Analisis Praktik Pelibatan Orang Tua dan Masyarakat dalam Kegiatan Kreatif Anak Usia Dini : Studi Kasus di TK Pertiwi Ds.Tambah Rejo, Kec. Tunjungan Kab. Blora

Uswatun Hasanah*  -  Student at UIN Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author

This study aims to analyze practices involvement parents and the community in the creative early childhood in kindergarten Pertiwi. This research in a qualitative, that serves to find a meaning, investigate the process, obtain information, and having a deep understanding of an individual as well as groups.Technique data collection uses observation, interviews, and documentation. Data analyzed by using descriptive qualitative. The research results show that the creative done in kindergarten pertiwi is good. Types of creative activity were done in kindergarten to have a partnership with their surroundings school to support activity early childhood.

 

Abstrak

 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa praktik pelibatan orang tua dan masyarakat dalam kegiatan kreatif anak usia dini di TK Pertiwi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang berfungsi untuk menemukan sebuah makna, menyelidiki proses, menggali informasi, serta memperoleh pemahaman yang mendalam dari individu maupun kelompok. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisa dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan kreatif yang dilakukan di TK Pertiwi sudah baik. Jenis Kegiatan kreatif yang dilakukan di Tk tersebut adalah dengan melakukan kerjasama dengan lingkungan sekitar sekolahan sebagai sarana bermain untuk menunajang kegiatan kreatif anak usia dini. untuk mendapatkan suasana yang bervariasi bagi anak.

Keywords: pelibatan; orang tua; Anak Usia Dini; greater involvemen, parents, the community; children; creative.;

  1. Fauziddin, Muhammad. 2016, Penerapan Belajar melalui Bermain Balok Unit Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini, Curricula / Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. Vol. 1, no.3.
  2. Holis, Ade. 2007, Peranan Keluarga / Orang Tua Dan Sekolah Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 01, No. 01.
  3. Jaelani, M Syahron. 2014, Teori Pendidikan Keluarga Dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini, Nadwa / Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 8, No. 2.
  4. Jirhanudin. 2007. Menuju Tasawuf Dinamis, yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Kusmastuti, Eny. 2004, Pendidikan Seni Tari Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Tadika Puri Cabang Erlangga Semarang sebagai Proses Alih Budaya, Harmonia / Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran seni, Vol. 5, No. 1.
  6. Munandar, Utami. 2004, Pengaembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta.
  7. Musfiroh, Tadkiroatun. Kreatifitas Anak Usia Dini dan Implementasi Dalam Pendidikan, JPPM / Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. Vol. 3, No.2.
  8. Fuad, Nurhattati. 2014, Manajemen pendidikan berbasis masyarakat, (Jakarta: Raja Grafindo Persada,
  9. Pidarta, Made. 2004, Manajemen Pendidikan Indonesia, jakarta: Rineka Cipta.
  10. Rachmawati, Yeni. dkk, 2010, Strategi Pengembangan Kreativitas Pada anak Usia Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Kencana Premedia Groub.
  11. Mariyana, Rita, dkk. 2010, Pengelolaan Lingkungan Belajar, Jakarta: Prenada Media.
  12. Suyadi, 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini, Bandung: Remaja Rosdakarya.
  13. Suyadi, dkk. 2015, Konsep Dasar PAUD, Bandung: Remaja Rosdakarya.
  14. Soemarjan, Selo. 1962, Sosiologi suatu pengantar, Yogyakarta: Gajah Mada Pers.
  15. Shofa, Mila Faila. 2014, Peningkatan keterampilan berbicara Anak Usia Dini Melalui Permainan Sandiwara Boneka, UMS / Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 1, No. 2.
  16. Tayler, Collette, dkk. 2006, Learning Partnership with Parents Of Young Children: Studying The Impact Of a Major Festival Of Early Childhood in Australia, Europen Early Childhood Education Research Journal, Vol. 14.
  17. Yus, Anita. 2011, Model Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencara Prenada Media.

Open Access Copyright (c) 2017 Nadwa
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 INDEXED BY

Journal Terindex di CrossrefJournal Terindex di LeidenJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di GarudaJournal Terindex di Base

View My Stats
apps