TEKS-TEKS KEISLAMAN DALAM KAJIAN FEMINISME MUSLIM: Telaah Metodologis atas Pandangan Feminis Muslim terhadap Penciptaan dan Kepemimpinan Perempuan

Lift Anis Ma’shumah*  -  IAIN Walisongo, Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author
Islam diyakini sebagai agama yang rahmatan lil ‘alamin, yaitu agama yang menebarkan rahmat bagi alam semesta. Salah satu bentuk dari rahmat tersebut adalah pengakuan Islam terhadap keutuhan ke­manusiaan perempuan yang setara dengan laki-laki. Islam tidak memberikan keutamaan kepada jenis kelamin tertentu. Namun ajaran Islam ten­tang relasi gender yang de­mikian ideal itu tidak ter­imple­mentasikan dengan baik. Praktik masyarakat Islam dalam relasi gender ini masih sangat distortif dan bias, hal ini disebabkan karena pemahaman yang sangat harfiyah terhadap teks-teks agama.

Keywords: feminisme; Islam; feminis Muslim; qawwam

  1. Amal, Siti Hidayati, “Beberapa Perspektif Feminis dalam Menganalisa Permasalahan Wanita”, dalam T.O. Ihromi (ed.), Kajian Wanita dalam Pembangunan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1995.
  2. Andersen, Margeret L., Thingking About Women: Perspectives on Sex and Gender, New York: McMillan Pub. Co, 1988.
  3. Connel, R.W., Gender and Power Society, The Person and Sexual Politics, Stanford: Standford University Press, 1987.
  4. Enginer, Asghar Ali, Hak-hak Perempuan dalam Islam (diterjemahkan dari The Origin and Developmnet of Islam oleh Farid Wajdi dan Cici Farcha Assegaf), Yogyakarta: Yayasan Banteng Budaya, 1994.
  5. Fakih, Mansour, Analisis Gender dan Transformasi Sosial, Yogyakarta: Pus¬taka Pelajar, 1996.
  6. Fakih, Mansour (et.al), Membincang Feminisme, Diskursus Gender Perspektif Islam, Surabaya: Risalah Gusti, 1996.
  7. Ilyas, Yunahar, Feminisme dalam Kajian Tafsir al-Qur’an Klasik dan Kontemporer, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1997.
  8. Ibn Kasir, Abu al Fida’ Isma’il bin ‘Umar bin Kasir bin Dau’, al-Qur’anul Karim, Jil. 1, Beirut: Dar al-Ma’rifat, 1976.
  9. Megawangi, Ratna, “Perkembangan Teori Feminisme Masa Kini dan Mendatang serta Kaitannya dengan Pemikiran Keislaman”, dalam Mansour Fakih, dkk., Membincang Feminisme Diskursus Perspektif Islam, Surabaya: Risalah Gusti, 1996.
  10. Mernissi, Fatima dan Rifat Hasan, Setara di Hadapan Allah: Relasi Perempuan dalam Tradisi Islam Pasca Patriarki (terj. Tim LSPPA), Yogyakarta: LSPPA, 1995.
  11. Mernissi, Fatima Mernissi, dalam Charles Kurzman (ed), Wacana Islam Liberal: Pemikiran Islam Kontemporer tentang Isu-isu Global, Jakarta: Paramadina.
  12. ______, Ratu-ratu Islam yang Terlupakan (terj), Bandung: Mizan, 1994.
  13. Muhsin, Amina Wadud, Wanita di dalam al-Qur’an, terj. Yaziar Radianti, Bandung: Pustaka, 1994.
  14. Muhammad, Hussein, “Kritik Tafsir Gender”, dalam Jurnal Yin-Yang, Vol. 1, No. 1, PSGA STAIN Purwokerto, Juni 2006.
  15. ______, “Partisipasi Politik Perempuan dalam Perspektif Islam”, Jurnal Sawwa, PSGA IAIN Walisongo, Vol. 1, April 2007.
  16. ______, Fiqh Perempuan: Refleksi Kyai atas Wacana Agama dan Gender, Yogyakarta: LKiS, 2011.
  17. Mulia, Siti Musdah, Islam dan Inspirasi Kesetaraan Gender, Yogyakarta: Kibar Press, 2007.
  18. Munawar, Said Agil, “Membongkar Penafsiran Surat al-Nisa’ ayat 1-4”, dalam Syafiq Hasyim (ed), Kepemimpinan Perempuan dalam Islam Jakarta: P3M.
  19. Mundir, Perempuan dalam al-Qur’an (Studi Tafsir al-Manar), Semarang: Walisongo Press, 2010.
  20. Mutahhari, Murteza, Perempuan dan Hak-haknya dalam Islam, terj. M. Hashem dari The Rights of Women in Islam, Bandung: Pustaka, 1985.
  21. Rahman, Budhy Munawar, “Islam dan Feminisme: Dari Sentralisme kepada Kesetaraan”, dalam Mansour Fakih, dkk., Membincang Feminisme, Diskursus Gender Perspektif Islam, Surabaya: Risalah Gusti, 1996.
  22. Rusyd, Ibnu, Fashl al-Maqal fi Taqrir ma baina al-Syari’at wa al-Hikmah min al-Ittishal aw Wujuh al-Nazhar al-‘Aqli wa Hudud al-Ta’wil, Beirut: Dirasah al-Wihdah al-Arabiyah, 1999.
  23. Tuttle, Lisa, Encyclopedia of Feminism, New York: Facts on File Publications, 1986.
  24. Umar, Nasaruddin, Argumen Kesetaraan Gender: Perspektif al-Qur’an. Jakarta: Paramadina, 1999.
  25. Zamakhsyari, Abu al-Qasim Jarullah Mahmud ibn ‘Umar, al-Kasysyaf ‘an Haqaiq at-Tanzil wa ‘Uyun al-Aqail fi Wujuh at-Tanwil, Jili. 1, Beirut: Dar al-Fikr, 1977.

Publisher:
Center for Gender and Child Studies (Pusat Studi Gender dan Anak)
LP2M, Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.
Central Java, Indonesia


Sawwa Visitor Statistics
 
apps