DAKWAH KOMUNIKASI VISUAL

Nilnan Ni'mah

Abstract


Da’wah is a duty of every Muslim to invite others, especially Muslims do good things and forbidding evil. In conducting missionary activities, media needed to facilitate mad’u received and understood the messages. One of the interesting media propaganda is visual communication media, which are all communications media that can be ingested by senses of sight, such as books, advertisements, banners, billboards, posters, flyers, and so on. While islamic posters is media which progressing since 2010 up to the last few years. Islamic posters must have a clear concept, and should include the source of the Qur’an and hadith or of the thinkers of Islam. Posters made up not only arbitrary, but it could be true. These posters are useful to remind Muslims especially, to always return to the path of God.

--------------------------------------------------------------------------

Dakwah adalah kewajiban setiap Muslim untuk mengajak orang lain, terutama umat Islam melakukan hal-hal yang baik dan mencegah kemungkaran. Dalam melakukan kegiatan dakwah, diperlukan media atau sarana agar mad’u menerima dan memahami pesan. Salah satu me- dia dakwah yang menarik adalah media komunikasi visual, yaitu semua media komunikasi yang dapat dicerna oleh indera penglihatan, seperti buku, iklan, spanduk, baliho, poster, selebaran, dan sebagainya. Poster Islam adalah salah satu media dakwah yang mulai berkembang sejak tahun 2010 sampai beberapa tahun terakhir. Poster Islam harus me- miliki konsep yang jelas, dan harus mencakup sumber dari Al-Qur’an dan hadits atau dari para pemikir Islam. Poster dibuat tidak hanya asal-asalan, tetapi harus benar. Poster ini berguna untuk mengingat- kan umat Islam khususnya, untuk selalu kembali ke jalan Allah SWT.


Full Text:

PDF

References


Azis, Moh. Ali, 2004. Ilmu Dak- wah. Jakarta : Prenada Media

-------, 2009. Ilmu Dakwah. Ja- karta : Prenada Media

Budiman, Kris. 2011. Semiotika Visual. Yogyakarta : Jalasutra

Eco, Umberto. 1979. A Theory of Semiotics. Bloomington : Indiana University Press

Effendy, Onong Uchyana. 1993. Dinamika Komunikasi, Bandung : Remaja Rosdakarya

Ilaihi, Wahyu. 2006. Manajemen Dakwah, Jakarta : Kencana

-------, 2010. Komunikasi Dak- wah. Bandung : Remaja Rosda Karya

Munawwir, Ahmad Warson. 1997. Kamus Al-Munawwir Arab-

Indonesia Terlengkap, Edisi Ke-2, Surabaya : Pustaka Progresif.

Piliang, Yasraf Amir. 1998. Sebuah Dunia yang Dilipat, Realitas Kebudayaan menjelang Millenium Ketiga dan Matinya Posmodernisme. Bandung : Mizan

Riswandi, 2009. Ilmu Komuni- kasi. Yogyakarta : Graha Ilmu

Sihombing, Danton. 2001. Tipo- grafi dalam Desain Grafis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Shaleh, Rosyad. 1977. Manaje- men Dakwah Islam. Jakarta : Bulan Bintang

Syukir, Asmuni. 1983. Dasar- dasar Strategi Dakwah Islam. Sura- baya : Al-Ikhlas

Tinarbuko, Sumbo. 2009. Semi- otika Komunikasi Visual. Yogyakarta : Jalasutra

Hadi, Umar. 1998. “Memahami Desain Grafis”. Katalog pameran De- sain Grafis. LPK Visi Yogyakarta

Sutanto, T. 2005. “Sekitar Dunia Desain Grafis/Komunikasi Visual”. Pura-pura Jurnal DKV ITB Bandung

/Juli

Widagdo. 1993. “Desain : Teori dan Praktik. Seni Jurnal Pengetahuan dan Penciptaan Seni”. BP ISI Yogya- karta III/03

Tinarbuko, Sumbo.1998. “Me- maknai Tanda, Kode, dan Makna Iklan Layanan Masyarakat”. Tesis. Bandung : ITB Bandung

http://posterina.blogspot. com/2014/04/pengertian-poster-serta- tujuannya.html.

http://id.wikipedia.org/wiki/ Poster




DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.21580/.v1i1.1241.g964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Image result for logo google scholar web
statistics View My Stats Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.