PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI FLUIDA STATIS

Nurul Kartika*  -  University of Lampung, Indonesia
I Dewa Putu Nyeneng  -  University of Lampung, Indonesia
Nengah Maharta  -  University of Lampung, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, serta kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan produk. Produk yang dikembangkan berupa panduan praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada materi fluida statis untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Lampung Timur dengan menggunakan metode penelitian Research and Development (R & D). Pengembangan dilakukan dengan mengadaptasi dari model penelitian dan pengembangan Borg and Gall yaitu, pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, validasi produk, revisi produk, dan uji coba produk. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan teknik angket. Data hasil wawancara dan angket dianalisis kemudian digunakan untuk merencanakan produk. Produk yang telah dikembangkan dinilai tingkat validitas desain dan materi oleh dua orang dosen pendidikan fisika Universitas Lampung dan satu orang guru fisika MAN 1 Lampung Timur. Nilai Validitas desain mendapat nilai rata-rata 3,57 dengan kualitas sangat layak dan validitas materi mendapat nilai rata-rata 3,33 dengan kualitas layak. Setelah melalui uji validasi, produk direvisi sesuai saran dan perbaikan, kemudian produk diuji kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan kepada 4 orang siswa-siswi kelas XI MIA 2 MAN 1 Lampung Timur yang diambil secara acak. Hasil uji kemenarikan mendapat nilai rata-rata 3,29 dengan kualitas tinggi, uji kemudahan mendapat nilai rata-rata 3,28 dengan kualitas tinggi, dan uji kemanfaatan mendapat nilai rata-rata 3,29 dengan kualitas tinggi.

 

Keywords: Panduan praktikum; fluida statis; inkuiri terbimbing

  1. Borg, W. R., Gall, M. D., & Gall. J. P., (2003). Educational Research an Introduction (7th ed). Boston: Pearson Education Inc.,
  2. Furqan, H. (2016). Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Bukit Bener Meriah. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 04, No.02, hlm 124-129.
  3. Mc Kenzie. W. (2005). Multiple Intelligences and Instructional Technology. Oregon: International Society for Technology in Education.
  4. Ozgelen. S. (2012). Students’ Science Process Skills Within a Cognitive Domain Framework. Pp 283-292 in: Eurasia Journal of Mathematic, Science, and Technology Education. Retrieved from http://dx.doi.org/10.12973/eurasia. 2012.846a.Pp 283.
  5. Pornel, J.B., & Saldana, G.A. (2013). Four Common Misuses of the Likert Scale. Philippine Journal of Social Sciences and Humanities Vol. 18 No. 2 (2013). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/309240449_Four_ Common_Misuses_of_the_Likert_Scale.
  6. Retnosari, G., Maharta, N., & Ertikanto, C. (2015). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Perubahannya. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(3): 97-107.Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ JPF/article/view/8619.
  7. Safitri R., Rahmazani, & Adlim. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Fluida Statis. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unsyiah. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.
  8. Subamia, I. D.P., Wahyuni, I.G.A.N.S., & Widiasih, N.N. (2015). Pengembangan Perangkat Praktikum Berorientasi Lingkungan Penunjang Pembelajaran IPA SMP Sesuai Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 4 No. 2 hal. 675-685. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/download/ 6064/4308.
  9. Sundari, T., Puspitasari, D., & Heliawati, L., (2017). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Praktikum pada Topik Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya Vo. 6 no. 2. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps/article/viewFile/1227/1394.
  10. Syamsu, F.D., (2017). Pengembangan Penuntun Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Siswa SMP Siswa Kelas VII Semester Genap. Jurnal BIOnatural Vol. 4 No.2 (2017): 13-27. Retrieved from http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/190/177.
  11. Zakaria, A. A. W., Abdurrahman, & Nyeneng, I. D. P. (2017). Pengembangan LKPD Berorientasi Scientific Literacy untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Optik. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(5): 57-66. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/14052 /10152.

Open Access Copyright (c) 2020 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps