SMAN 1 Karangrayung - Indonesia
MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA BAGI SISWA KELAS X6 SMAN 1 KARANGRAYUNG SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Masalah dalam PTK ini hasil belajar fisika masih rendah. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah melalui model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar fisika. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Karangrayung bagi siswa kelas X6 Semester 1 tahun pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi pengamatan dengan desain 2 siklus. Hasil penelitian 1) Hasil belajar aspek pengetahuan sebelum tindakan 56%, siklus 1 68% dan siklus 2 88% 2) Hasil belajar aspek keterampilan sebelum tindakan 73%, siklus 1 80% dan siklus 2 100% 3) Hasil belajar aspek sikap jumlah kategori Amat Baik dan Baik sebelum tindakan 68%, siklus 1 94% dan siklus 2 100%.
Keywords: hasil belajar pengetahuan, keterampilan, sikap, discovery learning
- Asrori, Mohammad. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima
- Sugandi, Achmad, dkk. 2006. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES
- Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima .
- Rasyid, Harun dan Mansur. 2008. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima.
- Sulipan. 2011. Metode Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Diakses tanggal 3 Juni 2015 dari https://sulipan.wordpress.com/2011/05/16/metode-pembelajaran-penemuan-discovery-learning/
- Sund. 2012. Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Diakses tanggal 3 juni 2015 dari http://ofiick.blogspot.com/2012/11/m0del-pembelajaran-penemuan-terbimbing.html,
- Tim Pengembang. 2014. Materi pelatihan implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Fisika. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan
- _______. 2010. Juknis Penyusunan Perangkat Penilaian Afektif Di SMA. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA .
- _______. 2010. Juknis Penyusunan Perangkat Penilaian Psikomotorf Di SMA. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.