Perancangan Game First Person Shooter 3D “Saving Islamic Kingdom” dengan Menggunakan Finite State Machine (FSM)
DOI:
https://doi.org/10.21580/wjit.2020.2.2.6981Keywords:
First Person Shooter, Game, Unity 3D, Finite State MachineAbstract
Video Game merupakan sebuah permainan dengan manifestasi sebuah visual atau gambar yang dapat memberikan reaksi balik kepada pengguna jika diberikan perintah - perintah tertentu yang terdapat pada alat kontrol sistem elektronik. Banyak inovasi teknologi yang dapat diterapkan dalam sebuah game salah satunya penerapan kecerdasan buatan atau artificial intelligence. Variasi game yang akan diterapkan salah satunya adalah game First Person Shooter (FPS). Game First Person Shooter (FPS) merupakan salah satu jenis game yang sering dimainkan menggunakan pangamatan orang pertama di mana player sebagai karakter utama dalam game. Kecerdasan buatan yang dikembangkan dengan menerapkan Finite State Machine (FSM) berfungsi untuk melihat respon perilaku Non Player Character (NPC) atau musuh untuk menyerang pemain utama. Hasil dari penelitian ini adalah game Saving Islamic Kingdom memberikan hasil kecerdasan buatan pada perilaku Non Player Character dengan mengimplementasikan algoritma Finite State Machine (FSM) sehingga musuh atau NPC dapat berperilaku sesuai dengan intruksi yang dilakukan oleh player.
Downloads
References
Arif, Y. M., Kurniawan, F., & Nugroho, F. (2011). A2-18 - YUNIFA_MISTACHUL_ARIF - DESAIN PERUBAHAN PERILAKU.pdf. In Seminar On Electrical, Informatics, and Education 2011 (pp. 1–8).
Asmiatun, S., & Hendrawan, A. (2016). Implementasi Klasifikasi Bayesian Untuk Strategi Menyerang Jarak Dekat Pada Npc (Non Player Character)Menggunakan Unity 3D. Jurnal Transformatika, 13(2), 42. https://doi.org/10.26623/transformatika.v13i2.139
Astuti, Y. W., Yunus, A., & Ahsan, M. (2019). Perilaku Non Player Character ( Npc ) Pada Game Fps “ Zombie Colonial Wars ” Menggunakan Finite State Machine ( Fsm ). Jurnal Teknologi, Informasi Dan Industri, 2(2016), 53–63.
Purnama, S. (2013). Produk Pembelajaran Bahasa Arab. Literasi, 4(1), 19–32.
Rahadian, M. F., Suyatno, A., & Maharani, S. (2016). Penerapan Metode Finite State Machine Pada Game “The Relationship.” Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 11(1), 14. https://doi.org/10.30872/jim.v11i1.198
Singkoh, R. T., Lumenta, A. S. M., & Tulenan, V. (2016). Perancangan Game Fps (First Person Shooter) Police Personal Training. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 5(1), 28–34. https://doi.org/10.35793/jtek.5.1.2016.11490
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Licensing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.