PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN AUD DENGAN MODIFIKASI PERMAINAN CONGKLAK

Hidayatu Munawaroh*  -  Unsiq Wonosobo, Indonesia

(*) Corresponding Author

This study aims to introduce the AUD Learning Model with Modification of Congklak Games that are Effective As a Child Development Stimulation Facility. This type of research is Development Research. Subjects were children of group B in RA in RA Perwanida Wonosobo. Research data collection method uses: Observation, Interview and Documentation. Data analysis in this study uses descriptive analysis with percentage validation data.

The results showed: AUD learning model with Congklak Game Modification was delivered through stories with the help of posters, singing together, question and answer, mentioning, drawing and playing Congklak according to the theme of using learning models with effective Congklak Game Modification. This effectiveness is indicated by a significance value greater than 0.05. This is supported by the results of calculationst.

 

Penelitian ini bertujuan untuk Menemukan Model Pembelajaran AUD dengan Modifikasi Permainan Congklak yang efektif Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak. Jenis penelitian adalah Penelitian Pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian adalah anak kelompok B di RA di RA Perwanida Wonosobo. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan:  Observasi, Wawancara dan Dokumentasi .Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan data validasi persentase.

Hasil penelitian menunjukkan: Model pembelajaran AUD dengan Modifikasi Permainan Congklak ini diantarkan melalui cerita dengan bantuan poster,menyanyi bersama,tanya jawab, menyebutkan, gambar dan bermain Congklak sesuai tema  model pembelajaran menggunakan dengan Modifikasi Permainan Congklak efektif. Keefektifan ini ditujukkan dengan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05. Hal ini didukung oleh hasil perhitungan t tes

Keywords: pendidikan, usia dini

  1. Ahmad Yunus. 1981, Permainan Rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Purwanto.. 2013, Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
  3. Putri Nourovita, Aulia Rifki. Efektivitas Permainan Tradisional Jawa dalam Meningkatkan Penyesuaian Sosial pada Anak Usia 4-5 tahun di Kecamatan Suruh ,(Early Childhood Education Papers ( Belia) 2. 2013) (1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia
  4. Samsudi. 2009, desain penelitian pendidikan. semarang: UNNES Press.
  5. Sugiyono , 2008, metode penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatfi, dn R&D. Bandung alfabeta,
  6. Sugiyono, 2008metode penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatfi, dn R&D. Bandung alfabeta.
  7. Sugiyono. Metode penelitian Pendidikan, pendekatan kualitatif, kuantitatif dan R & D. Bandung:
  8. Sukintaka. 1998. Teori Bermain untuk Pendidkan Jasmani. Yogyakarta: FPOK IKIP
  9. Thiagarajan, s,1974. Dan Others. intructional development for teacher of exceptional children. Bloomington: indiana university.

Open Access Copyright (c) 2019 Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

View My Stats
apps