PERANCANGAN UI/UX SEMARANG VIRTUAL TOURISM DENGAN FIGMA

Authors

  • Muhammad Naufal Muhadzib Al-Faruq Universitas Islam Negeri Walisongo, Indonesia
  • Siti Nur’aini Universitas Islam Negeri Walisongo, Indonesia
  • Muhammad Haikal Aufan Universitas Islam Negeri Walisongo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21580/wjit.2022.4.1.12079

Keywords:

Semarang City, prototype, figma

Abstract

Kota Semarang merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia dan memiliki banyak cagar budaya. Pemerintah Kota Semarang telah berupaya melakukan pemugaran beberapa cagar budaya agar lebih layak menjadi tujuan wisata. Hal tersebut dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan ekonomi lokal.  Usaha pemerintah Kota Semarang tidak berhenti sampai pada pemugaran cagar budaya, tetapi juga dengan melakukan berbagai promosi agar Kota Semarang dikenal lebih luas sebagai kota tujuan wisata. Untuk mendukung upaya pemerintah tersebut, penulis mempunyai gagasan berupa perancangan prototype Aplikasi Semarang Virtual Tourism. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Sedangkan perancangan prototype menggunakan Figma. Figma dipilih sebagai media untuk merancang prototype ini karena Figma berbasis cloud sehingga memudahkan kerja sama tim. Aplikasi Semarang Virtual Tourism ini dirancang dengan desain yang sederhana dan menarik agar memudahkan pengguna. Aplikasi Semarang Virtual Tourism  ini dapat memberikan informasi tentang cagar budaya dan kuliner yang ada di Kota Semarang.

 

Kata Kunci: Semarang City, prototype, figma

Downloads

Download data is not yet available.

References

Galitz, W. O. (2002). The Essential Guide to User Interface (R. Elliot (ed.)). Robert Ipsen.

Hendro, E. P. (2015). Pelestarian Kawasan Konservasi di Kota Semarang. Jurnal Konservasi Cagar Budaya, 9(1), 17–28. https://doi.org/10.33374/jurnalkonservasicagarbudaya.v9i1.159

Jungherr, A. (2019). Book Review: Social Theory after the Internet: Media, Technology and Globalization. In The International Journal of Press/Politics (Vol. 24, Issue 1). https://doi.org/10.1177/1940161218808373

Landa, R. (2012). Essential Graphic Design Solutions. Cengage Learning.

Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., Sevtiana, A., Catur, U., Cendekia, I., & Cirebon, K. (2020). PERANCANGAN UI / UX APLIKASI MY CIC LAYANAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA. 10(2), 208–219.

Nurdyansyah. (2017). Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan. Sumber Daya Dalam Teknologi Pendidikan, 1–22. http://eprints.umsida.ac.id/1625/1/Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan.pdf

Solikin, I., Mukti, A. R., Huda, N., Ansori, A., & Dharmawan, P. (2022). KOMMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang PELATIHAN DESAIN USER INTERFACE ( UI ) PADA SEKOLAH AZHARYAH KOMMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang, 3, 102–106.

Utama, B. S. (2020). Perancangan Ulang User Interface Dan User Experience Pada Website Cosmic Clothes. Doctoral Dissertation, Universitas Komputer Indonesia, 7–18.

Wijayanti, D., & Haryadi, E. (2020). Sistem Informasi Penyewaan Rumah Kontrakan Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Prototype. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15, 16–23.

Downloads

Published

2022-08-14