Media Pembelajaran Matematika SMP Berbasis Android Berorientasi UoS untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Ahmad Aunur Rohman*  -  Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
M. Ismail  -  Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Emy Siswanah  -  Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Terdapat keterbatasan sumber belajar siswa dan sarana pembelajaran yang terdapat di SMP Negeri 1 Kendal. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tersebut, dengan tujuan untuk mengetahui apakah media pembelajaran matematika SMP berbasis android berorientasi UoS pada materi lingkaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan nilai pretest terendah yaitu kelas VIII G sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Matematika SMP berbasis android berorientasi UoS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: media pembelajaran, Android, UoS
  1. Alfarizi, M.K. 2019. Survei Kepemilikan Smartphone, Indonesia Peringkat ke-24. Diakses di https://tempo.co/read/1181645/survei-kepemilikan-smartphone-indonesia-peringkat-ke-24 tanggal 9 April 2019
  2. Arifin, Z. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  3. Arikunto, S. 1990. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Bustomi, A.Y. 2010. Aplikasi Pembelajaran Panca Indera Manusia Berbasis Android. Jurnal Telematika. 3(1).
  5. Fathani, A.H. 2014. Matematika Hakikat dan Logika. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
  6. Fatimah, S. dan Mufti, Y. Pengembangan Media Pembelajaran IPA-Fisika Smartphone Berbasis Android Sebagai Penguat Karakter Sains Siswa. Jurnal Kaunia. 10(1).
  7. Hamzah, A. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Depok: Rajagrafindo Persada.
  8. Kustandi, C. dan Sutjipto, B. 2013. Media Pembelajaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
  9. Lubis, I.R. dan Ikhsan, J. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Kognitif Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 1(2).
  10. Mayer, R.E dan Moreno, R. 2002. Animation as an Aid to Multimedia Learning. Educational Psychology Review. 14(1).
  11. Neolaka, A. dan Neolaka, G.A.A. 2017. Landasan Pendidikan: Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Jakarta: Kencana.
  12. Pitadjeng. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Yoyakarta: Graha Ilmu.
  13. Prawiradilaga, D.S. 2016. Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
  14. Rusuli, I dan Fuady, Z. Ilmu Pengetahuan Dari John Locke ke Al-Attas. Junal Pencerahan 9(1): 14.
  15. Setyosari, P. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jaakarta: Prenadamedia Group
  16. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif , dan R & D. Bandung: Alfabeta.
  17. Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  18. Sundayana, R. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  19. Supena, I. 2014. Paradima Unity of Science IAIN Walisongo Dalam Tinjauan Filsafat Ilmu. Laporan Penelitian Individu. Semarang: IAIN Walisongo Semarang.
  20. Syafri, F.S. Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Matematika.
  21. Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosydakarya Offset.
  22. Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  23. Widoyoko, E.P. 2014. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Open Access Copyright (c) 2019 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Published by Mathematic and Mathematic Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: square@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-609X (Print)
ISSN: 2714-5506 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps