Social and Parenting Dynamics of Deaf Adolescents in Semarang: An Empirical Study

Authors

  • Dewi Nabela Sofya El-Fikri Department of Psychology, Universitas Islam Negeri Walisongo
  • Apriya Sani Maulina Department of Psychology, Universitas Islam Negeri Walisongo
  • Adinda Ratu Kencana Asri Department of Psychology, Universitas Islam Negeri Walisongo
  • Irma Masfia Department of Psychology, Universitas Islam Negeri Walisongo
  • Zulfa Fahmi Department of Psychology, Universitas Islam Negeri Walisongo

DOI:

https://doi.org/10.21580/jagc.2024.5.1.21256

Keywords:

Remaja Tunarungu, Pola Asuh, Interaksi Sosial

Abstract

Purpose - This study aims to understand the level of interaction and implementation of parenting patterns that can affect the lives of deaf teenagers. 

Method - In this study, the researcher uses a qualitative method with a case study and exploratory-descriptive approach. The research was conducted from February-April 2024. Data collection techniques include interviews, observations, and documentation. The analysis techniques consist of data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. 

Result - This study highlights the importance of social interaction and parenting patterns for deaf teenagers. It was found that awareness of the subject's condition begins from birth, with the main challenges in communication and environment. Parents tend to apply authoritative and democratic parenting styles. Communication with other deaf individuals uses sign language, while communication with family members or individuals without special needs uses spoken language. The subject's skills such as sewing, pantomiming, and painting can boost their self-confidence and enhance their social interaction skills by participating in competitions related to their skills. 

Originality - This research reinforces the findings on social interaction of deaf teenagers with individuals without special needs, as well as the independent parenting patterns applied by parents to deaf teenagers with special needs.

***

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk memahami tingkat interaksi serta implementasi pola asuh orangtua yang dapat mempengaruhi kehidupan remaja tunarungu.
Metode - Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus dan eksploratif-deskriptif. Penelitian ini dilakukan dari Februari-April 2024. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian - Penelitian ini menyoroti pentingnya interaksi sosial dan pola asuh bagi remaja tunarungu. Ditemukan bahwa kesadaran akan kondisi subjek dimulai sejak kelahiran, dengan tantangan utama dalam komunikasi dan lingkungan. Orang tua lebih menerapkan pola asuh otoriter dan demokratis. Cara komunikasi terhadap sesama berkebutuhan khusus tunarungu menggunakan bahasa isyarat sedangkan terhadap keluarga ataupun orang yang tidak memiliki kebutuhan khusus tunarungu menggunakan bahasa bibir. Adanya keterampilan yang dimiliki subjek seperti menjahit, pantomime, dan melukis yang dapat meningkatkan kepercayaan dirinya serta kelancaran dalam berinteraksi sosial dengan mengikuti ajang perlombaan sesuai dengan keterampilan yang dimilikinya.
Originalitas– Penelitian ini memperkuat penemuan mengenai interaksi sosial remaja tunarungu terhadap individu yang tidak memiliki kebutuhan khusus, serta pola asuh mandiri yang di terapkan orangtua terhadap remaja yang memiliki kebutuhan khusus tunarungu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, H., Irfan, A. Z., & Ahlufahmi, D. (2020). HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1). https://doi.org/10.33394/realita.v5i1.2899

Assuningsih, A., Gunawan, I. M., & Garnika, E. (2019). PENGARUH TEKNIK SELF MANAGEMEN TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA SMPN 2 AIKMEL KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Realita: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2).

Citra, Y. (2019). Pola interaksi sosial anak tunarungu pada kegiatan belajar mengajar: penelitian di panti sosial rehabilitasi penyandang disabilitas Cibabat Cimahi Jawa Barat. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Fadhilah, T. N., Handayani, D. E., & Rofian, R. (2019). Analisis pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 249–255.

FARIDAH, F. (2021). POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KEPERCAYAAN DIRI ANAK TUNARUNGU DI DESA TARASU KECAMATAN KAJUARA. UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.

Fathilda, F. (2023). PERKEMBANGAN PERILAKU REMAJA DISABILITAS (Studi Kasus Interaksi Sosial Siswa Tuna Rungu di SLB Bukesra Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 8(1).

Munisa, M. (2020). Pengaruh penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak usia dini di tk panca budi medan. Jurnal Abdi Ilmu, 13(1), 102–114.

Nasdian, F. T. (2015). Sosiologi umum. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nasution, M. (2018). Pola Asuh Permisif Terhadap Agresifitas Anak Di Lingkungan X Kelurahan Suka Maju Kecamatan Medan Johor. Prosiding Konferensi Nasional, No. Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah, 1–4.

Ningsih, I. D. (2018). INTERAKSI SOSIAL ANAK TUNARUNGU KELAS I DI SD INKLUSI NEGERI GEJAYAN. WIDIA ORTODIDAKTIKA, 7(2), 197–204.

Priliantini, A., Maryam, S., & Rino, F. P. (2020). Komunikasi Interpersonal Guru dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Remaja Tuna Rungu. Jurnal Penelitian Komunikasi, 23(2).

Sugihartono, F. K. N., Harahap, F., Setiawati, F. A., & Nurhayati, S. R. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta. UNY Press.

Suteja, J., & Yusriah, Y. (2017). Dampak pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial-emosional anak. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1).

Vitriani, N., Budiana, I. M., & Sulatri, N. (2018). Pola Asuh Terhadap Anak Tunarungu dalam Manga Koe No Katachi Karya Ooima Yoshotoki. Jurnal Humanis, 22(2), 488–495.

Widiana, D., & Ambarwati, K. D. (2018). Pola Asuh Orangtua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) di Boyolali. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 11–18.

Zahara, F. (2018). Pengendalian Emosi Ditinjau Dari Pola Asuh Orangtua Pada Siswa Usia Remaja Di SMA Utama Medan. Jurnal Psikologi Kognisi, 1(2), 94–109.

Downloads

Published

2024-12-04

Issue

Section

Articles