Implementasi Evaluasi Kinerja Guru Di MA Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo

Harjali Harjali*  -  STAIN Ponorogo, Indonesia

(*) Corresponding Author

Abstract

The success of education is determined by the readiness of teachers in preparing their students through learning activities. The goal of this research is to know the implementation of the performance evaluation of teachers in MA Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo. Qualitative method is used to describe the implementation of teacher performance evaluation program. The result shows that the teacher performance evaluation program is needed by teachers to improve their performance so that quality standards can be reached. The program evaluation of MA Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo refers to the principle of management that includes four components, namely (1) Performance evaluation planning, (2) Organizing the performance evaluation, (3) implementing the performance evaluation, (4) Monitoring the performance evaluation of teachers in MA Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo.

 

Abstrak

Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan sangat ditentukan oleh kesiapan guru dalam mempersiapkan peserta didiknya melalui kegiatan belajar mengajar.  Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyelenggaraan evaluasi kinerja guru di MA Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan mengenai pelaksanaan program evaluasi kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa agar kinerja guru dapat selalu ditingkatkan dan mencapai standar tertentu, maka dibutuhkan suatu manajemen kinerja. Begitu pula dengan program evaluasi kinerja guru di MA. Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo, program tersebut juga mengacu pada prinsip manajemen yang meliputi empat komponen, yaitu (1) Perencanaan evaluasi kinerja, (2) Pengorganisasian evaluasi kinerja, (3) Pelaksanaan evaluasi kinerja, (4) Pengawasan evaluasi kinerja guru di MA Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo.

 

Keywords: Implementasi: Evaluasi; Kinerja Guru;

  1. Arikunto, Suharsimi, 2001, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Depdiknas, 2005, Instrumen Penilaian Kinerja Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
  3. Gary Yukl,.alih bahasa: Jusuf Udaya, 1994, Kepemimpinan Dalam Organisasi, Jakarta: Prenhalindo.
  4. Hasibuan, 2005, Malayu, Manajemen, Dasar, Pengertian dan Masalah, Jakarta: Sinar Grafika Offset, .
  5. Jefkins, Frank,1992, Public Relations, Jakarta: PT Rajawali Press.
  6. Mitchell, T. R. 1978, People In Organizational Understanding The Behavior, tejemah Sedarmayanti, Kogakhusa: McGraw-Hill, .
  7. Moleong, Lexy, 2002, Metodologi Penelitian kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya .
  8. Mulyasa,E, 2006, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: PT. Rosdakarya.
  9. Mulyasa, E, 2003, Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi, dan Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, .
  10. Mulyasa, E. 2003, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  11. Pidarta, Made, 2004, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta.
  12. Romlah, Futiati, Profesionalisme Guru dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa, Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan: STAIN Ponorogo, Vol. 3, 2005.
  13. Smith, Mary Lee & Glass Gene V. 1987, Research and Evaluation in Educationa and the Social Science, Englewood Cliffs New Jersey: Prentice Hall, Inc.
  14. Singarimbun, 1987, Masri dan Sofian Efendi, Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES.
  15. Shertzer, Bruce & Shelley Stone, Fundamental of Guidance, Fouth Edition, USA: Purdue Univercity, 1981.
  16. Supriyanto, John, 2001, Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karyawan, Yogyakarta: BPFE, .
  17. S, Nasution, Penelitian Naturalistik Kualitatif, (Bandung: Tarsito, 1996.
  18. Sahertian, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan SDM, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000).
  19. Soekamto, Soerjono, 2006, Pengantar Penelitian Hukum, Jakarta: UI-Press.
  20. Sudirman, 2007, Zakat Dalam Pusaran Arus Modernitas, Malang: UIN Malang Press.
  21. Usman, M. Uzer, 2003, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  22. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Wexley dan Yukl, 1992, Perilaku Organisasi dan Psikologi Personalia, Jakarta: PT. Bina Aksara.
  23. Wakidi, 2004, Pembinaan Profesionalitas Guru Pada Lembaga Pendidikan Islam, Tesis Program Pascasarjana UIN Malang.

Open Access Copyright (c) 2016 Nadwa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 INDEXED BY

Journal Terindex di CrossrefJournal Terindex di LeidenJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di GarudaJournal Terindex di Base

View My Stats
apps