PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM TRANSPORTASI MELALUI MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) BAGI SISWA XI IPA1 SEMESTER GANJIL DI SMA NEGERI 1 KARANGRAYUNG TAHUN 2015/2016

Tugiyati Tugiyati*  -  SMAN 1 Karangrayung, Indonesia

(*) Corresponding Author

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Divisions) mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi konsep sistem transportasi bagi siswa  kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Karangrayung. PTK ini ditempuh dalam 2 siklus. Terjadi perubahan motivasi dan hasil belajar siswa, motivasi belajar  yang baik dan sangat baik meningkat sebesar 70% dari kondisi awal hanya 20% menjadi 90% pada akhir siklus II. Hasil belajar siswa yang tuntas juga mengalami peningkatan dari kondisi awal hanya 30% menjadi 92,5%.

Keywords: Motivasi, Hasil belajar, STAD

  1. A.M., Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  2. Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
  3. E.Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi ,Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: FPTK – IKIP Bandung
  4. Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
  5. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Landasan Prikologi Proses Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya Hal. 61.
  6. Suparman. 2010. Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta:Penerbit Pinus.
  7. Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
  8. Wahab.A.A.2009. Metode dan Model-model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
  9. Wahidmurni,dkk. 2010. Evaluasi Pembelajaran : Kompeteni dan Praktik. Yogyakarta : Nuha Letera.
  10. (HTML). M.S. Sutikno. 2007. Peran Guru dalam Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa. Blog.binadarma.ac.id. diunduh tanggal 10 Juli 2015.

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps