Model of Islamic Religion Education 435 Based on Islam Nusantara on College

Umi Zulfa

Abstract


This paper aims to provide an alternative model of Islamic Religion Education Based on Islam Nusantara on College, that make students able to emerge as wise leaders in the midst of Indonesian society and far from being exclusive. This research used qualitative approach with type of research library.  The result sawn that Islamic Religion Education model of Islam Nusantara in college is built from 435 Islam Nusantara concept that is a model consisting of four (4) character, they are spirit of religious education process. Namely: ruuhuddin (religious spirit), nationalism, ruuhudta'addudiyah (spirit of diversity) and ruuhul insaniyyah (spirit of humanity), built on 3 main pillars:  thought (fikrah), movement (harakah), real action (amaliyyah), and with 5 markers, namely islakhiyyah, tawazunniyah, tatawwuniyah, akhlaqiyah, and tasamuh..

 

Abstrak

 Tulisan ini bertujuan untuk memberikan model alternatif Pendidikan Agama Islam Berbasis Islam Nusantara di Perguruan Tinggi, yang membuat siswa mampu tampil sebagai pemimpin yang bijaksana di tengah masyarakat Indonesia dan jauh dari eksklusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis perpustakaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Pendidikan Agama Islam Islam Nusantara di perguruan tinggi dibangun dari 435 konsep Islam Nusantara yaitu model yang terdiri dari empat (4) karakter, yaitu semangat proses pendidikan agama. Yakni: ruuhuddin (semangat agama), nasionalisme, ruuhudta'addudiyah (spirit of diversity) dan ruuhul insaniyyah (semangat kemanusiaan), dibangun di atas 3 pilar utama: pemikiran (fikrah), gerakan (harakah), aksi nyata (amaliyyah), dan dengan 5 penanda, yaitu islakhiyyah, tawazunniyah, tatawwuniyah, akhlaqiyah, dan tasamuh.


Keywords


Islam Nusantara; Islamic Religion Education; College; Islam Nusantara; Pendidikan Agama Islam; Pendidikan Perdamaian, Pendidikan tinggi

Full Text:

PDF

References


Arif, Mahmud, 2012, Pendidikan Agama Islam Inklusif-Multikulturalisme, Jurnal Pendidikan Islam Vol.1 N0.1, Juni 2012/1433.

Al Wizar, 2015, Pemikiran Pendidikan Al Ghazali, Jurnal Potensia Vol.14 Edisi 1 Januari-Juni 2015, Hal 140-141

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknlogi dan Pendidikan Tinggi R I, (2016), Pendidikan Agama Islam untuk PT, Cetakan 1.

Ghazali, 2016, “Tasawuf Al Ghazali dalam Ihya’ ‘Ulum Al Din”, makalah Seminar Nasional Imam Ghazali: “Pemikiran dan Pengaruhnya Terhadap Islam Nusantara dan Peradaban Dunia”, IAIIG Cilacap pada tanggal 3 April 2016

Hazen, Ibnu (Ed), (2015), 100 Ulama Dalam Lintas Sejarah NU, (Jakarta: Lembaga Ta’mir Mesjid –PBNU, 2015).

Hermawan, Asep, 2016, Konsep Belajar dan Pembelajaran Menurut Al Ghazali, Studia Didaktika, Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol.10 N0.1 tahun 2016

Maduqi, Irwan, 2013, Deradikalisasi Pendidikan Islam Berbasis Khasanah Pesantren, jurnal Pendidikan Islam Vol.1, Juni 2013/1434, hlm.10-12.

Machali, Imam, 2013, Peace Education Dan Deradikalisasi Agama, Jurnal Pendidikan Islam Vol.II, N0 1, Juni 2013/1434. hlm. 48-49

Muhadjir, Noeng.2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin

Muqoyyidin, Andik Wahyun, 2013, Membangun Kesadaran Inklusif-Multikultural Untuk Deradikalisasi Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan Islam Vol.II, Noor 1, Juni 2013/1434. Hlm.134.

Nurudin, 2015, Perbandingan Pengelolaan Pendidikan Agama Pada Sekolah di Indonesia dan Sekolah Republik Indonesia Tokyo, Jurnal Pendidikan Islam. Vol.IV.Nomor 1, Juni 2015/1436, hal.9

Soleh, Akhmad, 2014, Kebijakan PT Negeri Yogyakarta Terhadap Penyandang Disabiltas, Jurnal Pendidikan Islam Vol.III Nomor 1, Juni 2014/1435, hlm. 13

Schumacher, James H McMillan and Sally, 2001, Research In Education. A Conceptual Introduction. New York: Addison Wesley Longman.Inc.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor .20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Duta Nusindo, Semarang

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor .12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi

Zulfa, Umi. 2011. Metodologi Penelitian Sosial. Edisi Revisi. Yogyakarta: Cahaya Ilmu.

_____, 2017, Model Pembelajaran Unggulan, Cilacap: Ihya Media.

_____, 2013, “Model Pembelajaran :SICI” Alternatif Model Pembelajaran IRE Unggulan”, Nadwa.Volume 7.Nomor 1, April 2013: 118-123.




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/nw.2018.12.1.2462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Nadwa : Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

View My Stats