MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI PONDOK PESANTREN RAOUDHOTUT THOLIBIN REMBANG JAWA TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.21580/wa.v3i2.1146Abstract
Abstrack
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menemukan tentang penerapan model pembelajaran karakter di pondok pesantren Roudhotut Tholibin Kabupaten Rembang.
Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yakni lebih melihat seperti apa penerapan media belajar dan pembelajaran berbasis pondok pesantren di Pondok Pesantren. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan dan setelah selasai di lapangan.
Model pembelajaran pendidikan berbasis karakter di Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin terdapat beberapa upaya dan rencana pembentukan karakter pada siswa atau santrinya. Hal ini ditunjukkan tata tertib santri pada buku peraturan disiplin santri, tentang tata tertib disiplin santri seperti menyiapkan petugas piket, etika izin dan berbagai jenis pelanggaran dengan konsekuensi hukuman. Proses pendidikan di Pondok pesantern melalui tahapaan-tahapan pembelajaran dalam hal penguasaan baca tulis dan hafalan al-Qur’an.
Keywords: model pembelajaran, karakter siswa dan pondok pesantren.
Downloads
References
Bibiliography
Amin Maswardi (2011) Pendidikan Karakter Anak Bangsa Jakarta Bedouse Jakarta
Muslich Masnur (2011) Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan krisis multidimensional Jakarta Bumi aksara.
Amrin sofan (2011) Implemetasi pendidikan karakter dalam pembelajaran, Presatso Pustaka.
An Nahlawi. (2002) Abdurrohman. Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga, di Sekolah dan di Masyarakat (Herry Noer Ali, Pentj) Bandung: CV diponegoroensi praktis Belajar
Arifin, M (2000). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Darajat, Sayuti. (2010) Studi Evaluatif Implementasi Kurikulum Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Program Pendidikan Terpadu. (Tesis) Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia
Darajat, Zakiyah. (1992) Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Ghazali Bahri. (2002) Pesantren Berwawasan Lingkungan. Prasasti. Jakarta.
Haedari, Amir, (2004) Panorama Pesantren dalam Cakrawala Modern.: Diva Pustaka: Jakarta
Heilimy Irfan, (2003) Modernisasi Pesantren: Nuansa :Bandung
Ihsan, Hamdani, Dan Fuad Ihsan (2001) Filsafat Pendidikan Islam. Bandung : Pustaka Setia
Kesuma Darma, (2011) Pendidikan Karakter, Bandung PT. Remaja Rosda karya.
Langgulung, Hasan (1980) Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam. Bandung: Al Ma’arif
Mardalis, (2007) Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: bumi aksara 2007
Marimba, D Ahmad. (1981) Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: PT Al Ma’arif.
Matta, Anis. (2002) Membentuk Karakter Muslim, Jakarta : Shoutul Haq Press
Muhaimin, (2007) Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Ramayulis. (2004) Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia
Sobur, Alex. (2003) Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia
Sugiyono. (2011) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukardi. (2010) Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2007) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Surakhmad, Winarno (1994) Pengantar Penelitian Ilmiah ; Dasar, Metoda & Tehnik, Bandung: Tarsito
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).