Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Sikap Mandiri dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Bakalrejo 1

Erika Muninggar Safitri*  -  Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia
Yunita Sari  -  Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia
Rida Fironika Kusuma Dewi  -  Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap sikap mandiri siswa kelas V SD Negeri Bakalrejo 1; (2) Aapakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas V SD Negeri Bakalrejo 1; dan (3) apakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap sikap mandiri dan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas V SD Negeri Bakalrejo 1. Jenis penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Hasil perhitungan hipotesis I menggunakan rumus independent sample t test nilai perhitungan menggunakan SPSS 16 dengan nilai signifikansi pada kolom sig.(2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti model problem based learning berpengruh terhadap sikap mandiri siswa. Hipotesis II menggunakan rumus independent sample t test nilai perhitungan menggunakan SPSS 16 dengan nilai signifikansi pada kolom sig.(2-tailed) sebesar 0,000 berarti ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Hasil perhitungan hipotesis III menggunakan uji manova menunjukkan bahwa hasil analisis untuk Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace,Roy's Largest Root semuanya menunjukkan nilai sebesar 0,000 karena signifikansi kurang dari 0,05 berarti ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap sikap mandiri dan kemampuan komunikasi matematika siswa siswa kelas V SD Negeri Bakalrejo 1.

Kata Kunci : model problem based learning, kemampuan komunikasi matematika, sikap mandiri siswa

.
  1. Fahradina, N., Ansari, B. I., & Saiman. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok.Jurnal Didaktik Matematika, 1(1).
  2. Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu,7(1).
  3. Nuridawani, Munzir, S., & Saiman. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah ( MTs ) melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning ( CTL ). Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 59-71.
  4. Sugiyono. (2015). Metode Peneltian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
  5. Wulandari, E. T. (2015). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemandirian Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Se-Gugus III Temon. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 12 Tahun Ke IV Agustus 2015.

Open Access Copyright (c) 2019 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Published by Mathematic and Mathematic Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: square@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-609X (Print)
ISSN: 2714-5506 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps