PERANCANGAN UI/UX SEMARANG VIRTUAL TOURISM DENGAN FIGMA

Muhammad Naufal Muhadzib Al-Faruq*  -  Universitas Islam Negeri Walisongo, Indonesia
Siti Nur’aini  -  Universitas Islam Negeri Walisongo, Indonesia
Muhammad Haikal Aufan  -  Universitas Islam Negeri Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author

Kota Semarang merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia dan memiliki banyak cagar budaya. Pemerintah Kota Semarang telah berupaya melakukan pemugaran beberapa cagar budaya agar lebih layak menjadi tujuan wisata. Hal tersebut dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan ekonomi lokal.  Usaha pemerintah Kota Semarang tidak berhenti sampai pada pemugaran cagar budaya, tetapi juga dengan melakukan berbagai promosi agar Kota Semarang dikenal lebih luas sebagai kota tujuan wisata. Untuk mendukung upaya pemerintah tersebut, penulis mempunyai gagasan berupa perancangan prototype Aplikasi Semarang Virtual Tourism. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Sedangkan perancangan prototype menggunakan Figma. Figma dipilih sebagai media untuk merancang prototype ini karena Figma berbasis cloud sehingga memudahkan kerja sama tim. Aplikasi Semarang Virtual Tourism ini dirancang dengan desain yang sederhana dan menarik agar memudahkan pengguna. Aplikasi Semarang Virtual Tourism  ini dapat memberikan informasi tentang cagar budaya dan kuliner yang ada di Kota Semarang.

 

Kata Kunci: Semarang City, prototype, figma

Keywords: Semarang City, prototype, figma

  1. Galitz, W. O. (2002). The Essential Guide to User Interface (R. Elliot (ed.)). Robert Ipsen.
  2. Hendro, E. P. (2015). Pelestarian Kawasan Konservasi di Kota Semarang. Jurnal Konservasi Cagar Budaya, 9(1), 17–28. https://doi.org/10.33374/jurnalkonservasicagarbudaya.v9i1.159
  3. Jungherr, A. (2019). Book Review: Social Theory after the Internet: Media, Technology and Globalization. In The International Journal of Press/Politics (Vol. 24, Issue 1). https://doi.org/10.1177/1940161218808373
  4. Landa, R. (2012). Essential Graphic Design Solutions. Cengage Learning.
  5. Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., Sevtiana, A., Catur, U., Cendekia, I., & Cirebon, K. (2020). PERANCANGAN UI / UX APLIKASI MY CIC LAYANAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA. 10(2), 208–219.
  6. Nurdyansyah. (2017). Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan. Sumber Daya Dalam Teknologi Pendidikan, 1–22. http://eprints.umsida.ac.id/1625/1/Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan.pdf
  7. Solikin, I., Mukti, A. R., Huda, N., Ansori, A., & Dharmawan, P. (2022). KOMMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang PELATIHAN DESAIN USER INTERFACE ( UI ) PADA SEKOLAH AZHARYAH KOMMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang, 3, 102–106.
  8. Utama, B. S. (2020). Perancangan Ulang User Interface Dan User Experience Pada Website Cosmic Clothes. Doctoral Dissertation, Universitas Komputer Indonesia, 7–18.
  9. Wijayanti, D., & Haryadi, E. (2020). Sistem Informasi Penyewaan Rumah Kontrakan Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Prototype. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15, 16–23.

Open Access Copyright (c) 2022 Walisongo Journal of Information Technology
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Walisongo Journal of Information Technology
Published by Department Information Technology
Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang

Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: 024-76433366
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: ti@walisongo.ac.id

ISSN 2715-0143 (media online)
ISSN 2714-9048 (media cetak)

 

ISSN: 2714-9048 (Print)
ISSN: 2715-0143 (Online)
DOI : 10.21580/wjit

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

View My Stats
apps