FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT BERINVESTASI SUKUK

Lilis Yuliati*  -  University of Jember, Indonesia

(*) Corresponding Author

This study aims to analyze the interrelationship between risk factors and product attributes that affect the public interest in Islamic Sukuk invest SR001 and to know the appeal of an independent Islamic Bank Sukuk SR001 in selling by investors point of view. The method used in this study is a survey, while the sukuk investor respondens is SR 001, amounting to 100 people. The research was conducted by distributing questionnaires with Likert's scale. The analytical technique used is multiple regression. Based on the results of research and discussion that has been done can be concluded that the risk of investment and product islamic attributes positive effect on the public interest to invest, it is evident from the results of the test statistic, the test F and test T.

 

Keywords: investasi; minat; sukuk; atribut produk islami; BSM

  1. Brannen, Julia, Memadu Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, terj. Huktan Arfawie Kurde, dkk., Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan IAIN Antasari, 2002.
  2. Departemen Keuangan Republik Indonesia, Memorandum Informasi Sukuk Negara Ritel Seri SR 001, 2009, Departemen Keuangan Republik Indonesia, Jakarta.
  3. Departemen Keuangan Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah No. 57 tahun 2008 tentang Perusahaan Penerbit SBSN Indonesia, Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Departemen Keuangan Republik Indonesia.
  4. Engel, F. James, Roger D. Blackwell, dan Paul W. Miniard, Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Binarupa Aksara, 1994.
  5. Fakhruddin, Hendy M, Istilah Pasar Modal A-Z, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2008.
  6. Fauziah, Nur dan Adistien Fatma Setyarini, “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Yield Obligasi Perusahaan (Studi Kasus pada Industri Perbankan dan Industri Finansial),” Jurnal Siasat Bisnis, No. 9. Vol. 2, Jakarta, 2004.
  7. Ghozali, Imam, Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: UNDIP, 2001.
  8. Ghozali, Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbitan UNDIP, 2005.
  9. Hadi, Sutrisno, Metodologi Research 2, Yogyakarta: Andi Offset, 2001.
  10. Harnanto, “Survei Minat Siswa SLTP Negeri dan Swasta Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes terhadap Ekstrakurikuler Bola Voli Tahun Ajaran 2004/2005,” Skripsi, tidak dipublikasikan, Semarang: Universitas Negeri Semarang, Fakultas Ilmu Keolahragaan, 2006.
  11. Hartono, “Pertimbangan Return dan Risiko dalam Keputusan Investasi,” makalah disampaikan saat pengukuhan Prof. Dr. H. Hartono. M.S sebagai Guru Besar Universitas Sebelas Maret Surakarta 5 Maret 2010, diunduh pada web. http://pustaka.uns.ac.id/
  12. Hasbi, Teungku Muhammad ash-Shiddieqy, Koleksi Hadis-hadis Hukum, Jil. 7, Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2001.
  13. Husnan, Suad, Dasar-dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas, Yogyakarta: AMP YKPN, 2003.
  14. Iswardono, Uang dan Bank, Yogyakarta: BPFE, 1996.
  15. Jogiyanto, Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman, Yogyakarta: BPFE, 2004.
  16. Junusi, Rahman, “Pengaruh Atribut Produk Islam. Komitmen Agama. Kualitas Jasa dan Kepercayaan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah (pada Bank Muamalat Kota Semarang),” paper dipublikasikan pada acara The 9-th Annual Conference on Islamic Studies (ACIS), Surakarta: 2-5 November 2009.
  17. Koentjaraningrat, Metode-metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1994.
  18. Kotler, Phillip, Manajemen Pemasaran, edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Pearson Education Asia Pte. Ltd. dan PT. Prenhlmlindo.
  19. Kuncoro, Mudrajat, Metode Kuantitatif: Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Eko¬nomi, Yogyakarta: AMP YKPN, 2001.
  20. Lewis, Mervin K. dan Latifa M. Algaoud, Perbankan Syariah Prinsip. Praktik. dan Prospek, edisi terjemahan, Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2005.
  21. Moeliono, Anton M., dkk., Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1999.
  22. Muhadjir, Noeng, Metodologi Penelitain Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin, 2002.
  23. Muhaimin, “Korelasi Minat Belajar Pendidikan Jasmani terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani,” Skripsi, tidak diterbitkan, Semarang: IKIP, 1994.
  24. Muhamad, Dasar-dasar Keuangan Islami, Yogyakarta.: Ekonisia, 2004.
  25. Prawiro, Radius, Pergulatan Indonesia Membangun Ekonomi Pragmatisme dalam Aksi, ed. Revisi, Jakarta: Primamedia Pustaka. 2004.
  26. Rahman, Arif., Pilihan Investasi Paling Mak Nyuss, Yogyakarta: Media Pressindo, 2009.
  27. Ravallion, M., Poverty Comparisons, World Bank, 2001.
  28. Saparinah, dkk., Psikologi Olahraga: Buku Tuntunan, Jakarta: Depdikbud, 1982.
  29. Sekaran, Uma, Research Methods for Business, terj. Kwan Men Yon, Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Jakarta: Salemba Empat, 2006.
  30. Setyowati, Eni dan Siti Fatimah NH., “Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Investasi Dalam Negeri di Jawa Tengah Tahun 1980-2002,” Jurnal Ekonomi Pembangunan, Vol. 8, No. 1, 2007.
  31. Singarimbun, Masri dan Sofian Efendi, Metodologi Penelitian Survai, ed. Revisi. Jakarta: LP3ES, 1989.
  32. Sugiyono, Metodologi Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2008.
  33. Suliyanto, Metode Riset Bisnis, Yogyakarta: Andi Offset, 2006.
  34. Sumitro, Warkum, Asas-asas Perbankan Islam dan Lembaga-lembaga Terkait (BAMUI, Takaful dan Pasar Modal Syariah) di Indonesia, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004.
  35. Surat Pengumuman Hasil Penerbitan Sukuk Negara Ritel Seri SR 001 No. Peng-00162/BEI.PSU/02-2009. Departemen Keuangan Republik Inonesia.
  36. Syahyuti, “Review dari Sepuluh Penelitian tentang Berbankan Syariah,” 2005, data diakses dari http:// www.undip.co.id, tanggal 10 Maret 2010.
  37. Tim Penulis DSN MUI, Himpunan Fatwa Dewan Syariah Nasional, Jakarta: Intermasa, 2003.
  38. Umar, Husein, Metode Riset Bisnis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002.
  39. Undang-undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan.
  40. Undang-Undang Republik Indonesia No. 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah, pasal 20, ayat 1, poin e, pasal 24, ayat 1, poin b.
  41. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2008 tentang Surat Berharga Syariah Negara, Pasal 1, Ayat 1, 6, 7, 8 dan 9.
  42. Warde, Ibrahim, Islamic Finance In the Global Econimy, terj. Andriyadi Ramli. Islamic Finance: Keuangan Islam dalam Perekonomian Global, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
  43. Whiteringten, H. C., Psikologi Pendidikan. terj. M. Buchari, Jakarta: Aksara Baru, 1982.
  44. Widodo, Wahyudi, “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Obligasi Korporasi di Indonesia,” Skripsi, tidak diterbitkan, Bandar Lampung: Universitas Lampung, 2009.
  45. Wijaya, Krisna dan Djoko Retnadi, Konsolidasi Perbankan Nasional: Dari Rekapitalisasi Menuju Arsitektur Perbankan Indonesia (API), Jakarta: Masyarakat Profesional Madani, 2005.

Open Access Copyright (c) 2011 Lilis Yuliati
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
Institute for Research and Community Services (LP2M)
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Rectorate Building, 3rd Floor
Jl. Prof. Hamka - Kampus 3, Tambakaji Ngaliyan 50185, Semarang, Central Java, Indonesia
Email: walisongo@walisongo.ac.id

 

 
apps