Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus - Indonesia
PENYERAPAN DAN MOTIVASI UMAT ISLAM MENGEMBANGKAN FILSAFAT
Abstract: A touch of Hellenistic culture on Muslims was apparent in the first Umayyah caliph era, Mu'a>wiyah ibn Abi Sufya>n (41-60 H), who was kind to officially appoint high officers and his personal physician of the Roman scientists. At that very moment, the translation of books from Greco-Roman to Arabic had not been done, but the absorption of Greco-Roman culture was done by regular interaction or everyday conversation (social interaction). The aim of the paper is to track when the absorption of the Muslims started concerning on the Greco-Roman philosophy, because there is information that they, in first century of Hijriyah, had started copying Greek books into Arabic. According to historical data, at the time of the Umayah, the Caliph Kha>lid ibn Yazi>d had ordered a Greek scientist who lived in Alexandria to translate the Organon of Aristotle from Greek into Arabic. This paper is a literary study that particularly discusses the absorption process and the motivation of Muslims in developing a philosophy imported from the Greco-Roman, and some part of the world in general.
Abstrak: Sentuhan budaya hellenistik pada umat Islam sebenarnya sudah nampak signalnya pada perilaku khalifah pertama Bani Umayyah, Mu’āwiyah ibn Abī Sufyān (41-60 H), yang dengan penuh toleran mengangkat pejabat tinggi dan dokter pribadinya dari ilmuan Romawi. Pada waktu itu memang kegiatan penerjemahan buku-buku Yunani-Romawi ke dalam bahasa Arab belum dilakukan, tetapi penyerapan budaya Yunani-Romawi dilakukan dengan jalan pergaulan biasa atau percakapan sehari-hari (interaksi sosial). Tujuan dari tulisan ini adalah untuk melacak sejak kapan penyerapan kaum Muslimin terhadap filsafat Yunani-Romawi, sebab ada informasi bahwa mereka sejak abad pertama Hijriyah telah memulai menyalin buku-buku Yunani ke dalam bahasa Arab. Menurut data sejarah, pada zaman Bani Umayyah, yaitu Khalifah Khālid ibn Yazī d telah memerintahkan seorang ilmuan Yunani yang berdomisili di Iskandariyah untuk menerjemahkan buku Organon karya Aristoteles dari bahasa Yunani ke dalam bahasa Arab. Tulisan ini merupakan kajian literer yang membahas tentang proses penyerapan dan motivasi umat Islam mengembangkan filsafat yang diimport dari Yunani-Romawi khususnya, dan belahan dunia lain pada umumnya.
Abstrak: Sentuhan budaya hellenistik pada umat Islam sebenarnya sudah nampak signalnya pada perilaku khalifah pertama Bani Umayyah, Mu’āwiyah ibn Abī Sufyān (41-60 H), yang dengan penuh toleran mengangkat pejabat tinggi dan dokter pribadinya dari ilmuan Romawi. Pada waktu itu memang kegiatan penerjemahan buku-buku Yunani-Romawi ke dalam bahasa Arab belum dilakukan, tetapi penyerapan budaya Yunani-Romawi dilakukan dengan jalan pergaulan biasa atau percakapan sehari-hari (interaksi sosial). Tujuan dari tulisan ini adalah untuk melacak sejak kapan penyerapan kaum Muslimin terhadap filsafat Yunani-Romawi, sebab ada informasi bahwa mereka sejak abad pertama Hijriyah telah memulai menyalin buku-buku Yunani ke dalam bahasa Arab. Menurut data sejarah, pada zaman Bani Umayyah, yaitu Khalifah Khālid ibn Yazī d telah memerintahkan seorang ilmuan Yunani yang berdomisili di Iskandariyah untuk menerjemahkan buku Organon karya Aristoteles dari bahasa Yunani ke dalam bahasa Arab. Tulisan ini merupakan kajian literer yang membahas tentang proses penyerapan dan motivasi umat Islam mengembangkan filsafat yang diimport dari Yunani-Romawi khususnya, dan belahan dunia lain pada umumnya.
Keywords: filsafat; Yunani; Romawi; Islam; al-Makmūn
- Salam, Abdus, Sains dan Dunia Islam, terj. Pustaka, Bandung: Pustaka, 1983.
- Ahmadi, Abu, Filsafat Islam, Semarang: Thoha Putra, 1982.
- Aḥmad Fuād al-Akhwāni, al-Falsafah al-Islāmiyyah, terjemahan, Jakarta: Pustaka Firdaus, 1985.
- Amīn, Aḥmad, Fajr al-Islām, Mesir: al-Nahḍah al-Miṣriyyah, 1965.
- Basori, A. Chairil, Filsafat, Semarang: IAIN Walisongo, 1987.
- Daudy, Ahmad, Kuliah Filsafat Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1986.
- __________, Seni-seni Pemikiran Filsafat dalam Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1986.
- De Boer, The History of Philosophy in Islam,translated by Edward R. Jones, New York: Dover Publication INC, 1967.
- Hanafi, A., Pengantar Filsafat Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1978.
- __________, Teologi Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1974.
- Ḥasan Ibrāhīm Ḥasan, Tārīkh al-Islām, jld.II, Mesir: al-Nahḍah, 1976.
- al-Nashār, Ali Shāmī, Manāhij al-Baḥthi ‘Inda Mufakkir al-Islām, Dārul Fikr al-‘Arabī, 1994.
- Madzkur, Ibrahim, Fi al-Falsafat al-Islāmiyyah Manhaj wa Taṭbīquh, terj. Yudian A. Asmi A.N. Mudzakkir, Jakarta: Rajawali, 1988.
- Nasution, Harun, Filsafat dan Mistisime dalam Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
- __________, Teologi Islam, Jakarta,Yayasan Penerbit UI, 1972.
- Poedjawijatna, Pembimbing ke Arah Filsafat, Jakarta: PT. Pembangunan, 1980
- Poerwantana, dkk., Seluk Beluk Filsafat Islam, Bandung: Rosda, 1988.
- al-Shahrastanī, al-Milal wa al-Niḥal, Juz I, Mesir: al-Qāhirah, 1320 H.
- Syalabi, A., Mausū’at al-Tārīkh al-Islām, jilid II, Mesir: al-Nahḍah, 1971.
- __________, Sejarah Kebudayaan Islam, Jakarta: Pustaka al-Husna, 1987.
- Watt, Montgomery, Islamic Theology and Philosophy, terj. Umar Basalim, Jakarta: P3M, 1987.