DAKWAH MELALUI MEDIA CETAK (Analisis Isi Rubrik Mutiara Islam Majalah Ummi )

Novi Maria Ulfah*  -  Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author
This paper intends to find out preaching value in Ummi Magazine during juni-august 2014. The study sample was Mutiara Islam section. Within Mutiara Islam section, there are some section again, that are: The Qur’an Studies, The al Hadith studies, Trail, Halal World, Jrisprudence Section of   Woman, Mutiara Dakwah, Horizon,and Tazkiyatun Nafs.

Section study Qur’an, put one verse and than explain it in detail. Also with Section Hadith. While Trail Section discuss about exemplary story in Rosulullah Muhammad era. Halal World Section discusses the food associated with today. Jurisprudence Section of Woman discuss about woman in religion perspective. Mutiara Dakwah Section about problematic of preaching. Horizon Cestion discuss about trending phe- nomena. Tazkiyatun Nafs Section tell about exemplary story that now can be taken advantage. All Section are separated into four categories: faith (aqidah), morals (akhlak), sharia (syariah) and muamalah.The re- sult is The Qur’an Studies and The al Hadith Studies classified in faith. Trail Section, Mutiara Dakwah and Tazkiyatun Nafs are classified in morals. Jurisprudence Section of Woman classified in sharia. Horizon Section and Halal World are classified in muamalah.

--------------------------------------------------------------------------

Tulisan ini bermaksud untuk mengetahui pesan atau nilai dakwah yang terdapat di majalah Ummi selama bulan Juni sampai bulan Agustus 2014. Rubrik yang menjadi sample penelitian adalah rubrik Mutiara Islam. Di dalam rubrik Mutiara Islam terdapat beberapa tulisan  lagi  yaitu  rubrik  kajian Al  quran,  kajian  al  Hadits,    jejak, dunia halal, fiqh wanita, mutiara dakwah, cakrawala dan tazkiyatun nafs. Rubrik Kajian al Quran mengambil satu ayat yang kemudian dijabarkan dan dijelaskan secara rinci. Demikian juga dalam rubrik hadits. Sedangkan dalam rubrik jejak, lebih membahas mengenai kisah- kisah teladan di zaman rosul. Rubrik dunia halal, membahas mengenai persoalan makanan yang terkait dengan zaman sekarang.

Rubrik fiqh wanita membahas persoalan wanita dari sudut pandang agama. Rubrik mutiara dakwah membahas mengenai problematika kegiatan dakwah. Rubrik cakrawala juga membahas mengenai fenomena persoalan yang sedang menjadi trend. Sedangkan rubrik tazkiyatun nafs, membahas mengenai kisah-kisah teladan di masa lalu yang bisa kita ambil manfaatnya di masa sekarang. Ke delapan rubrik kemudian dikategorisasikan ke dalam nilai atau pesan dakwah yaitu aqidah, akhlak, syariah dan muamalah. Masuk ke  dalam nilai akidah yaitu: kajian al Quran dan al Hadits, masuk ke dalam pesan dakwah akhlak yaitu rubrik jejak, mutiara dakwah serta tazkiyatun nafs. Sedangkan masuk nilai dakwah syariah yaitu rubrik fiqh wanita. Yang terakhir, masuk kategori nilai muamalah yaitu rubrik cakrawala dan dunia halal.
  1. Aziz Dahlan, Abdul.(2002). Ensiklopedia Tematis Dunia Islam. Jakarta: PT Ichtiar Baru Van Hoeve.
  2. Astrid, Susanto. 1997. Komunikasi Dalam Teori Dan Praktek. Bandung: Bina Cipta.
  3. Azis, Moch Ali. 2009 .Ilmu Dakwah edisi revisi. Jakarta: Kencana.
  4. http://www.seputarpengetahuan. c om / 2015/ 05/ pengertian-a khlak- dalam-islam-terlengkap.html. Diunduh hari Senin, 20 Juni 2016. Pukul 20.00.
  5. Cangara, Hafied. 1998. Pengertian Ilmu Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo, Persada.
  6. Krippendorff, Klaus. 1993. Analisis Isi, Pengantar Teori Dan Metodologi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
  7. M Munir dan Wahyu Ilaih. 2006. Manajemen Dakwah. Jakarta: Rahmat Semesta.
  8. Muhadjir, Prof. D. Noeng . 1998. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
  9. Majalah Ummi. Juni 2014. Rumah, Tempat Pertama Anak Mencintai Ilmu. Jakarta: PT Insan Media Pratama.
  10. Majalah Ummi. Juli 2014. Dahsyatnya Istigfar. Jakarta: PT Insan Media Pratama.
  11. Majalah Ummi. Agustus 2014. Nasihati Aku Dengan Lembut. Jakarta: PT Insan Media Pratama.
  12. Nasution, Harun. 1989. Islam Rasional Gagasan Dan Pemikirannya. Bandung: Mizan.
  13. Syamsul Romli, Asep. 2003. Jurnalistik Dakwah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  14. Tasmoro, Toto. 1997. Komunikasi Dakwah. Jakarta: Gaya Media Pratama.
  15. Widjaja, A.W.1986. Komunikasi Dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bina Aksara
  16. Zakiah,Kiki. 2012. Profesiona-isme Dalam Menjalankan Jurnalisme Dakwah. Jakarta: Kencana.

Open Access Copyright (c) 2017 Isamic Communication Journal

Islamic Communication Journal
Published by the Department of Islamic Communication and Broadcasting
Faculty of Da'wa and Communication UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 858-6727-8693 (Admin ICJ)
Website: https://fakdakom.walisongo.ac.id/

ISSN: 2541-5182 (Print)
ISSN: 2615-3580 (Online)


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 
apps