Sharia insurance marketing strategy during the Covid-19: PT Prudential life assurance Rembang

Rully Diyah Arum Sari*  -  Universitas Terbuka Semarang, Indonesia
Ferry Khusnul Mubarok  -  Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Yuli Haryati  -  Universitas Terbuka Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Asuransi diartikan sebagai suatu jaminan yang diberikan kepada setiap orang agar terlindung dari risiko – risiko yang akan diderita jika terjadi kejadian yang tidak terduga yang dimaksudkan Judul diatas menguraikan tentang bagaimana strategi pemasaran yang digunakan oleh PT Prudential Life Assurance cabang Rembang sebagai bisnis asuransi yang baru yaitu asuransi berbasis syariah, agar dapat meningkatkan pemasaran di PT Prudential Life Assurance di masa pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, bahwa penjualan produk asuransi mengalami penurunan. Penurunan tersebut dapat terjadi karena kurangnya analisis terhadap perubahan lingkungan pasar. Analisis SWOT dilakukan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman di PT Prudential Life Assurance cabang Rembang. Setelah mengetahui analisis SWOT PT Prudential Life Assurance cabang Rembang dapat meningkatkan strategi pemasarannya  yang kemudian oleh perusahaan dapat diterapkan. Melalui pelatihan dan bersertifikasi seorang tenaga pemasar dituntut untuk memasarkan produk berbasis syariah dengan memperkenalkan produk baru tersebut kepada masyarakat dan mengajak calon nasabah untuk berasuransi yang bersyariah.

Keywords: Asuransi, Syariah, Prudential Life, SWOT

  1. Awwaliyah, N. M. A. Al, Djaelani, A. K., & Rahman, F. (2019). Pengaruh Pendapatan Premi, Hasil Underwriting, Beban Operasional Dan Hasil Investasi Terhadap Laba Pada Perusahaan Asuransi Umum Yang Terdaftar Di BEI Periode Tahun 2017-2019 Oleh: E – Jurnal Riset Manajemen, 123–134.
  2. Damayanti, E. N., & Kuswanto, H. (2019). Analisis Risiko Pada Return Saham Perusahaan Asuransi Menggunakan Metode VaR dengan Pendekatan ARMA-GARCH. Jurnal Matematika, Statistika & Komputasi, 16(1), 40–50. https://doi.org/10.20956/jmsk.v
  3. Hasan, R., Ahmad, A. U. F., & Nordin, H. Bin. (2018). Evaluation of Takāful Operators’ Efforts in Realising Maqasid Al- Sharīʿah. Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 3(2), 397–413. https://doi.org/10.21098/jimf.v3i2.897
  4. Kotler, P. dan K. L. K. (2014). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
  5. Möhlmann, A. (2021). Interest rate risk of life insurers : Evidence from Accounting Data. Financial Management, 50, 587–612. https://doi.org/10.1111/fima.12305
  6. Nababan, M., Mangantar, M., & Maramis, J. B. (2019). Dampak Inflasi, Suku Bunga, Struktur Modal Terhadap Risiko Bisnis, Return Saham Asuransi Di BEI. Jurnal EMBA, 7(4), 4639–4650.
  7. Nur, F., Samalam, A., Mangantar, M., Saerang, I. S., Ekonomi, F., Bisnis, D., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2018). Pengaruh Return on Asset, Return on Equity Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Asuransi Di Bei Periode 2012-2016. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3863–3872. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21912
  8. Robbyah, A. S., Mubarok, F. K., El Junusi, R., & Wahyudi, R. (2021). Analysis of the Return and Risk of Investment in Insurance Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. At-Taqaddum, 13(1), 57–72. https://doi.org/10.21580/at.v13i1.8949
  9. Rustamunadi, & Amaliah, S. (2020). Pengaruh Hasil Investasi Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah di Indonesia (Studi pada Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Periode 2014-2018_. Jurnal Syar’Ínsurance, 6(2), 105–124.
  10. Sena, C. M. K., & Suherman. (2021). Tanggung Jawab Hukum Perjanjian Asuransi Jiwa Unit Link di PT. Prudential Life Assurance Jakarta Christine. Wajah Hukum, 5(1), 61–69. https://doi.org/10.33087/wjh.v5i1.342
  11. Suryani, T. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet Implikasinya pada Strategi Pemasaran (Cetakan I). Graha Ilmu.
  12. Suyatna, N. (2021). Pengaruh PSAK 108 , Produk Unit Linked terhadap Asumsi Going Concern Perusahaan Asuransi Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(02), 908–916.

Open Access Copyright (c) 2021 Rully Diyah Arum Sari
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Islamic Economics Management and Business (JIEMB)
Department of Master of Sharia Economics, Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia

Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 852-2007-5758
Website: https://febi.walisongo.ac.id/
Email: jiemb@walisongo.ac.id 

ISSN: 2721-0197 (Print)
ISSN: 2721-0324 (Online)
DOI : 10.21580/jiemb

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License 

apps