The Role of Women Ulama in Da'wah in Islamic Boarding Schools
DOI:
https://doi.org/10.21580/mz.v2i2.14274Abstract
Women have the same role in da’wah, but many people still think that women are not too focused on da’wah because outemluan speaking in public is considered a perpetual thing. This article aims to describe the role of female ulama in da’wah in Islamic boarding schools. The method used is descriptive qualitative method. The results of this study indicate the role of female clerics in da’wah in Islamic boarding schools as managers, educators, teachers, motivators and uswatun hasanah.
***
Perempuan memiliki peran yang sama dalam berdakwah, namun masih banyak orang yang beranggapan bahwa perempuan tidak terlalu berperan dalam dakwah karena perempuan yang berbicara di depan publik dinggap sebagai hal yang tabuh. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran ulama perempuan dalam dakwah di pesantren. Adapun metode yang digunakan yaitu metode kualitatif deskripsif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, peran ulama perempuan dalam dakwah di pondok pesantren sebagai manajer, pendidik, pengajar, motivator dan uswatun hasanah.
Keyword : women’s roles, da’wah, pesantren.
Downloads
References
Abdullah, Taufik. 1996. Sejarah Lokal di Indonesia: Kumpulan Tulisan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Burhanuddin, Jajat. 2002.Ulama Perempuan Indonesia. Jakarta: Gramedia PustakaUtama
Djuwita, Warni. 2004. Potret Ulama Perempuan di Pulau Lombok. Jurnal Ilmuna. Vol.1, No.1
Enung Asmaya. 2009.Modernitas dan Tantangan terhadap Pelaksanaan Dakwah, Jurnal Dakwah dan Komunikasi, Vol.3. No.1 Januari-Juni
Fauziah, Yayuk. 2019. Ulama Perempuan dan Dekonstruksi Fiqih Patriarkis, Islamica: Jurnal Studi Keislaman 5, No. 1, September
Fauzi, Imron. 2012. Manajemen Pendidikan Ala Rasulullah. Jurnal Dakwah Alaudiin Vol I No 2 Desember
Fatahyasin, A. 2008. Dimensi- Dimensi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Sukses Offset
Kahmad, Dadang. 2006. Sosiologi Agama, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Indriati Anisah, 2014. Ulama Perempuan di Panggung Pendidikan: Menelursuri Kiprah Nyai
Hj. Nok Yam Suyami Temanggung. Jurnal Pendidikan Islam Vol III no 2 Desember
Moleong, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Mas’ud, A. 2004. Intelektual Pesantren Perhelatan Agama dan Tradisi. Yogyakarta: Lkis.
Qadri, Usman. 2010. Wanita di Mata Nabi: Tipe Manakah Anda?. Yogyakarta: Madania.
Rizal Syamsul. 2020. Perempuan dalam Dakwah. Jurnal ojsdiniyah Vol 5 no 1 Desember
Susilawati Dwi dalam Siti Hariti Sastriyani. 2008. Women in Public Sector (Perempuan di Sektor Publik). Yogyakarta :Tiara Wacana
Soerjono Soekanto, 2009. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press
Taher, Thahroni. 2013. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Wulpiah. 2018. Menelaah Kepemimpinan Perempuan di Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja. Jurnal Noura Vol I No 2 Juni
Yasin, Fatah. 2006. Dimensi- Dimensi Pendidikan Islam. Surabaya: Rosdakarya
Zamakhsyari. 2015 Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3S