PENURUNAN PARTISIPASI ANAK USIA DINI PADA TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN

Jumiatmoko Jumiatmoko*  -  , Indonesia

(*) Corresponding Author

Abstract
This study aims to describe the factors causing the decrease of early child participation in Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) Al Huda and its interaction. This research uses qualitative approach with case study method. This research was conducted at TPA Al Huda Dukuh Tanggung Desa Menjing. The sample of this study was 11 children. Data collection was conducted with in-depth interviews and participant observation. Data were analyzed with interactive model analysis. The results of this research include 1) Factors causing the decline of early childhood participation in TPA Al Huda that is a) They have received Islamic learning in kindergarten, b) They do not get special attention from parents, c) Their siblings do not participate, and ) They get Influence from more mature friends, e) They have different sects, and f) They participate in the new mosque dumping. 2) The interaction of factors causing the decline of early childhood participation in the TPA Al Huda shows that the majority of children are affected by more than one factor. 


Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan penuruan partisipasi anak usia dini di Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) Al Huda beserta interaksinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan pada TPA Al Huda Dukuh Tanggung Desa Menjing. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 11 anak. Pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara mendalam dan observasi terlibat. Analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian ini meliputi 1) Faktor-faktor yang menyebabkan penurunan partisipasi anak usia dini di TPA Al Huda meliputi a) Telah mendapat pembelajaran agama Islam di TK, b) Tidak memperoleh perhatian khusus dari orang tua, c) Kakak kandung tidak berpartisipasi di TPA, d) Pengaruh teman yang lebih dewasa, e) Berbeda aliran/mazhab, dan f) Berpindah ke TPA masjid baru. 2) Interaksi faktor penyebab penuruan partisipasi anak usia dini di TPA Al Huda, menunjukkan bahwa mayoritas anak terdampak lebih dari satu faktor.

Keywords: Keyword: Participation, Early Childhood, Taman Pendidikan Al Qur’an

  1. Anderson, Laurie M, Et al, The Effectiveness of Early Childhood Development Programs. Americans Journal of Preventive Medicine, Elsevier , Vol 24 No.3s, 2003.
  2. Arifin, Muzayyin,Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
  3. As’ad dan Budiyanto, Pedoman Pengelolaan, Pembinaan, dan Pengembangan TPA-TPA Nasional, Yogyakarta: LPTQ Nasional, 1995.
  4. Bungin, Burhan,Penelitian Kualitatif,Jakarta: Kencana, 2007.
  5. Dahlan, MD, Pendidikan Anak Menurut Islam Kaidah-kaidah Dasar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992.
  6. Daradjat, Zakiyah, 1976. Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bilan Bintang.
  7. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, 2015. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD Berbasis Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Dirjen PAUD dan Dikmas Kemdikbud.
  8. Djalal, Fasli & Supriadi, Dedi, 2001. Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah, Bandung: PT. Rafika Aditama.
  9. Hariwijaya, 2009. PAUD Melejitkan Potensi Anak dengan Pendidikan Sejak Dini, Yogyakarta: Mahardika Publicity.
  10. Idris, Chairani & Karim, Tasyrifin, 1995. Pedoman Pembinaan dan Pengembangan TKA/TPA, Jakarta: LPP TKA BKPRMI.
  11. Karim, Tasyrifn, 2004. Panduan Kurikulum dan Pengajaran TKA/TPA, Jakarta: LPPTKA BKPRMI Pusat.
  12. Kementerian Agama Kanwil Jabar, 2010. Petunjuk Teknis Pendirian dan Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan TKQ/TPQ/TQA di Lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat, Bandung: Kemenag Jabar.
  13. Mikkelsen, Britha, 1999. Metode Penelitian Partisipatoris dan Upaya-upaya Pemberdayaan: Sebuah Buku Pegangan Bagi Para Peneliti Lapangan, Jakarta: Yayasan Obor.
  14. Miles, Matthew B & Huberman, Michael A. 1992. Analisis Data Kualitatif . Jakarta: Universitas Indonesia Press.
  15. Moleong,Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT.Remaja Rosdakarya.
  16. Muhammad,Zuhaili. 2002. Pentingnya Pendidikan Islam Sejak Dini. Jakarta: AH Ba’adillah Press.
  17. Mulyana,Deddy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  18. Mulyati. 2005. Peranan Taman Pendidikan Al Qur’an TPA At Thohiriyah Klampok Kecamatan Purworejo Kabupaten Banjarnegara dalam Pembinaan Akhlak.Skripsi. UNNES.
  19. Purwanto, M Ngalim. 1993. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka.
  20. Shihab, M.Quraishal. 1992. Membumikan Al Qur’an. Bandung: Mizan
  21. Soekanto, Soerjono. 1990. Sosiologi Pendidikan, Bandung: Jenius
  22. Sujiono, Yuliani Nurani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta: PT Indeks.
  23. Sukmadinata, Nana Syaodihal. 2005. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  24. Syaodih, Ernawulan & Agusin, Mubiar. 2008. Bimbingan Konseling untuk Anak Usia Dini.Jakarta: Universitas Terbuka.
  25. Windi.2009.Kontribusi Taman Pendidikan Al Qur’an terhadap Pencapaian Kompetensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah dalam Baca Tulis Al Qur’an.Skripsi.UIN Syarif Hidayatullah
  26. Wiyani, Novan Ardy & Barnawi. 2012. Format PAUD. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Open Access Copyright (c) 2018 Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

View My Stats
apps