Sistem Informasi Pengaduan Pelanggan Perumdam Tirto Jungporo dengan Location Based Service

Authors

  • Muhammad Fais Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Agus Subhan Akbar Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Heru Saputro Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.21580/wjit.2023.5.1.16090

Keywords:

Location Based Service, Perusahaan Daerah Air Minum, Sistem Pengaduan Pelanggan

Abstract

Perumdam Tirto Jungporo merupakan Perusahan Daerah Air Minum yang ada di kota Jepara yang sangat diandalkan sebagian masyarakat dalam hal pendistribusian sumber air bersih. Pada saat ini perusahaan daerah kota Jepara tersebut memiliki jumlah pelanggan yang terus meningkat. Hal ini mengakibatkan penanganan kerusakan pada saluran air pelanggan juga ikut meningkat. Untuk pelayanan pengaduan kerusakan di perusahaan air ini masih menggunakan sistem manual, di mana pelanggan datang ke kantor untuk melakukan pengaduan. Sistem tersebut sangat tidak efektif dan efesien untuk pelanggan yang harus datang ke kantor yang pastinya akan menguras tenaga, waktu, dan juga biaya. Dari temuan tersebut, peneliti bermaksud membangun sistem informasi pengaduan pelanggan berbasis location based service untuk Perumdam Tirto Jungporo. Sistem ini dapat diakses menggunakan perangkat Android. Aplikasi ini telah berhasil diuji menggunakan metode black box dengan 135 responden dengan nilai 80% untuk aplikasi pelanggan, dan 80% untuk aplikasi petugas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhammad Fais, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

IT

References

Budiman, E. (2016). PEMANFAATAN TEKNOLOGI LOCATION BASED SERVICE DALAM MULAWARMAN BERBASIS MOBILE. 8(Desember), 137–144.

Hanifah, S., & Syahnaz, E. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Pengaduan Pelanggan Berbasis Web Pada Perumda Air Minum Tirta Muare Ulakan Kabupaten Sambas 2 . Studi Literature / Literature Review. 3, 63–74.

Heriyanto, Y. (2018). Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT.APM Rent Car. Jurnal Intra-Tech, 2(2), 64–77.

Kurniawan, H., Apriliah, W., Kurnia, I., & Firmansyah, D. (2021). Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pada Smk Bina Karya Karawang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 14(4), 13–23. https://doi.org/10.35969/interkom.v14i4.78

Novitasari, A. A., & Yuliyanti, W. (2019). Sistem Informasi Pengaduan Gangguan PDAM Tanah Laut Berbasis Web. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(1), 59–68. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i1.164

Purnomo, A. M., Priyambadha, B., & Kharisma, P. A. (2019). Pengembangan Aplikasi Mobile Pelaporan Keluhan Pelanggan PDAM Menggunakan Fitur Geotagging Berbasis Android (Studi Kasus: PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer E-ISSN:2548-964X Vol.3, N0, 4, April 2019,Hlm.3498-3504, 3(4), 3498–3504. http://j-ptiik.ub.ac.id

Safitri, N. E., & Susanti, E. (2019). Sistem Rekomendasi Tempat Wisata Di Provinsi Jawa Barat Dengan Metode Location Based Service (Studi Kasus Kabupaten Karawang. Jurnal SCRIPT, 7(2), 142–148. https://journal.akprind.ac.id/index.php/script/article/view/2335%0Ahttps://journal.akprind.ac.id/index.php/script/article/download/2335/1789

Sastra, R. (2021). Implementasi Diagram UML ( Unified Modelling Language ) Pada Perancangan Sistem Informasi Penggajian. 7(1), 106–111. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2

Sitinjak Daniel Dido Jantce TJ, M., & Suwita, J. (2020). Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Administrasi Kursus Bahasa Inggris Pada Intensive English Course Di Ciledug Tangerang. Ipsikom, 8(1), 1–19.

Susanty, W., Astari, I. N., & Thamrin, T. (2019). Aplikasi Gis Menggunakan Metode Location Based Service (Lbs) Berbasis Android. Explore: Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika, 10(1). https://doi.org/10.36448/jsit.v10i1.1218

Downloads

Published

2023-09-11

Issue

Section

Articles