Penerapan Algoritma Floyd Warshall pada Sistem Informasi Puskesmas Kabupaten Karanganyar

Retno Tri Vulandari*  -  STMIK Sinar Nusantara Surakarta, Indonesia
Muhammad Hasbi  -  STMIK Sinar Nusantara Surakarta, Indonesia
Bayu Tristanto  -  STMIK Sinar Nusantara Surakarta, Indonesia

(*) Corresponding Author

Karanganyar adalah sebuah Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Karanganyar mempunyai Pusat Kesehatan Tingkat Pertama yaitu 21 puskesmas yang tersebar di beberapa kelurahan untuk menjangkau masyarakat sebagai sarana kesehatan tingkat pertama. Masyarakat khususnya para pendatang baru yang belum mengetahui lokasi puskesmas di Kabupaten Karanganyar hal ini akan menjadi kendala, sebab luasnya wilayah, lalu lintas yang padat bagi yang belum hafal rute di daerah Kabupaten Karanganyar akan menimbulkan kebingungan untuk menentukan rute perjalanan menuju puskesmas karena tidak tersedia visualisasi tempat, jarak antara puskesmas yang akan dilalui. Maka akan dicari cara untuk membantu mencari lokasi puskesmas di Kabupaten Karanganyar supaya informasi yang di cari lebih cepat di dapat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempermudah menemukan dimana letak lokasi puskesmas itu berada dan mampu mempermudah dan memberi akses pada masyarakat yang membutuhkan pencarian lokasi puskesmas di Kabupaten Karanganyar. Metode penelitian yang digunakan dalam pembuatan sistem ini adalah algoritma Floyd-Warshall, dan membutuhkan data melalui pengambilan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar dan observasi langsung mengunakan bantuan media internet serta implementasi ini menggunakan php, MySql server, web, domain dan hosting sebagai sarana pembuatan sistem.        Hasil dari penelitian ini berupa rute terdekat yang terhubung dengan Map Google, yaitu informasi letak lokasi puskesmas dan node-node yang tersebar di Kabupaten Karanganyar yang dapat dimanfaatkan masyarakat dalam mencari lokasi puskesmas di Kabupaten Karanganyar.

Kata kunci: sistem informasi puskesmas, algoritma Floyd Warshall, rute terdekat.

  1. Ammar, C., & Suprapto, H. (2015). Penerapan Algoritma Floyd Warshall dalam Pencarian Rute Terpendek dan Tercepat pada Studi Kasus di Singapura Hingga Thailand Selatan berbasis Android. Jurnal Ilmiah Informatika Dan Komputer, 20(2), 85–100.
  2. Anisiyah, W., Agus, F., & Hamdani. (2011). Penentuan Rute Terpendek Menuju Pusat Kesehatan Menggunakan Metode Dijkstra berbasis Web-GIS. Jurnal Informatika Mulawarman, 6(3), 126–131.
  3. Bellina, B. (2017). Kualitas Pelayanan Kesehatan oleh Puskesmas di Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 3(3), 115–125.
  4. Cholifah, W. N., Yulianingsih, & Sagita, S. M. (2018). Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action dan Strategi berbasis Android dengan Teknologi Phonegap. Jurnal String, 3(2), 206–210.
  5. Daniel, F., Prida, & Tadeo, L. (2019). Teori Graf. Yogyakarta: Deepublish.
  6. Darnita, Y., Toyib, R., & Rinaldi. (2017). Implementasi Algoritma Floyd Warshall untuk Menentukan Letak dan Lokasi Perusahaan Travel/Rental Mobil di Kota Bengkulu. Jurnal Pseudocode, 4(2), 144–156.
  7. Konli, S. (2014). Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Desa Gunawan Kecamatan Sesayap Kab Tana Tidung. eJoournal Ilmu Pemerintahan, 2(1), 10–15.
  8. Marsudi. (2016). Teori Graf. Malang: Universitas Brawijaya Press.
  9. Nugraha, D. W., Amriana, & Arif, A. (2020). Implementasi Algoritma Floyd Warshall pada Pencarian Lokasi Agen Bus , Tour Travel , dan Rental Mobil berbasis Android. Jurnal Sains, Aplikasi, Komputasi Dan Teknologi Informasi, 2(2), 41–51.
  10. Sugiharni, G. A. D. (2018). Pengujian Validitas Konten Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Model Creative Problem Solving. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 88–95.

Open Access Copyright (c) 2021 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Published by Mathematic and Mathematic Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: square@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-609X (Print)
ISSN: 2714-5506 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps