Pemberdayaan Sekolah Islam untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru di Kabupaten Semarang

Abdul Karim*  - 
Yusak Suharno  -  Universitas Terbuka
Wawan Arwani  -  IAIN Syekh Nurjati Cirebon

(*) Corresponding Author

Supp. File(s): common.other

Tujuan khusus dari penelitian ini adalah mengukur dampak pemberian perlakuan pemberdayaan sekolah Islam melalui pemberian motivasi guru dalam melaksanakan program pengembangan keprofesian berkelanjutan, peningkatkan kualitas dan kuantitas program pengembangan keprofesian berkelanjutan, peningkatkan kualitas dan kuantitas karya khususnya karya pengembangan penelitian tindakan kelas hingga berbentuk pelaporan hasil, peningkatan kemampuan pemilihan kesesuaian metode statistik dalam evaluasi pembelajaran dan penelitian tindakan kelas dengan penggunaan komputer. Tujuan tesebut diselesaikan menggunakan metode workshop dengan teknik presentasi materi dilanjutkan dengan diskusi, teknik klinik, dan pendampingan. Guru yang menjadi mitra berasal dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nahdatul Ulama (NU) Ungaran Kabupaten Semarang yang dilaksanakan pada tahun 2018. Hasil capaian dari kegiatan program kemitraan masyarakat bagi guru SMK NU Ungaran tercermin dari para guru memiliki tren persepsi positif tentang jenjang karir guru, program keprofesian berkelanjutan, serta memahami lebih lanjut tentang penelitian tindakan kelas dan evaluasi pembelajaran.

Supplement Files

Keywords: Pengembangan keprofesian berkelanjutan; program kemitraan masyarakat; pemberdayaan masyarakat

  1. Badan Pusat Statistik Kabupaten Semarang. Kabupaten Semarang dalam Angka 2016. Semarang. Badan Pusat Statistik.
  2. Bryer, Jason dan Kimberly Speerschneider. 2016. likert: Analysis and Visualization Likert Items, University Albany, USA, https://CRAN.R-project.org/package=likert.
  3. Karim, A., & S, I. J. (2018). Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional bagi Guru SD Muhammadiyah 8 Dan SD Islam Nu Pungkuran Kota Semarang melalui Workshop, Klinik, Dan Pendampingan. Prosiding Seminar Nasional & Internasional, 0. Retrieved from https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/3319
  4. Lüdecke, D. 2019. Data Visualization for Statistics in Social Science. https://CRAN.R-project.org/package=sjPlot.
  5. Lüdecke D. 2018. sjmisc: Data and Variable Transformation Functions. Journal of Open Source Software, 3(26), 754. doi: 10.21105/joss.00754. https://cran.r-project.org/web/packages/sjmisc.
  6. Peraturan Menteri PAN dan RB nomor 16 tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya.
  7. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  8. Revelle, W. 2018. psych: Procedures for Personality and Psychological Research, Northwestern University, Evanston, Illinois, USA, https://CRAN.R-project.org/package=psych Version = 1.8.12 .
  9. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  10. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
  11. Wasono, R., Karim, A., Darsyah, M. Y., & Suwardi. (2019). Budgeting school operational assistance in Central Java using three spatial process modelling. Journal of Physics: Conference Series, 1217(1), 012112. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1217/1/012112

Open Access Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Dakwah
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats

 

Indexed by


      

Jurnal Ilmu Dakwah
Published by Faculty of Da'wa and Communication UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +622214085031
https://fakdakom.walisongo.ac.id/
Email: ilmudakwah@walisongo.ac.id

ISSN: 1693-8054 (print)
ISSN: 2581-236X (online)
DOI : 10.21580/jid


This work is licensed under CC Atribution - Non Comercial - ShareAlike 4.0.

 
apps