PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KAWASAN WISATA GOA KREO PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA NEGERI 16 SEMARANG

Saifullah Hidayat*  -  Pendidikan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author

Upaya pengembangan modul biologi berbasis kearifan lokal masih belum banyak digunakan dalam pembelajaran di sekolah.  Salah satu sekolah yang belum menggunakan modul mata pelajaran biologi yang berbasis kearifan lokal ialah SMA Negeri 16 Semarang. SMA Negeri 16 Semarang pada tahun 2016 telah memperoleh penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata, yaitu sekolah yang mampu menerapkan kepedulian terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya. Oleh karenanya sebagai sekolah berwawasan kepedulian terhadap lingkungan diperlukan adanya modul pembelajaran biologi berbasis kearifan lokal sekitar untuk dapat diterapkan dalam lingkungan sekolah. Salah satu upaya mewujudkan hal tersebut, maka diperlukan pengembangan modul ekosistem berbasis kearifan lokal di Kawasan Wisata Goa Kreo.  Dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sumber belajar peserta didik, mampu memberikan nilai-nilai kearifan lokal kepada peserta didik, serta sebagai upaya menjaga kelestarian tradisi alam sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul materi ekosistem yang telah dikembangkan. Penelitian ini dilakukan dengan metode Research and Development, mengacu pada model 4D (define, design, develop, dan dessiminate) Thiagarajan. Hasil pengembangan sangat layak digunakan delam pembelajaran, hal tersebut berdasarkan pada penilaian kualitas modul oleh ahli materi dengan presentase sebesar 84,54 persen, ahli modul dengan presentase sebesar 93.34 persen, guru mata pelajaran biologi dengan presentase sebesar 90,23 persen, dan menurut tanggapan peserta didik dengan presentase sebesar 97,2 persen. Berdasarkan penilaian tersebut maka modul yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan.

Keywords: Pengambangan Modul; Goa Kreo; Bahan Ajar Ekosistem

  1. Alwasilah, Suryadi dan karyono. 2009. Etnopedagogi ,Landasan Praktek Pendidikan dan Pendidikan Guru. Bandung, Kiblat
  2. Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta, Depdiknas
  3. Halim, Abdul. 2014. Pendidikan Berwawasan Lingkungan Berbasis Nilai Kearifan Lokal (Studi Kasus Ritual Among Tani Di Legoksari Tlogomulyo Temanggung). Semarang, LP2M UIN Walisongo Semarang
  4. Koentjaraningrat. 2010. Pengantar Antropologi I. Jakarta :Rineka Cipta
  5. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan ,Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Bandung, Alfabeta.
  6. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan , Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Bandung , Alfabeta.
  7. Suherman, Yuyus. 2008. Pengembangan Media Pembelajaran Bagi ABK. Diklat Profesi Guru PLB Wilayah X Jawa Barat Bumi Makmur, Bandung.
  8. Taradipa, Reda. Dan Siswandari. 2013. Pengaruh kombinasi Media Pembelajaran terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran akuntansi DI FKIP UNS Tahun 2013. Surakarta , UNS.
  9. Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta, Kencana Prenada Media Group.
  10. Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta, Bumi Aksara
  11. Anonim, KawasanWisata Goa Kreo, http//seputarsemarang.com/ kawasan wisata goa kreo 3221/. Diakses pada tanggal 22 Oktober 2016
  12. Anonim, Tentang Goa Kreo, http//goakreo wadukjatibarang. blogspot.co.id/2016/02/tentang goa kreo.html. Diakses pada tanggal 22 Oktober 2016
  13. Mukminan. 2011. Perspektif Teori dan Implementasi Sekolah Berbasis Keunggulan Lokal Pada Seminar Nasional Dengan Tema ”Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal Sebagai Model Pendidikan Berkarakter di Era Global”. Universitas Samawa Sumbawa Besar ,Pekan Ilmiah Mahasiswa seNTB. http//staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/dr mukminan/basunsaperspektif teori n implmnts pbkl disamawa.pdf. Diakespadatanggal 10 Oktober 2016

Open Access Copyright (c) 2019 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps