Aplikasi Media Pembelajaran Klasifikasi Hewan Vertebrata Menggunakan Augmented Reality Dengan Marker Based

Authors

  • Adzhal Arwani Mahfudh (Scopus ID 57201746658), Department of Information Technology, Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang
  • Siti Nur’aini Universitas Islam Negeri Walisongo
  • Nur Cahyo Hendro Wibowo Universitas Islam Negeri Walisongo
  • Charis Kusnanto Universitas Islam Negeri Walisongo

DOI:

https://doi.org/10.21580/wjit.2022.4.2.12740

Abstract

Kurangnya minat belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya media pembelajaran. Teknologi Augmented Reality merupakan teknologi yang memberikan pengalaman berbeda dengan menampilkan visual dalam bentuk 3D. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi klasifikasi hewan vertebrata menggunakan teknologi Augmented Reality dengan Marker Based dan mengukur efektivitas aplikasi terhadap pembelajaran klasifikasi hewan vertebrata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode System Development Life Cycle (SDLC) Waterfall yang diadaptasi dari (Shalahuddin, 2016). Metode Waterfall ini terdiri dari 4 tahapan, yaitu analisis, desain, pengkodean, dan pengujian. Tenik pengujian aplikasi yang digunakan adalah User Acceptance Testing (UAT). Efektivitas aplikasi ini tergolong efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Manfaat penelitian ini yaitu salah satunya untuk membantu guru dalam meningkatkan media pembelajaran agar lebih menarik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-11-17

Issue

Section

Articles