KONTROVERSI PEMIKIRAN ANTARA IMAM MALIK DENGAN IMAM SYAFI’I TENTANG MASLAHAH MURSALAH SEBAGAI SUMBER HUKUM

Taufiqur Rohman*  -  Sekolah Tinggi Agama Islam Walisembilan (SETIA WS) Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author
This article discusses about argument of maslahah mursalah as a source of law. The focus of the study in this paper is a controversial idea between Imam Malik and Imam Shafi'i about maslahah mursalah as a source of law. Controversy thinking between both of them as a source of law. First, Imam Malik used maslahah mursalah as a source of law, but Imam Malik stressed the establishment of the law by taking the benefit and using the ratio, it must not controvert with the rule of law that has been set by nash or ijma '. If there is a controversy then it must precede nash than maslahat. Secondly, Imam Shafi'i did not use maslahah mursalah as a source of law because it did not have a definite standard of nash and qiyas, while Imam Shafi'i’s  establishment  is all of law must be based on nash as qiyas. Imam Shafi'i did not mention this method in his book, al-Risalah. This controversy caused by the absence of a special argumentation that declare about maslahah accepted by Syar'i either directly or indirectly.
---

Artikel ini mendiskusikan kehujjahan maslahah mursalah sebagai sumber hukum. Fokus kajian dalam tulisan ini adalah kontroversi pemikiran Imam Malik dengan Imam Syafi’i tentang maslahah mursalah sebagai sumber hukum. Kontroversi pemikiran antara keduanya tentang kehujjahan maslahah mursalah sebagai sumber hukum. Pertama, Imam Malik menggunakan maslahah mursalah sebagai sumber hukum, tetapi Imam Malik menekankan bahwa pembentukan hukum dengan mengambil kemaslahatan yaitu dengan menggunakan rasio tidak boleh bertentangan dengan tata hukum yang telah ditetapkan nash atau ijma’. Apabila terjadi pertentangan maka wajib mendahulukan nash dibandingkan maslahat. Kedua, Imam Syafi’i tidak menggunakan maslahah mursalah sebagai sumber hukum karena mashlahah mursalah tidak memiliki standar yang pasti dari nash maupun qiyas, sedangkan pendirian Imam Syafi’i semua hukum haruslah didasarkan nash atau disandarkan pada nash sebagaimana qiyas. Imam Syafi’i sendiri tidak menyinggung metode ini dalam kitabnya al-Risalah. Adanya kontroversi ini karena tidak adanya dalil khusus yang menyatakan diterimanya maslahah oleh Syar’i baik secara langsung maupun tidak.

Keywords: Controversy; Imam Malik; Imam Syafi’i; Maslahah Mursalah; the Source Of Law

  1. ‘Abd al-Salâm, ‘Izz al-Dîn ibn, 1994, Juz ke-1,Qawâ‘id al-Ahkâm fi Masâlih al-Anâm, Kairo:Maktabat al-Kulliyyât al-Azhariyyah.
  2. ‘Atsyûr, Tâhir ibn, 2006, Maqâsid al-Syarî‘ah al-Islâmiyyah, Tunis: Dâr Suhnun, Kairo: Dar al-Salâm.
  3. Abd al-Rahmân, Jalâl al-Dîn, 1983,‘al-Masâlih al-Mursalah wa Makânatuhâ fi alTasyrî‘ al-Islâmiy, Kairo: Dâr al-Kitâb al-Jâmi‘iy.
  4. Abdullah,M. Amin, 2015, Fiqh dan kalam Sosial Era Kontemporer: perjumpaan Ulum al-din dan sains Modern Menuju Fresh Ijtihad, dalam buku Metodologi Fiqh Sosial, dari Qauli Menuju Manhaji, Pati: Fikih Sosial Institute Staimafa.
  5. Al Qardhawi, Abdur Rohman Yusuf Abdullah, 2000, Nazariyyat Maqashid al-Syar’iyah baina Syaikhul Islam Ibnu Taiymiyyah wa Jumhur Ushulliyyin,
  6. al- Syalabi, Musthafa, 2000, Ta’lilul ahkam fis Syari’atil Islamiyyah, Kairo: Dar al-Basyir lis Syaqofah wal ‘Ulum,
  7. al-A’lim, Yusuf Hamid, 1994, Juz II,al-Maqasid al-Ammah lis Syari’atil Islamiyya, Riyadh, Al-Ma;had al-Alamiy lil Fikr.
  8. Al-Amidi, Sayf al-Din Abi al-Hasan ‘Ali Ibn 1967, Juz ke-4, ‘Ali Al-Ihkam fi Ushul al-Ahkam, Kairo: Muassasah al-Halabi.
  9. Al-Asyqâr, 1998, al-Wadih fi Ushul Fiqh, Mesir: Dar as-salam.
  10. al-Badawi, Yusuf Ahmad Muhammad, 2000, maqashid as-Syari’ah indā Ibnu Taymiyyah, Yordania; Dar an-Nafa’is.
  11. al-Baqilani, Qodhi Abi Bakar Muhammad bin at-Tib , 1998, Taqrib wal Irsyad as-Shoghir, karya al-Baqilani, tahqiq Dr. Abdul Hamid bin Ali Abu Zanid, (Lebanon : Mu’assasah ar-Risalah.
  12. al-Bashri al-Mu’tazili, Abi al-Husain Muhammad bin Ali bin al-Thiyb, 1964 M/1384 H, Kitab al-Mu’tamad fi Ushul al-fiqh, tahqiq Muhammad Hamidullah, Damaskus: Dar al-Sat al-Arabiyyah.
  13. al-Bugâ, Mustafa Dîb, t.th., Atsar al-Adillah al-Mukhtalaf fîhâ au Masâdir al-Tasyrî‘
  14. al-Taba‘iyyah fi al-Fiqh al-Islâmiy, Damaskus: Dâr al-Imâm al-Bukhâri.
  15. al-Bûti, Muhammad Sa‘îd Ramadân, 2000, Dawâbit al-Maslahah fi al-Syarî‘ah alIslâmiyyah, Beirut: Mu’assasat al-Risâlah.
  16. al-Gazâli, Abû Hâmid Muhammad,1997, Juz ke-1, al-Mustasfa min ‘Ilm al-Usûl, tahqîq wa
  17. ta‘lîq Muhammad Sulaimân al-Asyqar, Beirut: Mu’assasat al-Risâlah.
  18. al-Gazâli, Abû Hâmid Muhammad,1997, Juz ke-1, al-Mustasfa min ‘Ilm al-Usûl, tahqîq wa
  19. ta‘lîq Muhammad Sulaimân al-Asyqar, Beirut: Mu’assasat al-Risâlah.
  20. al-Ifrîqi, Jamâl al-Dîn Muhammad ibn Mukarram ibn Manzûr, 2003, Juz ke-2, Lisân al-‘Arab, Riyad: Dâr ‘Âlam al-Kutub.
  21. al-Jauhari, Ismâ‘îl ibn Hammâd,1956, al-Sihâh Tâj al-Lugah wa Sihâh al-‘Arabiyyah, Beirut: Dâr al-‘Ilm li al-Malâyîn.
  22. al-Jauziyyah, Ibn al-Qayyim 2004 M, Juz ke-3, I‘lâm al-Muwaqqi‘în ‘an Rabb al-‘Âlamîn, Kairo:Dâr al-Hadîts.
  23. al-Juwaini,Abul Ma’alli Abdul Malik bin Abdullah,1980, al-Burhan fi Ushulil Fiqh,tahqîq wa ta‘lîq Prof.Dr. Abdul Adhim ad-Dib, Qohiroh:Dar al-Anshar.
  24. Al-Kafrawi, As’ad Abdul Ghani al-Sayyid, 2002, al-Istidlal indal Ushulliyyin, Mesir: Dar al-Salam.
  25. al-Kailani, ‘Abd al-Rahmân Ibrâhîm ,2000, Qawâ‘id al-Maqâsid ‘inda al-Imâm alSyâtibi : ‘Aradan wa Dirâsatan wa Tahlîlan, Damaskus: Dâr al-Fikr
  26. al-Kamâli,‘Abdullah Yahya,2000, Maqâsid al-Syarî‘ah fi Dau’ Fiqh al-Muwâzanât, Beirut: Dâr Ibn Hazm.
  27. al-Khafif, Ali,1996, AsbabIkhtilaf al-Fuqaha’, (Kairo; Dar Dar al-Fikr al-‘Arabiy.
  28. al- Qardâwi, Yûsuf, 2001, Madkhal li Dirâsat al-Syarî‘ah al-Islâmiyyah, Kairo: Maktabah Wahbah.
  29. al-Qarafi, Syihâb al-Dîn 2002, Syarh Tanqîh al-Fusûl fi Ikhtisâr al-Mahsûl fi al-Usûl, (Mesir: al-Matba‘ah al-Khairiyyah, sebagaimana dikutip dalam ‘Abd al-‘Azîz ibn ‘Abd al-Rahmân ibn ‘Ali ibn Rabî‘ah, ‘Ilm Maqâsid al-Syâri‘, Riyad: Maktabah al-Malik Fahd al-Wataniyyah.
  30. al-Qazwini, Abi Abdillah Muhammad Ibn Yazid t.th., Juz 2, Sunan Ibn Majah, Bairut: Dar al-Fikr.
  31. Al-Qur’an Terjemah, Mushaf al-Kamil, 2002, Editor Thoha Husein al-Hafidz dan Tim Editor Darussunnah, Jakarta: Darussunnah.
  32. al-Raisûni, Ahmad dan Muhammad Jamâl Bârût, 2002, al-Ijtihâd : al-Nass, wa alWâqi‘, wa al-Maslahah, Damaskus: Dâr al-Fikr.
  33. al-Raisûniy, Ahmad, t.th., Nazariyyat al-Maqâsid ‘ind al-Imâm al-Syâtibi, Beirut: alMa’had al-‘Âlamiy li al-Fikr al-Islâmiy
  34. al-Râzi, Muhammad ibn Abi Bakr ibn ‘Abd al-Qâdir 1979, Mukhtâr al-Sihâh, Beirut: Dâr al-Kitâb al-‘Arabi.
  35. Al-Subki, Tâj al-Dîn ‘Abd. Al-Wâhhâb Ibn, 1937,Jam’ al-Jawami’, Mesir: Musthâfâ al-Babî al-hâlâbi.
  36. al-Syâtibi, Abû Ishâq Ibrâhîm, t.th., Jilid I, Juz ke-2, al-Muwâfaqât fi Usûl al-Syarî’ah, Beirut: Dar alKutub al-‘Ilmiyyah.
  37. al- Syâtibi, Abû Ishâq Ibrâhîm, t.th., Juz ke-3, al-‘Itisham, Beirut:Maktabah at-Tauhid.
  38. Al-Thufi, Abu Al-Rabi Sulaiman bin Abdul Qawi bin Abdul Karim bin Sa’id,t.th.,Syarh al-Arba‘în al-Nawawiyyah, lampiran dalam Mustafa Zaid, 1964, al Maslahah fi al-Tasyrî’ al-Islâmiy wa Najm al-Dîn al-Tûfi, t.tp.: Dâr al-Fikr al-‘Arabiy.
  39. al-Tûfi, Najm al-Dîn,1990, juz III,Syarh Mukhtashor Roudhoh tahqiq Abdullah bin Abdul Muhsin at-Tarakiy, Beirut: Mu’assasah ar-Risalah.
  40. al-Tûfi, Najm al-Dîn,1993 M/1413 H, Risalah fi Riayati al-Maslahah, tahqiq Dr. Ahmad Abdul Rohim al-Sayih, Libanon : Dar al-Masdariyyah,
  41. al-Zabîdî, Muhammad Murtadâ al-Husaini, 1994, Juz ke-4, Tâj al-‘Arûs min Jawâhir al-Qâmûs, Beirut: Dâr al-Fikr.
  42. al-Zarqâ’, Mustofa Ahmad,1968, al-Fiqh al-Islâmi fi Tsaubihi al-Jadid: Madkhal al-Fiqh al-‘Am, Beirut: Tab’ah Tasi’ah Munqohah wa Mazidah.
  43. ar-Razi, Fakhruddin Muhammad bin Umar bin Hussein,1968, al-Mahsul fi Ilm Ushul Fiqh, tahqiq Dr. Jabir Fayyad al-alwani, Lebanon : Mu’assasah ar-Risalah.
  44. as-Syafi’i, Muhammad bin Idris t.th.,ar-Risalah, tahqîq wa syarh Ahmad Muhammad Syakir Beirut : Dar al-Kitabah al-Ilmiyyah.
  45. Asy-Syaukani, Muhammad bin Ali bin Muhammad, 1999, Irsyad al-Fuhul Ila Tahqiqi al-Haqq min ‘Ilm al-Ushul, Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.
  46. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1999, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, Cetakan 10.
  47. Fanani,Muhyar, 2009, Fiqh Madani:Kontruksi Hukum Islam di Dunia Modern, (Yogyakarta:LkiS),
  48. Hazm, Abi Muhammad bin Ali bin Ahmad bin sa’id bin, 1979, Al-Ihkam fi Ushul al-Ahkam,tahqîq Ahmad Muhammad Syakir, taqdim Prof. Dr. Ihsan Abbas, Beirut : Dar al-Iffaq al-Jadidah.
  49. Hissân,Husain Hâmid, 1971, Nazariyyat al-Maslahah fi al-Fiqh al-Islâmiy, Beirut:Dâr al-Nahdah al-‘Arabiyyah.
  50. ibn Rabî‘ah, ‘Abd al-‘Azîz ibn ‘Abd al-Rahmân ibn ‘Ali, 2002,‘Ilm Maqâsid alSyâri‘, Riyad: Maktabah al-Malik Fahd al-Wataniyyah.
  51. Imâm, Muhammad Kamâl al-Dîn,1998, Nazariyyat al-Fiqh fi al-Islâm: Madkhal
  52. Manhajiy,Beirut:al-Mu’assasah al-Jâmi‘iyyah li al-Dirâsât wa al-Nasyr wa al Tauzî‘.
  53. Jamal Ma’mur, 2015, Rezim Gender di NU, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)
  54. Khallâf, ‘Abd al-Wahhâb, 1972, Masâdir al-Tasyrî‘ al-Islâmiy fîmâ lâ Nass fîh, Kuwait:Dâr al-Qalam.
  55. Miftahul Huda, Manhaj Fikih Islam Kultural: Eksplorasi, Kritik dan Rekonstruksi, dalam JurnalAl-Manhaj : Jurnal Kajian Hukum Islam Jurusan Syari’ah STAIN Purwokerto, Vol. VI No. 1, Januari 2012, ISSN: 1976-6670
  56. Mîqâ, Abû Bakr Ismâ‘îl Muhammad,1985, al-Ra’yu wa Atsaruhu fi Madrasat alMadînah: Dirâsah Manhajiyyah Tatbîqiyyah Tutsbitu Salâhiyyat alSyarî‘ah li Kulli Zamân wa Makân, Beirut: Mu’assasatal-Risâlah,
  57. Mu’sâsah, Abu Abdur Rohman Sya’id, 1999, al-Muqollidun al-‘Aimmah al-Arba’ah, Beirut: Dar Ibn Hazm.
  58. Muhammad Bahit al-Muthi’i, 1923, Sullamul Wushul lis Syarhi Nihayat as-Sul, Qohiroh :Alimul Kutub.
  59. Muslehuddin, Muhammad, 1997, Philosophy of Islamic Law and the Orientalists, New Delhi: Markazi Maktaba Islami.terj. Yuian Wahyudi Asmin, Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogya.
  60. Muslehuddin, Muhammad, t.t., Philoshopy and The Orientalist: A Comparative Study of Islamic Legal System, (Lahore: Islamic Publication, LTD)
  61. Mustafa, Ibrâhîm dkk., al-Mu‘jam al-Wasît,t.th., Juz ke-1, Tahrân: al-Maktabah al-‘Ilmiyyah.
  62. Philips, Abu Ameenah Bilal, 2005, Asal-usul dan Perkembangan Fiqh Analisis Historis atas Mazhab, Doktrin dan Kontribusi, Nusamedia dan Nuansa, Bandung.
  63. Rofiq,Ahmad,2012, Fiqh Kontekstual; dari Normatif ke Pemaknaan Sosial, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  64. Roibin, 2008, Sosiologi Hukum Islam Telaah Sosio-Historis Pemikiran Imam Syâfi’i, Malang: UIN Malang Press.
  65. Rokhmadi, Rekonstruksi Ijtihad dalam Ilmu Usūl Fiqh, dalam Jurnal Al-Ahkam : Jurnal Pemikiran Hukum Islam Fakultas Syari’ah IAIN Walisongo Semarang, Vol. 22 No. 2, Oktober 2012, ISSN: 0845-4603,
  66. Supriyadi, Ahmad, Internalisasi Hukum Islam Dalam Pranata Sosial, dalam Jurnal Yudisia: Jurnal Pemikiran Hukum dan Hukum Islam Jurusan Syari’ah STAIN Kudus, Edisi IV Januari-Juni 2006.
  67. Syarifuddin, Amir. 2009, Ushul Fiqh Jilid 2.(Jakarta: Kencana).
  68. Tamrin, Dahlan, 2007, Filsafat Hukum Islam, Malang: UIN Malang Press.
  69. Yahya, Imam Eksekusi Hukum Mati: Tinjauan Maqāsid al-Shari’ah dan Keadilan, dalam Jurnal Al-Ahkam : Jurnal Pemikiran Hukum Islam Fakultas Syari’ah IAIN Walisongo Semarang, Vol. 23 No. 1, April 2013, ISSN: 0845-4603.
  70. Yasid, A, Hukum Islam Versus Positivisme Barat: Kajian Perbandingan Madzhab Jurisprudensi Perspektif Hukum Islami, dalam Jurnal Al-Manhaj : Jurnal Kajian Hukum Islam Jurusan Syari’ah STAIN Purwokerto, Vol. VI No. 1, Januari 2012, ISSN: 1976-6670
  71. Zahrâh,Muhammad Abu,1958, Ushul Fiqh, Arab: Dar al-Fikr al-A’robiy.
  72. Zaid, Mustafa, 1964, al-Maslahah fi al-Tasyrî’ al-Islâmiy wa Najm al-Dîn al-Tûfi,: Dâr al-Fikr al-‘Arabiy.
  73. Zaidan, ‘Abd al-Karim,1958, al-Madkhal li Dirasah asy-Syari’ah al-Islamiyyah, (Ttp: Muhammad ‘Ali Sabih wa Auladuh)
  74. Zakariyyâ,Abû al-Husain Ahmad ibn Fâris ibn 1981, Juz ke-3, Mu‘jam Maqâyîs al-Lugah, Kairo: Maktabah al-Khânjî.
  75. Zarkasyi,Imam, 1992, al-Bahr al-Muhit, tahrir Abdul qodir abdullah al-Ma’ani, tahqîq wa ta‘lîq Muhammad Sulaimân al-Asyqar, Kuwait:Wazaratul Auqof Was Syu’unil Islamiyyah.
  76. Zuhaili,Wahbah,1986, Ushul al-Fiqh al-Islamiy, Beirut: Dar al-Fikr.

Open Access Copyright (c) 2017 International Journal Ihya' 'Ulum al-Din

International Journal Ihya' 'Ulum al-Din 
published by Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Indonesia

Jl. Walisongo No.3-5, Tambakaji, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50185
Phone: +62 857-3303-6860
Website: http://pasca.walisongo.ac.id/
Email: ihyaulumaldin@walisongo.ac.id 

ISSN: 1411-3708 (Print)
ISSN: 2580-5983 (Online)
DOI : 10.21580/ihya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 
View My Stats
apps