KONTRIBUSI VIRTUAL LABORATORY PADA PEMBELAJARAN TITRASI ASAM-BASA DENGAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Hanifah Kartika Sari*  -  Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Harjono Harjono  -  Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Woro Sumarni  -  Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Murbangun Nuswowati  -  Universitas Negeri Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Supp. File(s): Research Instrument Research Instrument
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi media virtual laboratory dalam model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi titrasi asam-basa. Penelitian menggunakan desain quasi experimental dengan pretest-posttest control group design yang dilaksanakan di SMA Negeri 12 Semarang. Objek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran dengan model POE dan pemanfaatan virtual laboratory disertai demonstrasi sedangkan pada kelas kontrol dilakukan pembelajaran dengan model POE disertai demonstrasi. Kedua kelas kemudian melakukan praktikum riil di laboratorium Kimia. Pengamatan dan analisis dilakukan pada hasil belajar yang terdiri dari 3 aspek yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, dan Keterampilan Berpikir Kritis (KBK) dari kedua kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pembelajaran POE berbantuan virtual laboratory. Kontribusi virtual laboratory terhadap hasil belajar sebesar 16,99%, sedangkan kontribusi virtual laboratory terhadap keterampilan berpikir kritis sebesar 12,66%.

Supplement Files

Keywords: hasil belajar, keterampilan berpikir kritis, model Predict-Observe-Explain, virtual laboratory

  1. Argandi, R., K.S. Martini, & A.N.C. Saputro. 2013. Pembelajaran Kimia dengan Metode Inquiry Terbimbing Dilengkapi Kegiatan Laboratorium Real dan Virtual Pada Pokok Bahasan Pemisahan Campuran. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(2). ISSN 2337-9995.
  2. Ayvaci, H.S. 2013. Investigating The Effectiveness of Predict-Observe-Explain Strategy on Teaching Photo Electricity Topic. Journal of Baltic Science Education, 12(5). ISSN: 1648-3898.
  3. Bakhtiar, Yusrizal, & I. Khaldun. 2016. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Titrasi Asam-Basa di Kelas XI SMA Negeri 6 Lhokseumawe. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol.04. No. 02. Hlm: 202-215.
  4. Erni, M., M. Napitupulu, & J. Sakung. 2013. Pengaruh Model POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Hasil Belajar Kimia pada Kelas XI Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di SMA Negeri 4 Pasangkayu. Jurnal Akademi Kimia, 2(2): 62-67.
  5. Fabian, K., K.J. Topping, & I.G. Barron. 2016. Mobile Technology and Mathematics: Effects on Student’s Attitudes, Engagement, and Achievement. J. Comput. Educ, 3(1): 77-104.
  6. Harrison, T.G., Shallcross, D.E., Heslop,W.J., Eastman J.R., & Baldwin, A.,J. (2009). Transferring Best Practice From Undergraduate Practical Teaching To Secondary Schools: The Dynamic Laboratory Manual, Acta Didactica Napocensia, 2,1,1-8.
  7. Ikhsan, M. & Afdal. 2016. Kajian Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Kimia Menggunakan Virtual Lab. Jurnal Pendas Mahakam, 1(1): 65-68.
  8. Jaya, H. 2012. Pengembangan Laboratorium Virtual untuk Kegiatan Praktikum dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 81-90.
  9. Matsun., W. Sunarno., & M. Masykuri. 2016. Penggunaan Laboratorium Riil dan Virtuil pada Pembelajaran Fisika dengan Model Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Kemampuan Matematis dan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 137-152. p-ISSN: 2337-5973. e-ISSN: 2442-4838.
  10. Mulyatun. 2013. Laboratorium Kimia Virtual: Alternatif Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Tadris Kimia IAIN Walisongo Semarang. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 7(1), 1031-1043.
  11. Nurrokhmah I.E & W. Sunarto. 2013. Pengaruh Penerapan Virtual Labs Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry in Education, 2(1), 200-207. ISSN: 2252-6609.
  12. Oloruntegbe, K., O. & Alam, G., M. (2010). Evaluation of 3D Environments and Virtual Realities in Science Teaching and Learning: The Need to Go Beyond Perception Referents, Scientific Research and Essays,5(9), 948-954.
  13. Permana, N.A., A. Widyatmoko., & M. Taufiq. 2016. Pengaruh Virtual Laboratory Berbasis Flash AnimationTerhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Tema Optik Kelas VIII SMP. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1354-1365.
  14. Rosa, N.M. & F.P. Nursa’adah. 2017. Kontribusi Laboratorium Kimia dan Sikap Siswa Terhadap Pemanfaatan Laboratorium Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Jurnal Formatif, 7(3), 198-206. ISSN: 2088-351X.
  15. Sreerekha, S., A. Raj. R., & S. Sankar. 2016. Effect of Predict-Observe-Explain Strategy on Achievement in Chemistry of Secondary School Students. International Journal of Education & Teaching Analytics, 1(1), 1-5.
  16. Surbakti, D. Anggraini & Supartono. 2016. Pengembangan Karakter Siswa Pada Pembelajaran Kimia Berbasis Teknologi Informasi Menggunakan Metode Diskusi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(2), 1807 – 1816.
  17. Sutarno., A. Setiawan., A. Suhandi., I. Kaniawati., & D. Hamdani. 2018. Model Higher Order Thinking Virtual Laboratory: Model Praktikum Fisika Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Secara Kreatif. Jurnal Pendidikan Eksakta, 3(5), 189-193. ISSN 2528-3200.
  18. Tatli, Z. & A. Ayas. 2010. Virtual laboratory Applications in Chemistry Education. Procedia Social and Behavioral Sciences, 9:938–942.
  19. Tüysüz, C. 2010. The Effect of the Virtual Lab. on Students’ Achievement and Attitude in Chemistry, International Online Journal of Educational Sciences, 2,1, 37-53.
  20. Yusuf, I. & S.W. Widyaningsih. 2017. Penerapan Laboratorium Virtual pada Mata Kuliah Praktikum Fisika terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Papua. Jurnal Sainsmat, 6(1), 75-81. ISSN 2579-5686 (Online). ISSN 2086-6755 (Cetak).

Open Access Copyright (c) 2020 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps