Pengaruh Multimedia Interaktif Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Nur Samsiyah*  -  Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Madiun, Indonesia
Agil Fajar  -  Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Madiun, Indonesia

(*) Corresponding Author

Abstrak Bahasa Indonesia:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Multimedia Interaktif terhadap prestasi belajar siswa kelas IV tema 7. True Eksperimental design adalah metode yang digunakan pada penelitian ini. Faktor yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dikarenakan rendahnya prestasi belajar siswa kelas IV di SDN 01 Ploso pada tema 7. Jumlah siswa kels eksperimen di SDN 01 Ploso berjumlah 17 dan kelas kontrol SDN 02 Ploso berjumlah 17. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal tes pilihan ganda berjumlah 20 soal. Untuk pengumpulan data kelas kontrol dilaksanakan di SDN 02 Ploso. Setelah data hasil tes dianalisis menggunakan uji-t diperoleh Thitung 4.317 lebih besar dari 2.131 Ttabel. Rata-rata nilai kelas eksperimen berjumlah 81.76 sedangkan kelas kontrol berjumlah 66.18. Siswa yang lulus KKM pada kelas eksperimen lebih banyak setelah diterapkan multimedia interaktif sebanyak 16 siswa dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya 4 siswa, sehingga penggunaan multimedia interaktif berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

Abstrak in English:

This study aims to determine the effect of interactive multimedia on student achievement in grade IV theme 7. True experimental design is the method used in this study. The factor that encourages researchers to conduct research is due to the low learning achievement of grade IV students at SDN 01 Ploso on theme 7. The number of experimental class students at SDN 01 Ploso is 17 and the control class at SDN 02 Ploso is 17.Data collection techniques are carried out by providing selected test questions. doubles totaling 20 questions. The data collection for the control class was carried out at SDN 02 Ploso. After the data from the test results were analyzed using the t-test, it was obtained that tcount was 4.317 greater than 2.131 t table. The average score for the experimental class was 81.76, while the control class was 66.18. There were more students who passed the KKM in the experimental class after implementing interactive multimedia as many as 16 students compared to the control class which only 4 students, so the use of interactive multimedia had an effect on student achievement.

Keywords: multimedia interaktif, prestasi belajar, sekolah dasar, interactive multimedia, learning achievement, elementary school

  1. Azhari, A. (2015). Peran Media Pendidikan Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Siswa Madrasah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(1), 43.
  2. Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media dalam pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104-117.
  3. Siregar, R. (2018). Prinsip Dan Variasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) Rosmaimuna. Jurnal.Um-Tapsel, 1, 1–16.
  4. Molina et.al. 2018. “Evaluating multimedia learning materials in primary education using eye tracking”. Journal Computer Standards & Interfaces.
  5. Nopriyanti, N., & Sudira, P. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif kompetensi dasar pemasangan sistem penerangan dan wiring kelistrikan di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2).
  6. Sanusi, S., Suprapto, E., & Apriandi, D. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga di Sekolah Menengah Atas (SMA). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(2).
  7. Schneider et.al. 2018. A meta-analysis of how signaling affects learning with media. Journal Educational Research Review. Vol 1 no. 24.
  8. Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 187–200.
  9. Kurniawan. D. (2014). Pembelajaran Terpadu. Bandung : Alfabeta
  10. Mayer, R.E. 2014a. Cognitive Theory of Multimedia Learning in.R.E Mayer (Ed). The Cambridge Handbook of Multimedia Learning (pp 43-71).(2nd ed) Cambridge, MA: Cambridge University Press
  11. Munir. (2012). Multimedia Konsep dan Aplikasi Dalam Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
  12. Rosyid. M. Z, Mustajab, Abdullah. A. R. (2019). Prestasi Belajar. Batu : Literasi Nusantara.
  13. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung : Alfabeta
  14. Surjono, H. D. (2019). Multimedia Pembelajaran Interaktif. In UNY Pres, Vol. 1, Issue
  15. Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta : Kencana.
  16. Van Gog, T. 2014. The Signaling (or cueng) Principle in Multimedia Learning in.R.E Mayer (Ed). The Cambridge Handbook of Multimedia Learning (pp.263-278).(2nd ed) Cambridge, MA: Cambridge University Press
  17. Guslinda & Kurnia. R. 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: CV Jakad Publishing Surabaya.
  18. Julius. N & Ambiyar. 2016. Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Open Access Copyright (c) 2021 Nur Samsiyah, Agil Fajar
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Lisensi Creative Commons

All contents published in the Journal of Integrated Elementary Education are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps