Partisipasi Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (KKG PAI SD) Kabupaten Boyolali dalam Meningkatkan Kompetensi Guru PAI SD

Fauzi Muharom*  -  IAIN Surakarta, Indonesia

(*) Corresponding Author
This study aims to know the participation of Teachers Working Group (KKG) and mapping the needs of improving the  competence of teachers PAI elementary school in Boyolali district. This type of research is a qualitative descriptive with analytical interactive method. The results showed that PAI KKG SD Participation Boyolali district in improving competence PAI elementary teachers include; Training Lesson Study, training 2013 curriculum, PAI teacher development program and assist in the teacher’s administration. While the results of the mapping of needs to increase the competence of teachers PAI elementary school in Boyolal, include: training curriculum 2013, PTK, BTA and learning media.

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi Kelompok Kerja Guru (KKG) dan pemetaan kebutuhan peningkatan kompetensi Guru PAI SD di kabupaten Boyolali. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode analitis-interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Partisipasi KKG PAI SD kabupaten Boyolali dalam meningkatkan kompetensi guru PAI SD meliputi; Pelatihan Lesson Study, Bintek/pelatihan Kurikulum 2013, Program pengembangan guru PAI dan membantu administrasi keguruan. Sedangkan hasil pemetaan kebutuhan peningkatan kompetensi guru PAI SD di Kabupaten Boyolali meliputi: pelatihan kurikulum 2013, pelatihan PTK, pelatihan BTA dan pelatihan media pembelajaran.

Keywords: Participation; Teachers Competency PAI; PAI Elementary; Teacher Working Group (KKG PAI SD);Partisipasi; Kompetensi Guru PAI; Kelompok Kerja Guru PAI SD; Boyolali

  1. Echols, John M., Hassan Shadily, 1996. Kamus Inggris-
  2. Indonesia. Jakarta:, PT. Gramedia Pustaka Utama.
  3. Daulay, Haidar Putra, 2004. Pendidikan Islam dalam Sistem
  4. Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Prenada
  5. Media.
  6. Harsono dan MJ Susilo, 2010. Pemberontakan Guru: Menuju
  7. Peningkatan Kualitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  8. Hawi, Akmal, 2013. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam.
  9. Jakarta: PT Grafindo Persada.
  10. Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman, 1992. Analisis
  11. Data Kualitatif, Terj. Tjetjep Rohandi Raihidi. Jakarta:
  12. UI Press.
  13. Moleong, Lexy. J., 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif.
  14. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  15. Mulyasa, 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru.
  16. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  17. _________, 2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru.
  18. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  19. Munib, Achmad, 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang:
  20. UNNES Press.
  21. Musfah, Jejen, 2012. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui
  22. Pelatihan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta:
  23. Kencana Prenada Media Group.
  24. Na’im, Ngainun, 2009. Menjadi Guru Inspiratif: Memberdayakan
  25. dan Mengubah Jalan Hidup Siswa.
  26. Yogyakarta: Pustaka Pelajar..
  27. Sudjana, Nana, 1991. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.
  28. Bandung: Sinar Baru.
  29. Tirtarahardja dan La Sulo, 2005. Pengantar pendidikan. Jakarta:
  30. Rineka Cipta.
  31. Usman, Moh. Uzer, 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung:
  32. PT. Remaja Rosdakarya.
  33. Wahyudin, Din, 1995. Monitoring dan Evaluasi Petunjuk bagi
  34. Para Pelaksana. Jakarta: PEQIP.

Open Access Copyright (c) 2017 Nadwa
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 INDEXED BY

Journal Terindex di CrossrefJournal Terindex di LeidenJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di GarudaJournal Terindex di Base

View My Stats
apps