Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa dalam Memahami Konsep Dimensi Tiga di STKIP Getsempena

Juanda Kelana Putra    -  UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Nurul Fajri*    -  STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh, Indonesia

(*) Corresponding Author

Pada pembelajaran matematika, kemampuan koneksi matematis menjadi salah satu aspek yang harus diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa Kemampuan Koneksi Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh dalam memahami konsep Dimensi Tiga pada mata kuliah Geometri Ruang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes koneksi matematis, studi dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah: 1) tingkat kemampuan koneksi matematis mahasiswa pendidikan matematika masih tergolong rendah; 2) kesulitan masalah koneksi matematis yang dihadapi mahasiswa pendidikan matematika umumnya adalah kesulitan dalam menyelesaikan soal koneksi yang berhubungan antar topik matematika, khususnya konsep Phytagoras, konsep perbandingan trigonometri, konsep segitiga, konsep operasi pecahan dan konsep akar.

Kata kunci: kemampuan koneksi matematis, dimensi tiga.

  1. Arifah, Fatih dan Yustisianisa. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Mentari Pustaka.
  2. Fajri, Nurul. (2016). Analisis Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika: Studi Kualitatif Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP Bina Bangsa Getsempena Kota Banda Aceh, Aceh. Numeracy Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 3, No 2. h.23.
  3. Gradini, Ega. (2013). Metodelogi Penelitian. Banda Aceh: Natural Aceh.
  4. Herawati. (2018). Permasalahan Penilaian Pada Materi Geometri. Numeracy Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 5, No. 2. h. 249.
  5. Kenedi, Ary Kiswanto, Sheryane Hendri, Hasmai Bungsu Ladiva, dan Nelliarti. (2018). Kemampuan Koneksi matematis Siswa Sekolah Dasar dalam memecahkan masalah Matematika. Numeracy Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 5, No. 2. h. 226.
  6. National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standarts for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
  7. Ruspiani.(2000). Kemampuan Siswa Dalam Melakukan Koneksi Matematika. Tesis Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia, tidak diterbitkan, Bandung PPs UPI.
  8. Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  9. Siagan, Muhammad Daut. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal Of Mathematics Education and Science) , ISSN: 2528 – 4363, h.63.
  10. Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA, CV.
  11. Tasni, dkk. (2017). Membangun Koneksi Matematis Siswa dlam Pemecahan Masalah Verbal. Jurnal Beta. Vol. 10 No 1 (Mei) 2017, h. 105.
  12. Yuniawatika. (2011). Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Strategi React Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar (Studi Kuasi Eksperimen di Kelas V Sekolah Dasar Kota Cimahi). ISSN 1412-565X. Edisi Khusus No. 1, Agustus 2011. Diakses pada tanggal 11 Desember 2013, dari http://jurnal.upi.edu/file/10-Yuniawatika-edit.pdf.

Open Access Copyright (c) 2020 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Published by Mathematic and Mathematic Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: square@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-609X (Print)
ISSN: 2714-5506 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps