Sharia insurance marketing strategy during the Covid-19: PT Prudential life assurance Rembang
DOI:
https://doi.org/10.21580/jiemb.2021.3.2.11701Keywords:
Asuransi, Syariah, Prudential Life, SWOTAbstract
Asuransi diartikan sebagai suatu jaminan yang diberikan kepada setiap orang agar terlindung dari risiko – risiko yang akan diderita jika terjadi kejadian yang tidak terduga yang dimaksudkan Judul diatas menguraikan tentang bagaimana strategi pemasaran yang digunakan oleh PT Prudential Life Assurance cabang Rembang sebagai bisnis asuransi yang baru yaitu asuransi berbasis syariah, agar dapat meningkatkan pemasaran di PT Prudential Life Assurance di masa pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, bahwa penjualan produk asuransi mengalami penurunan. Penurunan tersebut dapat terjadi karena kurangnya analisis terhadap perubahan lingkungan pasar. Analisis SWOT dilakukan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman di PT Prudential Life Assurance cabang Rembang. Setelah mengetahui analisis SWOT PT Prudential Life Assurance cabang Rembang dapat meningkatkan strategi pemasarannya yang kemudian oleh perusahaan dapat diterapkan. Melalui pelatihan dan bersertifikasi seorang tenaga pemasar dituntut untuk memasarkan produk berbasis syariah dengan memperkenalkan produk baru tersebut kepada masyarakat dan mengajak calon nasabah untuk berasuransi yang bersyariah.
Downloads
References
Awwaliyah, N. M. A. Al, Djaelani, A. K., & Rahman, F. (2019). Pengaruh Pendapatan Premi, Hasil Underwriting, Beban Operasional Dan Hasil Investasi Terhadap Laba Pada Perusahaan Asuransi Umum Yang Terdaftar Di BEI Periode Tahun 2017-2019 Oleh: E – Jurnal Riset Manajemen, 123–134.
Damayanti, E. N., & Kuswanto, H. (2019). Analisis Risiko Pada Return Saham Perusahaan Asuransi Menggunakan Metode VaR dengan Pendekatan ARMA-GARCH. Jurnal Matematika, Statistika & Komputasi, 16(1), 40–50. https://doi.org/10.20956/jmsk.v
Hasan, R., Ahmad, A. U. F., & Nordin, H. Bin. (2018). Evaluation of Takāful Operators’ Efforts in Realising Maqasid Al- Sharīʿah. Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 3(2), 397–413. https://doi.org/10.21098/jimf.v3i2.897
Kotler, P. dan K. L. K. (2014). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Möhlmann, A. (2021). Interest rate risk of life insurers : Evidence from Accounting Data. Financial Management, 50, 587–612. https://doi.org/10.1111/fima.12305
Nababan, M., Mangantar, M., & Maramis, J. B. (2019). Dampak Inflasi, Suku Bunga, Struktur Modal Terhadap Risiko Bisnis, Return Saham Asuransi Di BEI. Jurnal EMBA, 7(4), 4639–4650.
Nur, F., Samalam, A., Mangantar, M., Saerang, I. S., Ekonomi, F., Bisnis, D., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2018). Pengaruh Return on Asset, Return on Equity Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Asuransi Di Bei Periode 2012-2016. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3863–3872. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21912
Robbyah, A. S., Mubarok, F. K., El Junusi, R., & Wahyudi, R. (2021). Analysis of the Return and Risk of Investment in Insurance Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. At-Taqaddum, 13(1), 57–72. https://doi.org/10.21580/at.v13i1.8949
Rustamunadi, & Amaliah, S. (2020). Pengaruh Hasil Investasi Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah di Indonesia (Studi pada Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Periode 2014-2018_. Jurnal Syar’Ínsurance, 6(2), 105–124.
Sena, C. M. K., & Suherman. (2021). Tanggung Jawab Hukum Perjanjian Asuransi Jiwa Unit Link di PT. Prudential Life Assurance Jakarta Christine. Wajah Hukum, 5(1), 61–69. https://doi.org/10.33087/wjh.v5i1.342
Suryani, T. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet Implikasinya pada Strategi Pemasaran (Cetakan I). Graha Ilmu.
Suyatna, N. (2021). Pengaruh PSAK 108 , Produk Unit Linked terhadap Asumsi Going Concern Perusahaan Asuransi Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(02), 908–916.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).