KEBERSAMAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN TIK

Edi Prayitno*  -  UPBJJ UT Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author
Semangat kebersamaan merupakan salah satu karakter yang mendukung kesiapan sumber daya manusia menghadapi Masyarakan Ekonomi ASEAN. Pembelajaran matematika yang kooperatif dengan bantuan TIK mendukung peningkatan semangat kebersamaan di antara para peserta didik. Simpulan ini diperoleh dari hasil penelitian pemanfaatan TIK dalam pembelajaran matematika di SMA 4 Semarang tahun 2014. Pola pembelajaran mengalokasikan 2/3 waktu (60 menit) pembelajaran untuk kegiatan kolaboratif mandiri dalam bentuk kerja kelompok. Pembelajaran menampilkan kompetensi dasar “Penentuan volume benda putar”. Guru sepenuhnya bertindak sebagai fasilitator dan mediator dalam pembelajaran. Dalam kerja kelompok para peserta didik berkolaborasi memahami uraian kompetensi dasar, memahami konsep benda putar, memahami konsep volum benda putar dan berlatih menyelesaikan soal. Interaksi selama kerja kelompok dilaksanakan menurut rambu-rambu yang telah ditentukan guru. Rambu-rambu dibuat untuk menghindari munculnya dominasi interaksi oleh satu atau beberapa peserta didik yang lebih dominan dalam kemampuan berkomunikasi atau dalam kemampuan penguasaan materi. Tiap kelompok kerja terdiri dari 3-4 peserta didik dengan kemampuan yang beragam, mulai dari yang paling menguasai materi prasyarat sampai yang paling tidak menguasai materi. Rambu-rambu antara lain menyebutkan bahwa dalam diskusi kelompok peserta didik secara bergantian mendapat giliran pertama mengutarakan pendapat atau menjawab pertanyaan; giliran untuk menanggapi pembicara pertama juga dilakukan oleh peserta didik secara bergantian sesuai rotasi yang telah ditentukan. Selain untuk menjaga kebersamaan, rambu-rambu ini juga menjamin hak dan kewajiban yang sama kepada seluruh anggota kelompok untuk mempersiapkan materi dan bertanggung jawab atas nama kelompok dalam memberi jawaban atau mengungkapkan pendapat.

Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Kerja Kelompok, Pemanfaatan TIK, Kebersamaan

  1. ACAS. 2015. Mediation. Acas: Help & advice for employers and employees. http://www.acas.org. uk/index.aspx?articleid=4522
  2. Akrani, Gauray. 2011. What is Coordination? Meaning and Articles on Co-ordination. Kalyan City Life.
  3. Alwi, Hasan. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cetakan Keempat Edisi III. Jakarta: Balai Pustaka.
  4. Anderson, Jill. 2014. The Benefit of Interactive Learning. Harvard Graduate School of Education. http:// www.gse.harvard.edu/news/14/11/benefit-interactive-learning
  5. Andiyasari, Andin. 2013. Peranan Faktor Kontekstual dan iidividual dalam Hubungan antara Kepemilikan Psikologis dan Inisiatif Perubahan. Disertasi. Universitas Indonesia. Diunduh dari http://lib.ui.ac.id/opac/themes/libri2/detail.jsp?id=20329052&lokasi=lokal pada Juli 2015.
  6. ASEAN Secretary. 2009. Roadmap for an ASEAN Community 2009-2015. Jakarta: ASEAN Secretariat. Diunduh dari http://www.smecorp.gov.my/vn2/sites/default/files/RoadmapASEANCommunity-2.pdf pada Juli 2015.
  7. Bandura, Albert. 2001. Social Cognitive Theory: An Agentic Perspective. Annual Reviewsof Psychologist. 2001.52: 1-26. Diunduh dari http://moodle2.cs.huji.ac.il/nu14/pluginfile.php/179670/mod_ resource/content/1/Bandura_2001.pdf. Pada 7 Agustus 20015.
  8. Chand, Smriti. 2015. 6 Features of Coordination in Management; Business Management. Your Article Libraty.com. http://www.yourarticlelibrary.com/management/6-features-of-coordination-in-management-business-management/8618/
  9. Charles, C.M. 2008. Paths to Positive Discipline. Diunduh dari http://www.learningace.com/doc/ 7712627 /00df84b28d4e160e0f7579b48f41af96/strategy pada Agustus 2015.
  10. Chiu, Chao-Min; Hsu, Meng-Hsiang; Wang, Eric T.G. 2006. Understanding knowledge sharing in virtual communities: An integration of social capital and social cognitive theories. Science Direct, Decision Support Systems 42 (2006) 1872-1888. Diunduh dari http:// www.researchgate.net/profile/Eric_Wang25/publication/222422090_Understanding_knowledge_sharing_in_virtual _communities_An_integration_of_social_capital_and_ social_cognitive_theories/links/ 549ab2060cf2b8037136f46d.pdf pada 2 Agustus 2015.
  11. Collins , William. 2012. Collins English Dictionary – Complete & Unabridged 2012 Digital Edition. Diunduh dari http://dictionary.reference.com/browse/togetherness pada Juli 2015.
  12. Hick, Steven. 1997, Benefits of Interacktive Multimedia Courseware. Carleton University. http://http-server.carleton.ca/~shick/mypage/benifit.html
  13. Isac, Claudia; Voichita, Luminita & Guta, Anca Jarmila. 2009. Coordination of Management Activities – A Condition Sine Qua Non of a Performance Management. Journal. Annals of the University of Petrocani, Economics, 9(3), 2009, 335-340. http://upet.ro/annals/economics/pdf/2009 /20090339.pdf
  14. Johnson, David W.; Johnson, Roger T. and Smith, Karl. 2013. Cooperative Learning: Improving University Instruction By Basing Practice on Validated Theory. University of Minnesota. http://personal.cege.umn.edu/~smith/docs/Johnson-Johnson-Smith-Cooperative_Learning-JECT-Small_Group_Learning-draft.pdf
  15. Karmakar, Anupam & Datta, Bidisha. 2012. Principles and Practice of Management and Business Communication. India: Dorling Kindersley Pvt, Ltd. https://books.google.co.id/ books?id= xqXiWDePQeQC&pg=PA249&lpg=PA249&dq=coordination,+g+r+terry &source=bl&ots=ECRzH-e0Xw&sig=jc7FcCKAg0_7PbIpOs1csF6rZq8&hl=id&sa= X&rediresc=y#v=onepage&q=coordination%2C%20g%20r%20terry&f=false
  16. Kirk, Alan. 2015. What are the Benefits of Interactive Learning? http://www.ehow.com/list_ 6468331_benefits-interactive-learning_.html
  17. McNamara, Carter. 2015. Management Function of Coordinating/Controlling: Overview of Basic Methods. Article in Free Management Library. http://managementhelp.org/ managementcontrol/
  18. Ndraha, Taliziduhu. 2003. Kybernology (Ilmu Pemerinahan Baru) 2. Rineka Cipta.
  19. NYPI. 2011. Facts about Mediation. New York Peace Institute. http://nypeace.org/mediation-services/
  20. Panitz, Theodore. 1999. Collaborative Versus Cooperative Learning; A Comparison of the Two Concepts which Will Help us Understand the Underlying Nature of Interactive Learning. Educational Resources Information Center (ERIC). http://files.eric.ed.gov/fulltext/ ED448443.pdf
  21. Prayitno, Edi. 2015. Mathematical Communication in Interactive Learning. Makalah dalam International Conference on Educational Research and Innovation. Yogyakarta: UNY.
  22. Revermann, Susan. 2015. Interactive Learning Definition. http://www.ehow.com/about_ 5494900_interactive-learning-definition.html.
  23. SAD (Student Achievement Division), 2013. Inquiry-based Learning. Artikel pada Capacity Building Series. DIunduh dari https://www.edu.gov.on.ca/eng/literacynumeracy/inspire/research/CBS InquiryBased.pdf.
  24. Scardamalia, Marlene. 2002. Collective Cognitive Responsibility for the Advancement of knowledge. Diunduh dari http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi =10.1.1.197.7385&rep=rep1 &type=pdf
  25. Soemartono, Gatot. 2006. Arbitrase dan Mediasi di Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
  26. Tsai, Wenpin dan Goshal, Sumantra. 1998. Sosial Capital and Value Creation: The Role of intrafirm Networks. The academy of management Journal, Vol. 41 No 4. Stable URL:http://links. jstor.org/sici?sici=0001-4273%28199808%2941%3A4%3C464%3ASCAVCT%3E2.0.CO%3B2-1
  27. Wrona, Dave. 2009. Human Behavior Model: General Theory of Human Behavior. May 18, 2009. Diundah dari http://www.slideshare.net/davewrona/human-behavior-model-general-theory-of-human-behavior
  28. Wu, Kuang Ming. 1998. On The logic of Togetherness: A Cultural hermeneutic. Brill. Amazone.com. Diunduh dari https://books.google.co.id/books/about/On_the_Logic_of Togetherness.html?i d=eqqIM7I_GwEC&redir_esc=y

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps