Mind Map Kolaboratif Memanfaatkan Groupware Berbasis Cloud Storage

Wenty Dwi Yuniarti*  -  Jurusan Fisika Fakultas Saintek UIN Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Groupware adalah aplikasi atau perangkat lunak komputer yang dirancang untuk mendukung kolaborasi dari beberapa pengguna (Alan Dix dkk, 2004: 663). Saat ini groupware berkembang, bukan sekedar sebagai perangkat lunak multi user yang dapat mengakses data sama, berbagi dokumen atau rich-media, namun dengan teknologi cloud storage, groupware mendukung penyimpanan dokumen secara online sebagai artifak atau hasil kerja kolaboratif.

Dalam pembelajaran, kolaborasi diwujudkan dengan kelompok atau kelompok kecil siswa, berinteraksi, terkoordinasi dan memungkinkan mengeksplorasi secara bersama suatu permasalahan atau tugas bermakna dalam semua fungsi proses pembelajaran. Salah satu elemen penting dalam fungsi proses pembelajaran adalah ketrampilan siswa dalam mengorganisasikan pengetahuan dan informasi. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan guru dalam menfasilitasi tumbuhnya ketrampilan tersebut. Selain teknik mencatat, pendekatan mind map tau peta pikiran dapat digunakan menfasilitasi siswa dalam pengorganisasian informasi sehingga mempermudah pemahaman siswa atas suatu topik yang berjumlah banyak dengan waktu terbatas. Cara baru yang lebih modern dalam menfasilitasi pengorganisasian informasi adalah menggunakan groupware.

Kajian ini membahas pemanfaatan groupware MindMup 2.0 untuk mengorganisasikan pengetahuan topik cabang ilmu elektronika menurut aturan Law of Mind Map,  dilakukan dalam kelompok kecil, dalam pembahasan ini dilakukan oleh empat siswa, dilakukan secara kolaboratif, sinkronous, tanpa friksi (zero friction) dengan dukungan teknologi cloud storage, Google Drive.

Keywords: kolaboratif, mind map, groupware, sinkronous, Mind Map

  1. Dix et al., 2004, Human-Computer Interaction(3rd ed.), London: Pearson Education Limited.
  2. Djohan Yoga, (n.d), Applied Real Time Mind Map® @ Classroom, 17 Maret 2016, http://www.paxhigh.com/doc/applied_rt-mm.pdf
  3. Educational Broadcasting Corporation, 2004, Cooperative and Collaborative Learning, 1 Pebruari 2016, http://www.thirteen.org/edonline/concept2class/
  4. Electronics, 1 Pebruari 2016, https://en.wikipedia.org/wiki/Electronics
  5. Elizabeth M. Riddle, 1999, Lev Vygotsky’s Social Development Theory, 10 Maret 2016, http://members.iinet.net.au/~aamcarthur/4_Mar_2008_files/Vygotskys_Social_Development_Theory.pdf
  6. MindMup 1.0, 28 Desember 2015, https://www.mindmup.com/
  7. MindMup for Google Drive, 1 Maret 2016, https://drive.mindmup.com/
  8. Rachmi Noor Hanifah, 2015, “Penggunaan Concept Map dan Mind Map untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Penguasaan Konsep”,dalam Prosiding KPSDA, Volume 1, Nomor 1, Surakarta: FKIP, UNS.
  9. Roxanne G.M dan R.C. Calfee, 2004, Making Thinking Visible, 1 Pebruari 2016, http://science.nsta.org/enewsletter/2005-11/sc0411_20.pdf
  10. Sarasota Manathee, 2014, MindMup, Sarasota: University of South Florida.
  11. Tony Buzan, 2012, The Ultimate Book of Mind Maps®, London: Thorsons, Harper Collins Pulisher.
  12. Trudy Johson-Lenz, 1978, Collaborative Software, 17 Maret 2016,https://en.wikipedia.org/wiki/Collaborative_software

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps