The Effect Of Problem Based Learning On The Motivation Of Learning Islamic Religious Education In Junior High School

ulul albab, fatmawati nur hasanah

Abstract


This quantitative study aims to determine the effectiveness of Problem Based Learning on the motivation to learn Islamic Religious Education. This study involved seventh grade students of SMP Negeri 1 Bawang. The results showed that the Problem Based Learning model had an effect on PAI learning motivation by 45.6% of seventh grade students of SMP Negeri 1 Bawang. Based on the research results, Problem Based Learning makes students actively involved, effective, and fun. Problem Based Learning learning model can provide motivation of students for maximum learning outcomes in PAI subjects

Full Text:

PDF PDF PDF

References


Emzir. Metedologi Pendidikan: Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Press. 2013

Tanjung, A.M. Jalan Sukses Menuju Pendidi Profesional. Padang. 2017

H. Asis Saefudin, dan Ika Berdiati, Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdajaksa. 2016

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kumulatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Cet.XXVI. 2017

Usman, M & Nurhidaya, M. Pengaruh Penguasaan Psikologi Pembelajaran Terhadap Peningkatan Kompetensi Pendidikan Agama Islam. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam. 2 (02),191-199. 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Announcement

-------------------------------------------------------------------------------------------

Pemberitahuan

 

Penerimaan artikel untuk volume tahun 2022 masih terbuka hanya untuk edisi bulan April Silahkan kirim artikel sebelum tanggal 28 Maret 2022. Artikel yang dikirim tidak sesuai ketentuan jurnal akan langsung ditolak. Artikel yang masuk akan dilakukan proses review terlebih dahulu, dan revisi penulis, lalu diterbitkan.

Penulis yang telah mengirimkan artikelnya terus memantau status artikelnya melalui web OJS dengan login menggunakan akun yang telah diregistraskan sebelumnya. Penulis merevisi artikelnya diberi waktu paling lama 1 bulan. Apabila naskah tidak direvisi sesuai waktu tersebut, maka akan langsung direject.

 
Posted: 2020-10-10More...
 

Call For Paper

 

Kami mengundang dosen, guru, mahasiswa, praktisi pendidikan untuk mengirimkan artikel yang dimuat pada Jurnal Kami.

  1. Volume 1 Nomor 1 : April (Batas submit 28 Maret ) 
  2. Volume 1 Nomor 2 : Oktober (Batas submit 28 September) 


Prodi Pendidikan Profesi Guru 

Fakultas Ilmu Tarbiah dan Keguruan

Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang