA NU Nurul Huda dalam kegiatan Pramuka terhadap kepedulian lingkungan pesisir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode expost facto. Teknik pengambilan sampel secara random, sebanyak 108 siswa. Data dari dokumentasi dan angket, dianalisis dengan regresi sederhana. Instrumen diuji validitas dan reliabilitasnya. Sedangkan pengujian hipotesis melalui lima tahapan, yaitu uji keberartian korelasi, uji koefisien korelasi pada regresi linier sederhana, koefisien determinasi, persamaan regresi serta uji keberartian dan kelinieran regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan siswa kelas X MA NU Nurul Huda Semarang dalam kegiatan Pramuka dengan kepedulian lingkungan pesisir. Nilai kontribusi pengaruh keaktifan siswa MA NU Nurul Huda Semarang terhadap kepedulian lingkungan pesisir adalah sebesar 12%.

Keywords: keaktifan; kepedulian lingkungan; pramuka

  1. Al Anwari, Amirul Mukminin. (2014). Strategi pembentukan karakter peduli lingkungan di sekolah adiwiyata, TA’DIB, 19(2): 229
  2. Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Azwar, Syaifuddin. (1999). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Departemen Agama RI. (2002). Alqur’an dan Terjemahnya. Jakarta Timur: CV. Darus Sunnah.
  5. Firmansyah, Zull Agus. (2015). Panduan Resmi Pramuka, Jakarta: Wahyu Media.
  6. Kumurur, Veronica A. (2008). Pengetahuan, sikap dan kepedulian mahasiswa pascasarjana ilmu lingkungan terhadap lingkungan hidup kota jakarta. EKOTON. 8(2):1-24
  7. Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 036 ,(Jakarta,1979)
  8. Mukhtashor. (2014). Pencemaran Pesisir dan Laut, Jakarta: CV Alika.
  9. Mustari, Mohammad. (2013). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta; PT Grafindo Persada.
  10. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendiidkan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabet,
  11. Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
  12. Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
  13. Yusuf, Samsul. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Open Access Copyright (c) 2019 Bioeduca : Journal of Biology Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Bioeduca: Journal of Biology Education
Published by Department of Biology Education, Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 812-2359-1990
Website: https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/index
Email: bioeduca@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-8009 (Print)
ISSN: 2715-7490 (Online)


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps