MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA BAGI SISWA KELAS X6 SMAN 1 KARANGRAYUNG SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2015/2016

H Hartono*  -  SMAN 1 Karangrayung, Indonesia

(*) Corresponding Author

Masalah dalam PTK ini hasil belajar fisika masih rendah. Tujuan penelitian  untuk mengetahui apakah melalui model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar fisika. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Karangrayung bagi siswa kelas X6  Semester 1 tahun pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi pengamatan dengan desain 2 siklus. Hasil penelitian 1) Hasil belajar aspek pengetahuan sebelum tindakan 56%, siklus 1 68% dan siklus 2 88%    2) Hasil belajar aspek keterampilan sebelum tindakan 73%,  siklus 1 80%  dan  siklus 2  100%  3) Hasil belajar aspek sikap jumlah  kategori Amat Baik dan Baik sebelum tindakan 68%, siklus 1 94%  dan siklus 2 100%.

Keywords: hasil belajar pengetahuan, keterampilan, sikap, discovery learning

  1. Asrori, Mohammad. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima
  2. Sugandi, Achmad, dkk. 2006. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES
  3. Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima .
  4. Rasyid, Harun dan Mansur. 2008. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima.
  5. Sulipan. 2011. Metode Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Diakses tanggal 3 Juni 2015 dari https://sulipan.wordpress.com/2011/05/16/metode-pembelajaran-penemuan-discovery-learning/
  6. Sund. 2012. Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Diakses tanggal 3 juni 2015 dari http://ofiick.blogspot.com/2012/11/m0del-pembelajaran-penemuan-terbimbing.html,
  7. Tim Pengembang. 2014. Materi pelatihan implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Fisika. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan
  8. _______. 2010. Juknis Penyusunan Perangkat Penilaian Afektif Di SMA. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA .
  9. _______. 2010. Juknis Penyusunan Perangkat Penilaian Psikomotorf Di SMA. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA .

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps