ORIENTASI LIFE SKIL DALAM KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DENGAN PENDEKATAN SETS (Science Environment Technology & Society) PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR & MENENGAH

listyono l*  -  Fakultas Saintek UIN Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah se- buah kurikulum operasional pendidikan yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan di Indonesia. KTSP secara yuridis diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor

20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Per- aturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. KTSP merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari SI, namun pengembangannya dis- erahkan kepada sekolah agar sesuai dengan kebutuhan sekolah itu sendiri. Basis dari kurikulum ini adalah kompetensi yang ha- rus dikuasai oleh siswa. Kompetensi merupakan pengetahuan, ketrampilan dan nilai-nilai yang direfleksikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak.

Keywords: life skill, SETS

  1. Binadja, Achmad (2001) Pendidikan Berwawasan SETS (Sci- ense, Environment,Technology, and Society) Dalam Man- agemen Pendidikan Berbasis Sekolah, Makalah disajikan dalam seminar, Guntur, Purwodadi 22 November 2000.
  2. Binadja, Achmad (2002). Pendidikan Bervisi SETS (Science, En- vironment, Technology and Society) Implikasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Pada Pendidikan Dasar dan Menen- gah. Makalah Seminar Nasional Pendidikan Berbasis Kompetensi UNNES Semarang 27 Februari 2002.
  3. Puskur, Balitbang,Depdiknas (2002) Kurikulum Berbasis Kom- petensi.
  4. Listyono, (2003) Model Pembelajaran Penemuan Konsep Dalam Meningkatkan Aktifitas Dengan Pendekatan SETS bervisi Qur’an dan Hadist.
  5. Swara Ditpertais: No. 17 Th. II, 18 Oktober 2004, Pengembangan
  6. Kurikulum Berbasis Kompetensi
  7. I Made Alit Mariana,Eddy Hidayat (2000). Hakekat Pendekatan
  8. SETS dalam Pembelajaran Sains. Bandung : PPG IPA.
  9. Nicholas, J (19995). Learning And Skills. London and New York
  10. : Longman.
  11. Novak,D. And Gowin (1986). Learning How To Learn. Sydney : Departement of Education New York State College of Ag- riculture and Life Sciences Cornell University.

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps