Perancangan Game Pair Matching untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah Menggunakan Unity Game Engine

Ilham Wahyudi  -  Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Indonesia
Juniardi Nur Fadilah*  -  Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
Fresy Nugroho  -  Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

(*) Corresponding Author

Pair matching merupakan permainan yang berjenis teka-teki. Game ini adalah salah satu permainan klasik di mana player harus menemukan pasangan gambar yang cocok dari gambar yang terbalik untuk memenangkan game ini.  Dalam paper ini, dirancang permainan pair matching yang berisi huruf-huruf hijaiyah. Game ini bertujuan agar anak-anak dapat menghafal huruf hijaiyah. Sebagai tambahan terdapat gambar buah-buahan agar anak-anak tidak bosan memainkan game ini. Dalam game ini ada sistem rangking, ketika player telah selesai, ada catatan waktu tentang berapa lama player tersebut menyelesaikan permainan. Hal ini akan menjadikan tantangan bagi player untuk dapat menyelesaikan permainan lebih cepat. Dalam proses pembuatan game ini, digunakan Unity game engine dengan bahasa pemrograman C#. Hasilnya adalah game edukasi yang dapat dimainkan sebagai media pengenalan huruf hijaiyah.

Keywords: Puzzle Games, Unity, Hijaiyah Letters, Cognitive Children

  1. Setiyo Budi Nugroho, A., & Khairani, K. (2018). Membangun Third Person Game 3D Dengan Unity Berlatar Budaya Lokal. Jurnal ELTIKOM, 71–83.
  2. Siahaan, Surtan PH. 2012. Manisnya Bisnis Game Digital di Indonesia. http://tekno.kompas.com/read/2012/10/02/16084725/Manisnya.Bisnis.Game.Digital.di.Indonesia. diakses tanggal 5 Desember 2020.
  3. Darsinah. 2011. Perkembangan Kognitif. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  4. Romi. 2003. “Pengantar Unified Modelling Language (UML)”.
  5. Smk, D. I., & Yogyakarta, P. (2018). Sekolah tinggi manajemen informatika dan ilmu komputer. 1–14.
  6. Heryana, A. A. (2004). Bahasa C_1.pdf.
  7. Nurfita, Fitri. (2014). Permainan Puzzle Berpengaruh Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini di TK Pertiwi Karanglor, Manyaran, Wonogiri Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Teknologi Kimia Dan Industri, 1–7.
  8. Suryadi, A. (2018). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Menggunakan Model Waterfall. Jurnal Petik.
  9. Supriyadi, B., & Androva, A. (2015). Perancangan Dan Pembuatan Website. Riptek, 9(1), 71–78.
  10. Andri Suryadi, “Implementasi Sdlc Waterfall Dalam Pembuatan Game Edukasi Perjuangan Indonesia”Hisotira” Menggunakan Rpg Maker Mv Berbasis Android” Jurnal Khatulistiwa Informatika, Vol. Vi, No. 2 Desember 2018.

Open Access Copyright (c) 2022 Walisongo Journal of Information Technology
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Walisongo Journal of Information Technology
Published by Department Information Technology
Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang

Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: 024-76433366
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: ti@walisongo.ac.id

ISSN 2715-0143 (media online)
ISSN 2714-9048 (media cetak)

 

ISSN: 2714-9048 (Print)
ISSN: 2715-0143 (Online)
DOI : 10.21580/wjit

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

View My Stats
apps