The Role of Women Ulama in Da'wah in Islamic Boarding Schools

Authors

  • Islamiatur Rohmah UIN Sunan Kalijaga
  • Siti Rohmah UIN Walisongo Semarang
  • Fathimah Nadia Qurrota A'yun Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.21580/mz.v2i2.14274

Abstract

Women have the same role in da’wah, but many people still think that women are not too focused on da’wah because outemluan speaking in public is considered a perpetual thing. This article aims to describe the role of female ulama in da’wah in Islamic boarding schools. The method used is descriptive qualitative method. The results of this study indicate the role of female clerics in da’wah in Islamic boarding schools as managers, educators, teachers, motivators and uswatun hasanah.

***

Perempuan memiliki peran yang sama dalam berdakwah, namun masih banyak orang yang beranggapan bahwa perempuan tidak terlalu berperan dalam dakwah karena perempuan yang berbicara di depan publik dinggap sebagai hal yang tabuh. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran ulama perempuan dalam dakwah di pesantren. Adapun metode yang digunakan yaitu metode kualitatif deskripsif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, peran ulama perempuan dalam dakwah di pondok pesantren sebagai manajer, pendidik, pengajar, motivator dan uswatun hasanah.

Keyword : women’s roles, da’wah, pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Taufik. 1996. Sejarah Lokal di Indonesia: Kumpulan Tulisan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Burhanuddin, Jajat. 2002.Ulama Perempuan Indonesia. Jakarta: Gramedia PustakaUtama

Djuwita, Warni. 2004. Potret Ulama Perempuan di Pulau Lombok. Jurnal Ilmuna. Vol.1, No.1

Enung Asmaya. 2009.Modernitas dan Tantangan terhadap Pelaksanaan Dakwah, Jurnal Dakwah dan Komunikasi, Vol.3. No.1 Januari-Juni

Fauziah, Yayuk. 2019. Ulama Perempuan dan Dekonstruksi Fiqih Patriarkis, Islamica: Jurnal Studi Keislaman 5, No. 1, September

Fauzi, Imron. 2012. Manajemen Pendidikan Ala Rasulullah. Jurnal Dakwah Alaudiin Vol I No 2 Desember

Fatahyasin, A. 2008. Dimensi- Dimensi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Sukses Offset

Kahmad, Dadang. 2006. Sosiologi Agama, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Indriati Anisah, 2014. Ulama Perempuan di Panggung Pendidikan: Menelursuri Kiprah Nyai

Hj. Nok Yam Suyami Temanggung. Jurnal Pendidikan Islam Vol III no 2 Desember

Moleong, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Mas’ud, A. 2004. Intelektual Pesantren Perhelatan Agama dan Tradisi. Yogyakarta: Lkis.

Qadri, Usman. 2010. Wanita di Mata Nabi: Tipe Manakah Anda?. Yogyakarta: Madania.

Rizal Syamsul. 2020. Perempuan dalam Dakwah. Jurnal ojsdiniyah Vol 5 no 1 Desember

Susilawati Dwi dalam Siti Hariti Sastriyani. 2008. Women in Public Sector (Perempuan di Sektor Publik). Yogyakarta :Tiara Wacana

Soerjono Soekanto, 2009. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press

Taher, Thahroni. 2013. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Wulpiah. 2018. Menelaah Kepemimpinan Perempuan di Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja. Jurnal Noura Vol I No 2 Juni

Yasin, Fatah. 2006. Dimensi- Dimensi Pendidikan Islam. Surabaya: Rosdakarya

Zamakhsyari. 2015 Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3S

Downloads

Published

2023-01-05