Perkambangan Agama dan Moral yang tidak Tercapai pada AUD: Studi Kasus di Kelas A1 TK Masyitoh nDasari Budi Yogyakarta

Nur Tanfidiyah*    -  UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

(*) Corresponding Author

This research discuss religion and moral development of students of kindergarten in TK A nDasari Budi Krapyak Yogyakarta. This research is descriptive qualitative. The data is acquired from interview, observation, and another data collecting which is support this research. The result of this research is (1) Religion and moral development development which are not achieved by student of kindergarten in class A1 TK Masyitoh nDasari Budi Yogykarta, they are: only knowing religion and God trough song, they do not accustom to have worshipping activities, they have not understood what is good attitude, they have not been able to defferentiate between good attitude and bad attitude, and they have not know much about religious ritual but they have not known Islamic day celebrations; and they not known about the other religions. (2) They need to be given knowledge about children education and increasing affection and togetherness.

 Abstrak

Penelitian ini membahas tentang perkembangan agama dan moral pada anak usia dini di TK A nDasari Budi Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari wawancara, observasi, dan pengumpulan data-data yang mendukung penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perkembangan agama dan moral yang tidak tercapai pada AUD di kelas TK A1 Masyitoh nDasari Budi Yogyakarta diantaranya mengetahui agama dan Tuhanya lewat menyanyi, tidak membiasakan diri beribadah, belum memahami perilaku mulia, belum dapat membedakan perilaku yang baik dan buruk, dan sedikit sekali mengenal ritual kegamaan dan belum mengenal hari besar Islam; serta belum mengetahui agama orang lain. (2) perlu pengetahuan pemberikan tentang pendidikan anak dan meningkatkan kasih sayang serta kebersamaan dengan anak-anak.

Keywords: perkembangan agama; moral; religion; moral development; student of kindergarten

  1. Ardy Wiyani, Novan. 2014, Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
  2. ______ 2014. Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media.
  3. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta.
  4. B. Hurlock, Elizabth. 1978, Teori Perkembangan. Yogyakarta : Mei Meitasari Thang Tjangdrasa.
  5. G. Gunarsah, Singgih. 2003, Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.
  6. Hariwijaya, M dan Bisri M Djaelani. 2011. Panduan Menyusun Skripsi. Yogyakarta: Siklus.
  7. Hasan, Maimunah. 2013, Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: DIVA Press.
  8. Syantut, Khatib Ahmad. 1998, Menumbuhkan Sikap Sosial, Moral dan Spiritual Anak dalam Keluarga Muslim. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
  9. Mansur. 2011, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  10. Mursid. 2015, Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  11. Rusydie, Salman. 2011, Prinsip-prinsip Manajemen Kelas. Yogyakarta: DIVA Press.
  12. Santrock, John W. 2007, Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga.
  13. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosydakarya.
  14. Sugiono. 2014, Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
  15. Suyadi dan Maulidya Ulfa. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosydakarya.
  16. Yudrik, Jahja. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenada Media Group.
  17. Agus Setiawati, Farida. 2006. “Pendidikan Moral dan Nilai-nilai Agama pada Anak Usia Dini: Bukan Sekedar Rutinitas”, dalam Jurnal Paradigma No.2 Tahun 1, Juli. Hal. 42
  18. Amelia, Nony, dkk. 2013. “Peningkatan Perkembangan Nilai Agama dan Moral”. Dalam
  19. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=112416&val=2338, di akses tanggal 24 Juli 2017
  20. Kadek Novia Purmamasari, Ni, dkk. 2014. “Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Kegiatan Melipat Kertas (Origami) untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak”, dalam e-Journal PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2, No. 1, Hal. 2
  21. Nur Ahyani, Latifah. 2010. “Metode Dongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah”, dalam Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus, Volume 1, No. 1, Desember. Hal. 24
  22. Puspa Ardini, Pupung. 2012. “Pengaruh Dongeng dan Komunitas Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 7-8 Tahun”, dalam Jurnal Pendidikan Anak, Volume 1, Edisi 1, Juni, Hal. 45
  23. Rantina, Wahyuni. 2012. “Pembelajaran Agama di Sentra Iman dan Taqwa Taman Kanak-Kanak Huffazh Payakumbuh”, dalam Jurnal Pesona PAUD, Vol. 1, No.05, Hal. 2
  24. Syamsudin, Amir. 2016. “Evaluasi Ketercapaian Standar Isi Perkembangan Nilai-nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Pada Semester Gasar 2016/2017 KB/TK PEDAGOGIA”, dalam Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 5, Edisi 2, Desember, Hal. 765
  25. Yan Yusuf, Kekerasan Anak Masih Jadi Momok yang Menakutkan. Di akses dari
  26. https://metro.sindonews.com/read/1114783/170/kekerasan-anak-masih-jadi-momok-yang-menakutkan-1465301215, di akses pada tanggal 28 Juli 2017
  27. Yusuf, Muhammad. 2014. “Pendidikan Karakter Berbasis Qur’ani dan Kearifan Lokal”, dalam Jurnal Karsa, Vol. 22, No. 1, Hal. 54

Open Access Copyright (c) 2017 Nadwa : Jurnal Pendidikan Islam
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 INDEXED BY

Journal Terindex di CrossrefJournal Terindex di LeidenJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di GarudaJournal Terindex di Base

View My Stats
apps