Keefektivan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Strategi Think-Talk-Write (TTW) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis

Luqman Chakim*  -  Universitas Ivet, Indonesia

(*) Corresponding Author

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivan model pembelajaran problem based learning dengan strategi think-talk-write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT Assa’idiyyah Kirig Mejobo Kudus pada siswa kelas VIII tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan true experimental design jenis posttest-only control design. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 70 siswa yang terbagi ke dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning dengan strategi think-talk-write (TTW) dan kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Dari tiga kelas yang ada terpilih kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dengan uji t independent sampel T-test diperoleh thitung = 2,080 lebih dari ttabel =1,995, berarti thitung berada di daerah penolakan H0. Hasil penelitian menunjukkan indikator representasi matematis tertinggi yang diperoleh adalah kemampuan visual. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dengan strategi think-talk-write (TTW) lebih tinggi dibandingkan rata-rata kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.

Kata kunci : kemampuan representasi matematis,model pembelajaran problem based learning, strategi think-talk-write (TTW).
  1. Arikunto, S dan Jabar C.S.A. 2007. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
  2. As’ari, A. R., Tohir, M., Valentiono, E., Imron, Z., & Taufik, I. 2017. Buku Guru Matematika. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Hwang, dkk. 2007. Multiple representation skills and creativity effects on mathematical problem solving using a multimedia whiteboard system education technology & society, 10 (2), hlm.191-121 [Online]. Tersedia di http://www.ifets.info/journals/102/17.pdf. Dikses tanggal 3 Februari 2019.
  4. Ismadi. Janu. 2011.Matematika Ajaib. Bandung: PT Mizan Pustaka.
  5. NCTM. 2000. Using the NCTM 2000 principles and standards with the learning from assementsmaterials.[Online] Tersedia di: http://www.wested.org/Ifa/NCTM2000.PDF. Diakses 17 Mei 2019.
  6. Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta : RajaGrafindo Persada
  7. Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Open Access Copyright (c) 2019 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Published by Mathematic and Mathematic Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: square@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-609X (Print)
ISSN: 2714-5506 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps