PENERAPAN ARSITEKTUR INDUSTRIAL PADA PERANCANGAN STUDIO “ILUSTRASEE” DI SEMARANG

Maulin Niama*  -  Program Studi Ilmu Seni dan Arsitektur, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author

Desain Studio Ilustrasee memiliki potensi besar sebagai pasar ilustrasi di Indonesia. Adapun permasalahan yang hadir dari Studio Ilustrasee ialah bagaimana merencanakan dan merancang studio ilustrasi yang nyaman untuk illustrator juga bagaimana merencanakan dan merancang studio ilustrasi dengan konsep arsitektur industrial. Didesainnya Studio Ilustrasi di Semarang ini bertujuan untuk merencanakan dan merancang studio ilustrasi yang nyaman bagi ilustrator dengan konsep arsitektur industrial yang sesuai dengan fungsi perancangannya, dimana ilustrator dapat bekerja, belajar, maupun rehat dan relaksasi dari berbagai aktivitas. Selain itu, dirancangnya studio ini juga bertujuan untuk memperkenalkan dunia ilustrasi ke masyarakat lewat ruang pameran karya ilustrator. Data didapatkan dari studi literatur, studi kasus, juga wawancara. Pengolahan data membahas mengenai berbagai analisis, yakni analisis tapak, fungsi bangunan, pengguna, ruang, bentuk, struktur, sampai utilitas yang berpedoman pada arsitektur industrial. Dan dari analisis tersebut menghasilkan sintesis atau konsep meliputi konsep tema, konsep bentuk, konsep tapak, konsep fungsi, konsep ruang, sampai dengan konsep utilitas.

Keywords: studio; ilustrasi; industrial; Semarang

  1. Adi, A. R (2017). Kajian konsep ekologis pada gedung perpustakaan pusat UGM. Jurnal Atrium. Vol. 3, No. 1, Mei 2017, 69-83
  2. Aulia, D. N. (2005). Permukiman yang berwawasan lingkungan. Jurnal Sistem Teknik Industri Volume 6, No. 4, 1-5.
  3. Chan, A., & Chow, T. (2014). Calculation of overall thermal transfer value for commercial buildings constructed with naturally ventilated double skin Facade in subtropical Hong Kong. Energy and Buildings, 69, 14-21.
  4. Ching, F. D. K. (2007). Architecture - Form, Space and Order 3rd Edition. Erlangga.
  5. Hamdani, Larastika Nur, Dadi Hantono. 2021. Kajian Arsitektur Industrial Pada Bangunan Hotel (Studi Kasus: Chara Hotel, Bandung). Jurnal Modul, Vol. 21 No. 1.
  6. Istiani, N. F. F. (2022). Analisis dan Pemetaan Integrasi Spasial pada Konteks Shrinking Cities berdasarkan Fitur Street Network, Space Syntax. Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia, 11(2), 56–63.
  7. Jevremovic, L., Vasic, M., & Jordanovic, M. 2012. Aesthetic of Industrial Architecture in the Context of Industrial Buildings Conversion. International Symposium.
  8. Loekita, S. (2006). Analisis konservasi energi melalui selubung bangunan. Dimensi Teknik Sipil, 8, 93-98.
  9. Moenaf, Fariz Roestam. 2009. Living in Harmon: Jati Diri, Ketekunan, dan Norma. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
  10. Pangerang, Syafrian Adiguna, La Ode Abdul Syukur. 2016. Perencanaan Studio Desain Komunikasi Visual dengan Pendekatan Gaya Arsitektur Futuristik di Kendari. Jurnal Garis, Volume 1 No. 2.
  11. Sholahuddin, M. (2007). Setting Ruang dan Pengaruhnya Terhadap Aksesibilitas Para Penyandang Cacat Tubuh di Pusat Rehabilitasi Yakkum Yogyakarta.
  12. Soedarso, SP. 1990. Tinjauan Seni: Sebuah Pengantar untuk Apresiasi Seni. Yogyakarta: Saku Dayar Sana.
  13. Wang, Jie, Gabriella M., Cheng F.Z. 2019. Applied Research on Semiotics in Industrial Style Interior Design, International Journal for Engineering and Information Sciences, Vol. 14 No. 1.
  14. Widigdo C. W., & Canadarma, I. K. (2008). Pendekatan ekologi pada rancangan arsitektur sebagai upaya mengurangi pemanasan global. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Hidup.
  15. Yudhanta, W. C. (2018). Pengaruh Konfigurasi dan Visibilitas Ruang Pada Aksesibilitas - Studi Kasus pada Kawasan XT Square Yogyakarta

Open Access Copyright (c) 2023 Journal of Islamic Art and Architecture (JIAA)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Ilmu Seni dan Arsitektur Islam
Fakultas Ushuluddin dan Humaniora
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Indonesia

apps