Sistem Telemetri Kadar Keasaman, Suhu air dan Cahaya Ruang Berbasis NodeMCU ESP 8266 pada Budidaya Tanaman Hidropronik

Nur Cahyo Hendro Wibowo  -  Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Danang .*  -  Universitas STEKOM Semarang, Indonesia
Iman Saufik Suasana  -  Universitas STEKOM Semarang, Indonesia
Hudha Pratna Safiyan  -  Universitas STEKOM Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Budi daya hidroponik menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat, selain itu hidroponik adalah salah satu cara untuk menanam tanaman dalam skala besar tanpa memerlukan lahan yang sangat cocok untuk dibudidayakan didaerah perkotaan. Namun, sistem ini mempunyai beberapa kekurangan yaitu, hidroponik sangat membutuhkan lingkungan yang terkontrol, terutama adalah diperlukannya pemantauan derajat keasaman air, suhu air, dan kepekatan nutrisi air perlu di pantau dan di kontrol untuk menghindari penurunan kualitas tanaman hingga layunya tanaman, sehingga diperlukan solusi untuk memantau kondisi tanaman dan kontrol secara otomatis. Hidroponik akan dipasang mikrokontroler yang terhubung ke internet melalui aplikasi blynk mikrokontroler akan mengirim data mengenai kondisi air ke aplikasi smartphone android secara realtime. Selain dari itu dikembangkan sistem kontrol manual dan otomatis untuk mengontrol pH air, ketinggian air, suhu dan kelembaban agar sesuai dengan kondisi yang optimal bagi tumbuhan.

  1. Anang Masduki. 2017. Hidroponik Sebagai Sarana Pemanfaatan Lahan Sempitdi DusunRandubelang, Bangunharjo, Sewon.Bantul. Jurnal Pemberdayaan, Vol.1, No. 2.
  2. Chrisyantar Hasiholan. 2018.Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Kabupaten bogor. e-ISSN: 2548-964X.
  3. Hannif Izzatul Islam. 2016. SISTEM KENDALI SUHU DAN PEMANTAUAN KELEMBABAN UDARA MENGGUNAKAN SENSOR DHT22. Kabupaten Bogor.Vol V.
  4. Ibadarrohman, Nur Sultan Salahuddin, Anacostiana Kowanda. 2018. Sistem Kontrol dan Monitoring Hidroponik berbasis Android. Universitas Gunadarma Depok. STMIK ATMA LUHUR Pangkalpinang.
  5. Jaenal Arifin, Intan Erlita Dewanti, Danny Kurnianto. 2017.Prototipe Pendingin Perangkat Telekomunikasi Sumber Arus DC Menggunakan Smartphone. Purwokerto. Media Elektrika, Vol. 10, No. 1.
  6. Rosdiana, Muhammad Shofan. 2020. Pembuatan Aplikasi Monitoring Tanaman Hidroponik Otomatis Dengan Koneksi Wifi Berbasis Arduino. Universitas Gunadarma Depok.
  7. Sitorus, N. B. (2017). PENDETEKSIAN pH AIR MENGGUNAKAN SENSOR pH METER V1.1 BERBASIS ARDUINO NANO, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
  8. Yuga Hadfridar Putra, Dedi Triyanto, Suhardi. 2018. Sistem Pemantauan dan Pengendalian Nutrisi, Suhu, dan Tinggi Air Pada Pertanian Hidroponik Berbasis Website. Universitas Tanjungpura Pontianak. Jurnal Coding, Sistem Komputer Untan Vol. 06, No. 03.
  9. Wahyu Adi Prayitno, Adharul Muttaqin, Dahnial Syauqy. 2017. Sistem Monitoring Suhu, Kelembaban, dan Pengendali Penyiraman Tanaman Hidroponik menggunakan Blynk Android. Universitas Brawijaya. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 1, No. 4.

Open Access Copyright (c) 2021 Walisongo Journal of Information Technology
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Walisongo Journal of Information Technology
Published by Department Information Technology
Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang

Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: 024-76433366
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: ti@walisongo.ac.id

ISSN 2715-0143 (media online)
ISSN 2714-9048 (media cetak)

 

ISSN: 2714-9048 (Print)
ISSN: 2715-0143 (Online)
DOI : 10.21580/wjit

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

View My Stats
apps