STRATEGI DAN MANAJEMEN DAKWAH LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA (LDII) KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG

Novi Maria Ulfah*  -  UIN Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author

The purpose of this study was to determine the strategy and the management of the Indonesia Institute of Islamic Dawah (LDII) in District Tugu Semarang. In this study, the writer used an interview method toward the LDII Chairman of the district. Indeed, she also used the literature method by using the books, the documents, the articles and the reports to complete this study. The findings showed that as an organization, LDII uses good strategy and management in conducting Islamic da’wah. The strategies include some aspects of religion, sport, and cadre to the LDII congregations. Its activities are usually conducted daily, weekly, and annually. This study, then, gives some recommendation to conduct a sustainable research on the strategy and management of LDII in District Tugu Semarang. In addition, it is proven that LDII can socialize with other Muslims in carrying out religious practices, so people do not need to consider this group as an Islamic Jamaah because in some cases, most people still think about it.

***

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi serta manajemen yang digunakan Lembaga Dakwah Islam Indonesia di Kecamatan Tugu Kota Semarang. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dengan Ketua LDII Kecamatan Tugu. Selain menggunakan metode wawancara, juga menggunakan metode kepustakaan. Penulis menggunakan buku, dokumen, artikel serta laporan untuk melengkapi penelitian ini. Temuan dari penelitian ini antara lain: 1) Sebagai sebuah organisasi, LDII menggunakan strategi dan manajemen yang baik dalam melakukan dakwah Islam. 2) Strategi dakwah yang digunakan oleh LDII mencakup strategi di bidang keagamaan, di bidang olahraga, serta pengkaderan bagi jamaahnya. Kegiatan di dalam LDII bersifat harian, mingguan sampai tahunan. Rekomendasi dalam penelitian ini antara lain:1) Adanya penelitian yang berkelanjutan terhadap strategi dan manajemen LDII di Kecamatan Tugu. 2) Dalam menjalankan ritual keagamaan, LDII bisa membaur dengan umat Islam lainnya, sehingga masyarakat tidak menganggap LDII sebagai Islam Jamaah. Sebagian masyarakat masih menganggap bahwa LDII adalah Islam Jamaah.

Keywords: Strategy, Management, the Indonesia Institute of Islamic Dawah (LDII)

  1. Amin, M. Masyhur, Dakwah Islam dan Pesan Moral, (Jakarta: al Amin Press, 1997).
  2. Anas,Ahmad, Paradigm Dakwah Kontemporer, Aplikasi dan Praktisi Dakwah Sebagai Solusi Problematika Kekinian (Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2006) .
  3. Basit, Abdul, Wacana Dakwah Kontemporer, (Purwokerto: Stain Purwokerto, Cet Pertama, 2006).
  4. G. R Terry, Principles Of Management, (Georgetown: Richard D. Irwing Inc, sixth edition. 1972).
  5. Hafiduddin, M.Sc, Didin. Dakwah Aktual, (Jakarta: Gema Insani Press. Cet 3, 1998).
  6. Harits, M.Ag, Drs. A. Busyairi, Dakwah Kontekstual Sebuah Refleksi Pemikiran Islam Kontemporer, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006).
  7. http//www.ldii.or.id/in/ dan www.google.com.
  8. Muchtarom, H. Zaini, Dasar-Dasar Manajemen Dakwah. (Yogyakarta: Al Amin Press, 1996).
  9. Munir, M, dan Wahyu Ilaihi. Manajemen Dakwah. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2006).
  10. Moeloeng, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: CV Remaja karya, 1989).
  11. Prasetya, Wirawan . Logika Dan Prosedur Penelitian, ( Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi, cet kedua, 2000).
  12. Pimay, L.c, M.A.g. Dr.H.Awaludin, Paradigma Dakwah Humanis, (Semarang: Rasail, 2005).
  13. Ridho, Subkhan, Dinamika Keberagamaan Lembaga Dakwah Islam Indonesia Kalipancur, (Semarang: Balai Penelitian Pengembangan Agama Islam Semarang, 2010).
  14. Suparta, M.A , Drs.H. Munzier dan H. Harjani Hefni, Lc, M.A, Metode Dakwah, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Cet 3, 2009).
  15. Sukir, Asmuni, Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam (Surabaya: Al Ikhlas, 1983).
  16. Shaleh, A. Rosyad, Manajemen Dakwah Islam, (Jakarta: Bulan Bintang. 1993).
  17. Umar, Husein, Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis, (Jakarta:PT Rajagrafindo Persada, 2000).

Open Access Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmu Dakwah
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats

 

Indexed by


      

Jurnal Ilmu Dakwah
Published by Faculty of Da'wa and Communication UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +622214085031
https://fakdakom.walisongo.ac.id/
Email: ilmudakwah@walisongo.ac.id

ISSN: 1693-8054 (print)
ISSN: 2581-236X (online)
DOI : 10.21580/jid


This work is licensed under CC Atribution - Non Comercial - ShareAlike 4.0.

 
apps