Analisis Kestabilan Model Matematika pada Pertumbuhan Kanker denga Pengobatan Menggunakan Virus Oncolytic

Nur Faizah*  -  Universitas Islam Negeri Walisongo, Indonesia
Budi Cahyono  -  Universitas Islam Negeri Walisongo, Indonesia
Aini Fitriyah  -  Universitas Islam Negeri Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author

Supp. File(s): common.other

Pada artikel ini dibahas analisis kestabilan model matematika pada pertumbuhan kanker yang pengobatannya menggunakan Virus Oncolytic. Model matematika pada penelitian ini diasumsikan bahwa sel kanker yang terdapat pada tubuh penderita terdiri dari sel kanker yang tidak terinfeksi Virus Oncolytic (x) dan sel kanker yang terinfeksi Virus Onvolytic (y) . Oleh karena itu, sel kanker yang dimodelkan merupakan sistem persamaan differensial nonlinear orde satu dengan dua variabel. Adapun analisis yang dilakukan pada penelitian ini dilakukan secara analitik dan numerik. Analisis secara analitik meliputi langkah-langkah seperti penentuan titik kesetimbangan, analisis kestabilan lokal dan analisis kestabilan global sedangkan analisis secara numerik dilakukan dengan bantuan aplikasi MATLAB. Dari hasil penelitian diperoleh empat titik kesetimbangan dengan kondisi kestabilan setiap titik-titiknya bersyarat. Artinya kestabilan titik kesetimbangan tersebut berlaku jika syarat tersebut dipenuhi. Salah satu kestabilan yang diperoleh adalah Titik Ekuilibrium T1  stabil lokal jika dan hanya jika  d > r dan alpha > s . Setelah dilakukan analisis secara analitik dilanjutkan dengan mencari simulasi numerik untuk mengilustrasikan dan menguji hasil analitiknya. Adapun hasil numerik yang diperoleh adalah grafik-grafik menunjukkan bahwa solusi dari sitem tersebut stabil. Hal itu menunjukkan bahwasanya pengobatan kanker dengan menggunakan Virus Oncolytic  memperoleh hasil yang baik.

Kata kunci: kanker, virus oncolytic. titik kesetimbangan, kestabilan lokal, kestabilan global

Supplement Files

  1. D. Kuruppu and K. K. Tanabe, “Viral Oncolysis by Herpes Simplex Virus and Other Viruses,” Cancer Biology and Therapy, Vol. 4, No. 5, May 2005, pp. 524-31, doi:10.4161/cbt.4.5.1820
  2. D. Wodarz, 2004. Cumputational Approaches to Study Oncolytic Virus Therapy. Insight and Challenges, Gene Ther Mol Biol.
  3. Hejmadi, Momna. 2010. Introduction to Cancer Biology. bookboon.com
  4. Jesse, D. M., Parker, M. T., Fultz, K. E., Ignatenko, N. A., dan Gerner, E. W., 2003. Molecular Biology of Cancer. Volume 5: Chemoteraputic Agents. 6th Ed. New York: John Wiley and Sons
  5. Kemenkes RI, 2015. Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2013. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
  6. Kurniasari, Fuadiyah. dkk. 2017. Buku Ajar Gizi dan Kanker. Malang; Universitas Brawijaya press.
  7. Luenberger, D. G. (1979). Introduction to Dynamical Sistem Theory, Models, and Applications. Canada: Wiley & Sons, Inc.
  8. Macdonald, F., Ford, C.H.J, dan Casson, A.G., 2005. Molecular Biology of Cancer. 2nd Ed. London: Garland Science/BIOS Scientific Publishers.
  9. Novellina, Via, dkk. 2016. Analisis Kestailan Model Matematika untuk Penyembuhan Kanker Menggunakan Oncolytic Virotherapy.Jurnal Matematika Universitas Diponegoro. Vol. 19. No. 2. Halaman 72-77.
  10. Pagalay, U..2009. Mathematical Modelling Aplikasi pada Kedokteran, Imunologi, Biologi, Ekonomi dan Perikanan. Malang : UIN-Maliki Press
  11. Rahmah, Hikmah. 2009. Model Dinamika Sel Tumor dengan Terapi Pengobatan Menggunakan Virus Oncolytic. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
  12. Wiggins, S. 2003. Introduction to Applied Nonlinear Dynamical Sistem and Chaos, Second Edition. New York: Springer – Verlag.

Open Access Copyright (c) 2019 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Published by Mathematic and Mathematic Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: square@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-609X (Print)
ISSN: 2714-5506 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps