PERANCANGAN UI/UX SEMARANG VIRTUAL TOURISM DENGAN FIGMA
DOI:
https://doi.org/10.21580/wjit.2022.4.1.12079Keywords:
Semarang City, prototype, figmaAbstract
Kota Semarang merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia dan memiliki banyak cagar budaya. Pemerintah Kota Semarang telah berupaya melakukan pemugaran beberapa cagar budaya agar lebih layak menjadi tujuan wisata. Hal tersebut dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan ekonomi lokal. Usaha pemerintah Kota Semarang tidak berhenti sampai pada pemugaran cagar budaya, tetapi juga dengan melakukan berbagai promosi agar Kota Semarang dikenal lebih luas sebagai kota tujuan wisata. Untuk mendukung upaya pemerintah tersebut, penulis mempunyai gagasan berupa perancangan prototype Aplikasi Semarang Virtual Tourism. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Sedangkan perancangan prototype menggunakan Figma. Figma dipilih sebagai media untuk merancang prototype ini karena Figma berbasis cloud sehingga memudahkan kerja sama tim. Aplikasi Semarang Virtual Tourism ini dirancang dengan desain yang sederhana dan menarik agar memudahkan pengguna. Aplikasi Semarang Virtual Tourism ini dapat memberikan informasi tentang cagar budaya dan kuliner yang ada di Kota Semarang.
Kata Kunci: Semarang City, prototype, figma
Downloads
References
Galitz, W. O. (2002). The Essential Guide to User Interface (R. Elliot (ed.)). Robert Ipsen.
Hendro, E. P. (2015). Pelestarian Kawasan Konservasi di Kota Semarang. Jurnal Konservasi Cagar Budaya, 9(1), 17–28. https://doi.org/10.33374/jurnalkonservasicagarbudaya.v9i1.159
Jungherr, A. (2019). Book Review: Social Theory after the Internet: Media, Technology and Globalization. In The International Journal of Press/Politics (Vol. 24, Issue 1). https://doi.org/10.1177/1940161218808373
Landa, R. (2012). Essential Graphic Design Solutions. Cengage Learning.
Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., Sevtiana, A., Catur, U., Cendekia, I., & Cirebon, K. (2020). PERANCANGAN UI / UX APLIKASI MY CIC LAYANAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA. 10(2), 208–219.
Nurdyansyah. (2017). Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan. Sumber Daya Dalam Teknologi Pendidikan, 1–22. http://eprints.umsida.ac.id/1625/1/Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan.pdf
Solikin, I., Mukti, A. R., Huda, N., Ansori, A., & Dharmawan, P. (2022). KOMMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang PELATIHAN DESAIN USER INTERFACE ( UI ) PADA SEKOLAH AZHARYAH KOMMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang, 3, 102–106.
Utama, B. S. (2020). Perancangan Ulang User Interface Dan User Experience Pada Website Cosmic Clothes. Doctoral Dissertation, Universitas Komputer Indonesia, 7–18.
Wijayanti, D., & Haryadi, E. (2020). Sistem Informasi Penyewaan Rumah Kontrakan Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Prototype. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15, 16–23.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Licensing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.