Peran Tutor dalam Proses Pembelajaran dengan Metode Berorientasi pada Tutee (Bermain, Diskusi, Ceramah)

Friska Juliana Purba*  -  Universitas Pelita Harapan
Kelly Sinaga  -  Universitas Pelita Harapan, Indonesia
Debora S Sitinjak  -  Universitas Pelita Harapan, Indonesia
Candra Y Tahya  -  Universitas Pelita Harapan, Indonesia
Karnelasatri Karnelasatri  -  Universitas Pelita Harapan

(*) Corresponding Author

Melihat kondisi anak-anak di wilayah Pos Dumpit ditemukan kondisi anak-anak yang seharusnya sudah berada di level yang tinggi akan tetapi secara kemampuan masih berada di level yang rendah. Hal ini disebabkan karena keterbatasan perekonomian keluarga dimana mata pencaharian keluarga itu sebagian besar buruh serabutan, kuli cuci piring, dan pemulung. Untuk itu bimbingan belajar Pos Dumpit dengan menghadirkan tutor yang sudah diperlengkapi secara pedagogis dan ilmu pengetahuan didirikan dan bertujuan untuk: Meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan menghitung pada anak-anak dengan cara memberikan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan pada anak TK dan SD; Membantu anak-anak dalam memahami pelajaran yang sulit di sekolah; Membantu anak-anak dalam menanamkan sikap berjuang melalui belajar yang giat; Membantu anak-anak dalam meningkatkan kemampuan berpikir dan perubahan tingkah laku ke arah yang lebih baik. Metode yang digunakan yaitu bermain, diskusi, dan ceramah, akan tetapi disesuaikan dengan kebutuhan dari tutee dan tingkatan. Dengan metode tersebut, tutee semakin termotivasi dan keinginan belajar mereka semakin meningkat dilihat dari antusiasme dalam belajar maupun jumlah kehadiran semakin bertambah.

Keywords: bimbingan belajar; dumpit; tutor

  1. Auliya, F., & Suminar, T. (2016). Strategi Pembelajaran yang dapat Mengembangkan Kemandirian Belajar di Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah. Journal of Nonformal Education, 5(1), 9-15.
  2. Azmi, M. K., Rahayu, S., & Hikmawati. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen dan Diskusi terhadap Hasil Belajar Fisika ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Kelas X MIPA SMA N 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 87-94.
  3. Istiarini, R. (2014). Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Bermain Balok. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(1), 145-154.
  4. Knight, G. (2009). Filsafat & pendidikan: Sebuah Pendahuluan dari Perspektif Kristen. Jakarta: Universitas Pelita Harapan.
  5. Noviyanti, A. K., & Setyaningtyas, E. W. (2017). Partisipasi Pembelajaran Siswa dalam Pembelajaran dengan Classroom Rules. Journal of Education Research and Evaluation, 1 (2), 65-72.
  6. Purnomo, M. H., & Yuhana, U. L. (2016). Implementasi Iot dan Machine Learning dalam bidang Pendidikan Pembelajaran Matematika Tingkat SD melalui Serious Game. National Conference of Applied Sciences, Engineering, Business and Education Politeknik Negeri Padang 2018, 250-257.
  7. Sucipto, N. R., & Sutarto, J. (2015). Pemberdayaan Masyarakat Miskin untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup melalui Kursus Menjahit di LKP Elisa Tegal. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, 4(2), 135-142.
  8. Sufyan, M. A., Nurhalim, K., & Shofwan, I. (2019). Learning Management of Nonformal Education Units in Sanggar Kegiatan Belajar. Journal of Nonformal Education, 5(1), 57-66.
  9. Sutarto, J. (2016). Determinant Factors of The Effectiveness Learning Process and Learning Output of Equivalent Education. Conference on Lifelong Learning vol. 88, 90-95. Atlantis Press.
  10. Waluyo, Y. T., & Desamawati, L. (2015). Peran Tutor dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Pendekatan Andragogi di Rutan Banjarnegara. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, 4(1), 71-78.
  11. Widayati, S. (2013). Meningkatkan Kemampuan Bilangan dan Operasinya di Kelas III SD Melalui Kegiatan Bermain dengan Aturan. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 49-64.
  12. Wijaya, Y. T., & Raharjo, T. J. (2014). Strategi Membangun Sikap Berwirausaha (Studi pada Home Industry Pembuatan Telur Asin di Kecamatan Brebes. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, 3(1), 74-78.

Open Access Copyright (c) 2020 Journal of Educational Chemistry (JEC)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educational Chemistry (JEC)
Published by Chemistry Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Km. 01 Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: 6285640307383
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: jec@walisongo.ac.id

ISSN: 2715-3029 (Print)
ISSN: 2685-4880 (Online)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

 
apps