FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI

Ahmad Aunur Rohman*  -  UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Sayyidatul Karimah  -  Universitas Pekalongan, Indonesia

(*) Corresponding Author

Abstract

This study have the aim to determine what factors are influencing the low motivation of students in class XI. The study on grade XI students of SMA al-Fusha Pekalongan. Data collection using questionnaires. Interviews with 10% of all grade XI students to support the questionnaire data obtained. The results obtained are the factors that affect the low motivation of student learning such as place of learning, physical function, intelligence, facilities and infrastructure, time, study habit, teacher, parents, emotional and health, and friend factor.

==================================================

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor apa saja-kah yang memepengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa kelas XI. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA al-Fusha Pekalongan. Pengumpulan data menggunakan angket. Wawancara dilakukan dengan 10% dari keseluruhan siswa kelas XI untuk mendukung data angket yang telah diperoleh. Diperoleh hasil yaitu faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa diantaranya tempat belajar, fungsi fisik, kecerdasan, sarana dan prasarana, waktu, kebiasaan belajar, guru, orang tua, emosional dan kesehatan, serta faktor teman.

Keywords: faktor; pengaruh; motivasi belajar

  1. Cope, N. 2002. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar” dalam Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol 12 No 2.
  2. Dalyono. 1997. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta : Ar-Ruz Media.
  3. Nana, S.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : ROSDA, 2011
  4. Purwanto, Ngalim. psikologi pendidikan, Bandung : ROSDA, 1992
  5. Rohmah, Noer, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta : Teras, 2012
  6. Saroni, M. 2006. Belajar dan pembelajarn. Yogyakarta: Teras
  7. Slameto. 2010. Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Cipta Karya.
  8. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2006.
  9. Uno, Hamzah B. Belajar dengan pendekatan PAIKEM, Jakarta : Bumi Aksara, 2011

Open Access Copyright (c) 2018 At-Taqaddum
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
At-Taqaddum
Published by Lembaga Penjaminan Mutu
Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang
Jl. Walisongo No.3-5 Semarang 50185, Indonesia
Phone: +62 857-1999-1679
Website: https://lpm.walisongo.ac.id/
Email: attaqaddum@walisongo.ac.id 
 
 
apps