Analisis Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Pemanfaatan Teknologi Digital Siswa

Erika Nur Rosida*  -  Universitas Ivet, Indonesia
Lenny Kurniati  -  Universitas Ivet, Indonesia
Ratih Kusumawati  -  Universitas Ivet, Indonesia

(*) Corresponding Author

Perkembangan teknologi dewasa ini semakin berkembang pesat khususnya teknologi ditigal. Teknologi digital sudah memasuki berbagai aspek kehidupan khususnya bidang pendidikan. Hasil survei Global Digital Report tahun 2018 Indonesia menempati urutan keempat penggunaan internet tetapi pada hasil survei PISA tahun 2015 Indonesia justru  menduduki peringkat 63 dari 70 negara. Tujuan penelitian  ini (1) Mengetahui tingkat pemanfaatan teknologi digital siswa, (2) Mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa dan (3) Mengetahui pengaruh teknologi digital terhadap kinerja siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian  ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian munjukkan tidak ada siswa yang memanfaatkan teknologi digital dalam  kategori rendah dan sebagian besar siswa mampu menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Hasil output SPSS menunjukkan kedua variabel mempunyai hubungan yang positif dan variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) tidak ada siswa yang pemanfaatan teknologinya tergolong rendah, (2) kemampuan pemecahan masalah siswa sudah cukup baik, (3) pemanfaatan teknologi digital yang baik maka akan berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah menjadi baik pula.

Kata Kunci : pemanfaatan teknologi digital, kemampuan pemecahan masalah
  1. Abdullah, H.A. 2018. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Motivasi Belajar Terhadap Perilaku Belajar Siswa. Jurnal Iqra’ Vol.3. No.1.
  2. Akbar, P, dkk. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XI SMA Putra Juang dalam Materi Peluang. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 2, No. 1.
  3. Ardiyani, S.A. 2016. Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Efficiacy Matematika Siswa Kelas VIII dalam Setting Pembelajaran Learning Cycle 7E. Skripsi. Semarang : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.
  4. Arikunto, S. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta.
  5. Ayunthara. A. 2016. Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi, Lingkungan Sekolah dan Manajemen Waktu Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA NEGERI 10 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
  6. Jauhar, dkk. 2015. Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone dan Komunikasi Orangtua Anak Terhadap Prestasi Belajar Anak. Ejournal Undip.
  7. Lailiyah, S & Hariyanti, A. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Matematika denan Strategi Draw A Picture. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi. Volume 5, Tahun 2017.
  8. Latif, S & Akib, I. 2016. Mathematical Connection Ability In Solving Mathematics Problem Based On Initial Abilities Of Students At SMPN 10 Bulukumba. Jurnal Daya Matematis, Volume 4 No. 2.
  9. Muhasim. 2017. Pengaruh Tehnologi Digital Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan. Volume 5, Nomor 2.
  10. Putra, dkk. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 11, No. 2.
  11. Srinadi, P. N. 2015. Analisis Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Konferensi Nasional Sistem & Informatika 2015. STMIK STIKOM Bali.
  12. Utami, R.W & Wutsqa, D.U. 2017. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika.
  13. Yunianto, E & Fitrihana, N. 2016. Hubungan Pemanfaatan Smartphone Dengan hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Tata Busana Di SMK N 4 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Busana UNY. Edisi Juni 2016.

Open Access Copyright (c) 2019 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Published by Mathematic and Mathematic Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: square@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-609X (Print)
ISSN: 2714-5506 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps