MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI PONDOK PESANTREN RAOUDHOTUT THOLIBIN REMBANG JAWA TENGAH

Authors

  • Nur Hasan

DOI:

https://doi.org/10.21580/wa.v3i2.1146

Abstract

Abstrack

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menemukan tentang penerapan model pembelajaran karakter di pondok pesantren Roudhotut Tholibin Kabupaten Rembang.
Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yakni lebih melihat seperti apa penerapan media belajar dan pembelajaran berbasis pondok pesantren di Pondok Pesantren. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan dan setelah selasai di lapangan.
Model pembelajaran pendidikan berbasis karakter di Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin terdapat beberapa upaya dan rencana pembentukan karakter pada siswa atau santrinya. Hal ini ditunjukkan tata tertib santri pada buku peraturan disiplin santri, tentang tata tertib disiplin santri seperti menyiapkan petugas piket, etika izin dan berbagai jenis pelanggaran dengan konsekuensi hukuman. Proses pendidikan di Pondok pesantern melalui tahapaan-tahapan pembelajaran dalam hal penguasaan baca tulis dan hafalan al-Qur’an.

Keywords: model pembelajaran, karakter siswa dan pondok pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nur Hasan

UIN Walisongo Semarang

References

Bibiliography

Amin Maswardi (2011) Pendidikan Karakter Anak Bangsa Jakarta Bedouse Jakarta

Muslich Masnur (2011) Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan krisis multidimensional Jakarta Bumi aksara.

Amrin sofan (2011) Implemetasi pendidikan karakter dalam pembelajaran, Presatso Pustaka.

An Nahlawi. (2002) Abdurrohman. Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga, di Sekolah dan di Masyarakat (Herry Noer Ali, Pentj) Bandung: CV diponegoroensi praktis Belajar

Arifin, M (2000). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Darajat, Sayuti. (2010) Studi Evaluatif Implementasi Kurikulum Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Program Pendidikan Terpadu. (Tesis) Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia

Darajat, Zakiyah. (1992) Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Ghazali Bahri. (2002) Pesantren Berwawasan Lingkungan. Prasasti. Jakarta.

Haedari, Amir, (2004) Panorama Pesantren dalam Cakrawala Modern.: Diva Pustaka: Jakarta

Heilimy Irfan, (2003) Modernisasi Pesantren: Nuansa :Bandung

Ihsan, Hamdani, Dan Fuad Ihsan (2001) Filsafat Pendidikan Islam. Bandung : Pustaka Setia

Kesuma Darma, (2011) Pendidikan Karakter, Bandung PT. Remaja Rosda karya.

Langgulung, Hasan (1980) Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam. Bandung: Al Ma’arif

Mardalis, (2007) Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: bumi aksara 2007

Marimba, D Ahmad. (1981) Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: PT Al Ma’arif.

Matta, Anis. (2002) Membentuk Karakter Muslim, Jakarta : Shoutul Haq Press

Muhaimin, (2007) Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Ramayulis. (2004) Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia

Sobur, Alex. (2003) Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia

Sugiyono. (2011) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukardi. (2010) Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2007) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Surakhmad, Winarno (1994) Pengantar Penelitian Ilmiah ; Dasar, Metoda & Tehnik, Bandung: Tarsito

Downloads

Published

2016-12-28