Pengaruh Film Animasi Upin dan Ipin Terhadap Karakter Gotong Royong Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Nafia Wafiqni*  -  Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
Arizka Alycia  -  Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

(*) Corresponding Author

Abstrak Bahasa Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh film animasi Upin dan Ipin dalam menguatkan karakter gotong royong siswa kelas V. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan metode Survei. Alat pengumpulan data penelitian ini adalah angket dan foto dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana, dan koefisien determinasi. Setelah melalukan perhitungan diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) ialah 0,005 yang berarti bahwa pengaruh film animasi Upin & Ipin dalam menguatkan karakter gotong royong siswa kelas V MI Miftahul Falah hanya 0,5 persen. Hasil uji t-hitung lebih kecil dari t-tabel (0,487 lebih kecil dari 2,021). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa film animasi Upin & Ipin tidak mempunyai pengaruh yang signifikan dalam menguatkan karakter gotong royong siswa kelas V MI miftahul Falah.

 

Abstract in English

This study aims to determine all the major influences of the animated film Upin & Ipin in strengthening the character of mutual cooperation among class V students. The quantitative research approach used was the survey method. Collecting data using questionnaires and photo documentation. The data analysis used descriptive analysis, classical assumption test, simple regression analysis, and the coefficient of determination. After calculating the coefficient of determination (R2) is 0.005, which means that the effect of the animated film Upin & Ipin in strengthening the character of mutual cooperation among class V students of MI Miftahul Falah is only 0.5 percent. The result of t-count smaller than t-table (0.487 lebih kecil dari 2.021). It can be shown that the animated film Upin & Ipin does not have a significant effect in strengthening the character of mutual cooperation among class V MI miftahul Falah students.

Keywords: Upin & Ipin, Karakter Gotong Royong.

  1. Al Hakim, Amin., & Sofiyana, Dyah. (2019). Pemilihan Film Anak dan Kaitannya dengan Pendidikan Karakter. Paper presented at the National Conference of Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN), Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia.
  2. Batubara, Hamdan Husein. 2020. Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fata Publishing.
  3. Batubara, Hamdan Husein, and Delila Sari Batubara. 2020. “Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona.” Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 5(2):74–84.
  4. Djihadah, Nuryati. 2020. “Kecerdasan Emosional Dan Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Aplikasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di Madrasah.” Jurnal Pendidikan Madrasah 5(1):1–10.
  5. Wahyuni, Ida Windi, and Ary Antony Putra. 2020. “Kontribusi Peran Orangtua Dan Guru Dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5(1):30–37.
  6. Kadji, Yulianto. (2016). Metode Penelitian Ilmu Administrasi. Yogyakarta: Deepublish.
  7. Pieter, Herri dan Namora Lubis. 2010. Pengantar Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  8. Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana.
  9. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
  10. Suroko Arif & Muktiyo Widodo. (2018, 21-22 April). Film As A Communication Strategy In The Learning Process Of Children Character Strengthening In The Digital Era. Paper presented at International Conference of Child-Friendly Education. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia.
  11. Suryameng. (2019). Pendampingan Dialogis Orangtua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (2), November 2019, e-ISSN 2621-4016.
  12. Susilo, Budi. (2019, 29 Juli). Dampak Positif Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Tumbuh Kembang Anak. Paper presented at National Conference of Results of Community Service 2019 SINDIMAS 2019, STMIK Pontianak, Indonesia.
  13. Rangkuti, Anna. (2017). Statistika Inferensial untuk Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
  14. Ubaya Universitas Surabaya. (17/07/2012). APA Style. Reference list: Electronic sources (web publications). Dikutip dari http://www.ubaya.ac.id/2013/content/articles_detail/44/Memanfaatkan-Berbagai-Media-untuk-Pendidikan-Karakter.html pada tanggal 16 Juli 2020.
  15. Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Open Access Copyright (c) 2021 Nafia Wafiqni, Arizka Alycia
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Lisensi Creative Commons

All contents published in the Journal of Integrated Elementary Education are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps