The Role of Women Ulama in Da'wah in Islamic Boarding Schools

Islamiatur Rohmah  -  UIN Sunan Kalijaga, Indonesia
Siti Rohmah  -  UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Fathimah Nadia Qurrota A'yun*  -  Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Women have the same role in da’wah, but many people still think that women are not too focused on da’wah because outemluan speaking in public is considered a perpetual thing. This article aims to describe the role of female ulama in da’wah in Islamic boarding schools. The method used is descriptive qualitative method. The results of this study indicate the role of female clerics in da’wah in Islamic boarding schools as managers, educators, teachers, motivators and uswatun hasanah.

***

Perempuan memiliki peran yang sama dalam berdakwah, namun masih banyak orang yang beranggapan bahwa perempuan tidak terlalu berperan dalam dakwah karena perempuan yang berbicara di depan publik dinggap sebagai hal yang tabuh. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran ulama perempuan dalam dakwah di pesantren. Adapun metode yang digunakan yaitu metode kualitatif deskripsif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, peran ulama perempuan dalam dakwah di pondok pesantren sebagai manajer, pendidik, pengajar, motivator dan uswatun hasanah.

Keyword : women’s roles, da’wah, pesantren.

  1. Abdullah, Taufik. 1996. Sejarah Lokal di Indonesia: Kumpulan Tulisan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
  2. Burhanuddin, Jajat. 2002.Ulama Perempuan Indonesia. Jakarta: Gramedia PustakaUtama
  3. Djuwita, Warni. 2004. Potret Ulama Perempuan di Pulau Lombok. Jurnal Ilmuna. Vol.1, No.1
  4. Enung Asmaya. 2009.Modernitas dan Tantangan terhadap Pelaksanaan Dakwah, Jurnal Dakwah dan Komunikasi, Vol.3. No.1 Januari-Juni
  5. Fauziah, Yayuk. 2019. Ulama Perempuan dan Dekonstruksi Fiqih Patriarkis, Islamica: Jurnal Studi Keislaman 5, No. 1, September
  6. Fauzi, Imron. 2012. Manajemen Pendidikan Ala Rasulullah. Jurnal Dakwah Alaudiin Vol I No 2 Desember
  7. Fatahyasin, A. 2008. Dimensi- Dimensi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Sukses Offset
  8. Kahmad, Dadang. 2006. Sosiologi Agama, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  9. Indriati Anisah, 2014. Ulama Perempuan di Panggung Pendidikan: Menelursuri Kiprah Nyai
  10. Hj. Nok Yam Suyami Temanggung. Jurnal Pendidikan Islam Vol III no 2 Desember
  11. Moleong, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
  12. Mas’ud, A. 2004. Intelektual Pesantren Perhelatan Agama dan Tradisi. Yogyakarta: Lkis.
  13. Qadri, Usman. 2010. Wanita di Mata Nabi: Tipe Manakah Anda?. Yogyakarta: Madania.
  14. Rizal Syamsul. 2020. Perempuan dalam Dakwah. Jurnal ojsdiniyah Vol 5 no 1 Desember
  15. Susilawati Dwi dalam Siti Hariti Sastriyani. 2008. Women in Public Sector (Perempuan di Sektor Publik). Yogyakarta :Tiara Wacana
  16. Soerjono Soekanto, 2009. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press
  17. Taher, Thahroni. 2013. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  18. Wulpiah. 2018. Menelaah Kepemimpinan Perempuan di Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja. Jurnal Noura Vol I No 2 Juni
  19. Yasin, Fatah. 2006. Dimensi- Dimensi Pendidikan Islam. Surabaya: Rosdakarya
  20. Zamakhsyari. 2015 Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3S

Munazzama: Journal of Islamic Management and Pilgrimage
Published by Department of Islamic Management and Pilgrimage (MD-MHU)
Faculty of Da'wa and Communication UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 857-4001-1198 (Kurnia Muhajarah)
Website: https://fakdakom.walisongo.ac.id/

ISSN: 2808-7577  (Print)
ISSN: 2808-7496  (electronic/online version)


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 
apps