Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta Antara Tuntutan dan Realita
DOI:
https://doi.org/10.21580/wa.v4i1.1477Abstract
Abstract
Lembaga pendidikan tinggi swasta merupakan lembaga tinggi yang setara dengan lembaga tinggi yang diselenggarakan pemerintah. Kiprah lembaga pendidikan swasta sama sebagaimana negeri, mereka ikut andil besar dalam mencerdaskan anak bangsa. Hal senada tentunya segala apa yang diharapkan dan diprioritasnya sama, namun kenyataan yang ada di alapngan, lembaga pendidikan tinggi yang dikelola oleh yayasan atau organisasi masyarakat selalu kurang mendapat perhatian, apa yang diharapkan terkadang pula masih jauh dari harapan. Lembaga Penjaminan Mutu, akhir-akhir ini muncul sebenarnya untuk menjembatani lajunya perjalanan lembaga tersebut untuk melayani, mengontrol dan mengevaluasi keberadaan lembaga tersebut. Kebutuhan lembaga ini tentunya harus mendapat dukungan oleh civitas akademika. Visi misi lembaga pendidikan yang dicanangkaan dan diharapkan oleh yayasan atau ormas yang menangani lembaga pendidikan, harus dapat dilihat bilamana Lembaga Penjaminan Mutu berjalan dengan baik. Begitu juga control yang dilakukan oleh pemerintah melalui Badan Akreditas Nasional Perguruan Tingngi (BAN PT) menjadi kebutuhan lembaga / instansi, karena melalui assesmen keberadaan lembaga tersebut layak mendapatkan pengakuan secara nasional, dengan harapan masyarakat pengguna tidak mengalami kekecewaan saat menempuh proses pendidikan.
Kata Kunci : PTAIS , Lembaga Penjaminan Mutu, dan BAN PT.
Downloads
References
Bibliography
Edward Sallis,Alih bahasa Ahmad Ali Riyadi, Total Managemen in Educational Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan, Yogyakarta: cetakan pertama, 2010
Joseph P.Guiltinan dan Gordon W. Paulalih bahasa Agus Maulana, Strategi Dan Program Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga, 1994, cetakan keempat.
Ristekdikti, Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi, kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Direktorat Pembelajaran, 2016.
Rinda Hedwig, Sistem Penjaminan Mutu di Perguruan Tinggi Monitoring & Evaluasi Internal, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007
Rafiq Karsidi dkk, Informasi Bidang Kemahasiswaan Universitas Sebelah Maret Surakarta Tahun Akademik 2016/2017
Undang-Undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi, Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara RI, 2012
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).