Pengembangan Petunjuk Praktikum berbasis Green Chemistry pada Materi Stoikiometri Kelas X di SMAN 7 Semarang

Siska Aditya Yuniar*  -  Madrasah Aliyah Miftahul Akhlaqiyah Semarang, Indonesia
Muhammad Zammi  -  Pendidikan Kimia UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Ervin Tri Suryandari  -  Pendidikan Kimia UIN Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author
Penelitian pengembangan petunjuk praktikum berbasis green chemistry pada materi stoikiometri dilandaskan pada karakteristik  peserta didik yang lebih menyukai metode praktikum, namun di sekolah belum memiliki petunjuk praktikum yang dapat menyesuaikan waktu pelaksanaan praktikum dengan jam pelajaran di sekolah. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode ADDIE  yang terdiri dari tahap analyze, design, development, implementation, dan evaluations. Produk divalidasi oleh dua dosen ahli materi dan dua dosen ahli media, kemudian dilakukan uji keterbacaan oleh guru dan peserta didik, dan diuji cobakan pada kelas kecil. Subjek uji keterbacaan yaitu satu guru mata pelajaran kimia serta tiga peserta didik kelas XI IPA SMA N 7 Semarang, dan subjek uji coba kelas kecil yaitu sembilan peserta didik kelas XI IPA SMA N 7 Semarang. Hasil penilaian validasi ahli materi didapatkan indeks validitas 0,902 dengan kategori sangat tinggi, dan penilaian validasi ahli media mendapat indeks validitas sebesar 0,984 dengan kategori sangat tinggi.  Pada uji keterbacaan oleh guru didapatkan kategori sangat baik dengan presentase sebesar 96,47%. Pada uji keterbacaan oleh peserta didik didapatkan presentase sebesar 95,83% dengan kategori sangat baik. Respon peserta didik memperlihatkan kategori sangat baik dengan presentase sebesar 94,29%.

Keywords: green chemistry; petunjuk praktikum; stoikiometri

  1. Achmad, R. 2011. Kimia Lingkungan. In: Isu Lingkungan Global. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka.
  2. Bonwell, dkk. Active Learning: Creating Excitement in the Classroom. ASHE-ERIC Higher Education Report No. 1. https://eric.ed.gov/?id=ED336049/. Diunduh 5 Agustus 2019.
  3. Bonweel, dkk. 1991. Active Learning: Creating Excitement in the Classroom.
  4. Branch, S.A. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.
  5. Adisendjaja, Y.H. 2010. Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Matematika dan IPA. 1(2): 7.
  6. A’la, M. 2012. Quantum Teaching. Jogjakarta: DIVA Press.
  7. Arifin, M. 2003. Strategi Belajar Mengajar Kimia. Bandung: Program Studi Pendidikan Kimia FPMIPA UPI.
  8. Balram, R. 2017. Pengaruh Metode Praktikum Disertai Feedback Terhadap Hasil Belajar dan Respon Siswa Kelas X pada Materi Larutan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 6(6):3.
  9. Chang, R. 2004. Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti. Jilid 1. Edisi 3. Jakarta: Erlangga.
  10. Djamarah, S. dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  11. Faturrohman, Pupuh & Sobri Sutikno. 2011. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama.
  12. Hammond, L.D, dkk. 2019. Implications for Educational Practice of the Science of Learning and Development. Applied Developmental Science, DOI: 10.1080/10888691.2018.1537791. : Diunduh di https://doi.org/10.1080/10888691.2018.1537791/ tanggal 5 Agustus 2019.
  13. Hendryadi. 2014. Content Validity (Validitas Isi). Teorionline Personal Paper. 1:3.
  14. Iqbal, S.A., dan Neelofar iqbal. 2011. Textbook of Green Chemistry. New Delhi: Tilak Wasan Discovery Publishing House PVT.LTD.
  15. Junaedi, Dedi. 2018. Desain Pembelajaran Model ADDIE. Diunduh di https://www.academia.edu/ tanggal 24 April 2019.
  16. Kandamby, G.T.C. 2019. Effectiveness of laboratory practical for Students’ Learning. International Journal for Innovation Education and Research. 7(3);222.
  17. Keenan, C.W., Donald C.K,. & Jesse H.W. Ilmu Kimia Untuk Universitas. Edisi 6 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
  18. Lestari, E.S. 2017. Penggunaan Media Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Pengetahuan Prosedural Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Ekskresi. Skripsi. Bandung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan.
  19. Mackenbach, J.P. 2007. Global Environmental Change and Human Health: A Public Health Research Agenda. Journal of Epidemiology & Community Health. 61(2): 92.
  20. Majid, Abdul & Chaerul Rochman. 2014. Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  21. Manahan, S.E. 2005. Green Chemistry and The Ten Commandments of Sustainability. Columbia: ChemChar Research, Inc.
  22. Mattsson, K., dkk. 2015. Nano-Plastics In The Aquatic Environment. Environmental Science: Processes and Impacts.
  23. Meyhandoko, Adityas. 2013. Pengembangan Petunjuk Praktikum Konstektual Dengan Pemanfaatan Kondisi Lingkunga Lokal Dalam Pembelajaran Materi Pencemaran Di SMA N 2 Rembang. Skripsi. Semarang: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.
  24. Mulyatun. 2015. Kimia Dasar (Buku Panduan Kuiah Mahasiswa Biologi). Cetakan I. Semarang: CV.Karya Abadi Jaya.
  25. Muthi’ah, Siti. 2015. Pengembangan Modul Praktikum Kimia Berbasis Green Chemistry pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di SMA Negeri 71 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, FMIPA, UNJ.
  26. Nazilla, Nurul., dkk. 2017. Analisis Pelaksanaan Praktikum Pada Pembelajaran Biologi Kelas X MAN Tanjungpinang Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Universitas Maritim Raja Ali Haji. 1(1):3.
  27. Nurbaity. 2011. Pendekatan Green Chemistry Suatu Inovasi Dalam Pembelajaran Kimia Berwawasan Lingkungan. Jurnal Riset Pendidikan Kimia. 1(1): 17.
  28. Ojediran, I. Ayodele. 2014. Impact of Laboratory-Based Instructional Intervention on the Learning Outcomes of Low Performing Senior Secondary Students in Physics. Article in Creative Education. Creative Education. 5:197.
  29. Penuel, W.R., & Fishman, B.J. 2012. Large-scale science education intervention research we can use. Journal of Research in Science Teaching. 49(3), 281.
  30. Peratiwi, N.K.Ana., dkk. 2014. Buku Pedoman Praktikum Kimia Ramah Lingkungan Untuk Pembelajaran Kimia SMA. E-Journal Kimia Visvitalis Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Kimia. 2(1): 68.
  31. Ralph, H.P., dkk. 2007. Kimia Dasar Prinsip-prinsip dan Aplikasi Modern. Edisi 9 Jilid I. Jakarta: Erlangga.
  32. Retnawati, Heri. 2016. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.
  33. Redhana, I.W. 2014. Kimia Hijau Dalam Praktikum Laju Reaksi. Skripsi. Denpasar: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Ganesha.
  34. Rismawati. 2012. Pengembangan Penuntun Praktikum Alternatif Sederhana Sebagai Pendamping Penuntun Praktikum Standar Kimia SMA Kelas XI. Tesis. Medan: Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.
  35. Suprihatiningrum, Jamil. 2012. Strategi Pembelajaran Teori Dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
  36. Suryaningsih, Yeni. 2017. Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Educatio. 2(2): 49-57.
  37. Ural, Evrim. 2016. The Effect of Guided-Inquiry Laboratory Experiments on Science Education Students' Chemistry Laboratory Attitudes, Anxiety and Achievement. Journal of Education and Training Studies. 4(4). 217-227.
  38. Warner, J.C., Amy S. Cannon., & Kevin M. Dye. 2004. Green Chemistry. Environmental Impact Assessment Review.1(24): 776.
  39. Widjajanti, Endang., E. Rohaeti., & Isana SYL. 2010. Penerapan Praktikum Kimia Bermuatan Life Skills Sebagai Upaya Mempersiapkan Calon Guru Yang Berkarakter. Diunduh di https://eprints.uny.ac.id/ tanggal 28 Juli 2019.
  40. Wulandari, Vindri .C.P., Masjhudi., & Balqis. 2013. Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas XI IPA 1 di SMA Muhammadiyah 1 Malang. Diunduh di http://jurnal-online.um.ac.id/ tanggal 27 April 2019.
  41. Yakina., Tuti Kurniati., & Raudhatul Fadhilah. 2017. Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X di SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Ar-Razi Jurnal Ilmiah. 5(2):2.
  42. Zhong, G. 2014. Training of Scientific thinking Methods In Teaching of Inorganic and Analytical Chemistry. Journal of Chemical and Pharmaceutical Research. 6(7):1503.

Open Access Copyright (c) 2019 Journal of Educational Chemistry (JEC)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educational Chemistry (JEC)
Published by Chemistry Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Km. 01 Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: 6285640307383
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: jec@walisongo.ac.id

ISSN: 2715-3029 (Print)
ISSN: 2685-4880 (Online)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

 
apps