Perancangan Game Pair Matching untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah Menggunakan Unity Game Engine
DOI:
https://doi.org/10.21580/wjit.2022.4.2.7102Keywords:
Puzzle Games, Unity, Hijaiyah Letters, Cognitive ChildrenAbstract
Pair matching merupakan permainan yang berjenis teka-teki. Game ini adalah salah satu permainan klasik di mana player harus menemukan pasangan gambar yang cocok dari gambar yang terbalik untuk memenangkan game ini. Dalam paper ini, dirancang permainan pair matching yang berisi huruf-huruf hijaiyah. Game ini bertujuan agar anak-anak dapat menghafal huruf hijaiyah. Sebagai tambahan terdapat gambar buah-buahan agar anak-anak tidak bosan memainkan game ini. Dalam game ini ada sistem rangking, ketika player telah selesai, ada catatan waktu tentang berapa lama player tersebut menyelesaikan permainan. Hal ini akan menjadikan tantangan bagi player untuk dapat menyelesaikan permainan lebih cepat. Dalam proses pembuatan game ini, digunakan Unity game engine dengan bahasa pemrograman C#. Hasilnya adalah game edukasi yang dapat dimainkan sebagai media pengenalan huruf hijaiyah.
Downloads
References
Setiyo Budi Nugroho, A., & Khairani, K. (2018). Membangun Third Person Game 3D Dengan Unity Berlatar Budaya Lokal. Jurnal ELTIKOM, 71–83.
Siahaan, Surtan PH. 2012. Manisnya Bisnis Game Digital di Indonesia. http://tekno.kompas.com/read/2012/10/02/16084725/Manisnya.Bisnis.Game.Digital.di.Indonesia. diakses tanggal 5 Desember 2020.
Darsinah. 2011. Perkembangan Kognitif. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Romi. 2003. “Pengantar Unified Modelling Language (UML)”.
Smk, D. I., & Yogyakarta, P. (2018). Sekolah tinggi manajemen informatika dan ilmu komputer. 1–14.
Heryana, A. A. (2004). Bahasa C_1.pdf.
Nurfita, Fitri. (2014). Permainan Puzzle Berpengaruh Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini di TK Pertiwi Karanglor, Manyaran, Wonogiri Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Teknologi Kimia Dan Industri, 1–7.
Suryadi, A. (2018). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Menggunakan Model Waterfall. Jurnal Petik.
Supriyadi, B., & Androva, A. (2015). Perancangan Dan Pembuatan Website. Riptek, 9(1), 71–78.
Andri Suryadi, “Implementasi Sdlc Waterfall Dalam Pembuatan Game Edukasi Perjuangan Indonesia”Hisotira” Menggunakan Rpg Maker Mv Berbasis Android” Jurnal Khatulistiwa Informatika, Vol. Vi, No. 2 Desember 2018.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Licensing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.