MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER MABADI KHAIRA UMMAH DI SMK MAARIF 2 GOMBONG

Agus Salim Chamidi*  -  , Indonesia

(*) Corresponding Author

Abstract
This research is done for looking for formula of mabadi khaira ummah as a matter of character education in SMK Maarif 2 Gombong. Mabadi khaira ummah itself is concept and values of building good society resulted by Nahdlatul Ulama (NU). Research want to know how to manage mabadi khaira ummahal. Research is qualitative with interview, investigation, and documentation, and also combining snowball sampling and purposive sampling techniques which the headmaster as the first informant and then some persons as informants. The research is done on April-August 2014 and turn to be checked on August-September 2017. Results of research are that mabadi khaira ummah is managed by headmaster of SMK Maarif 2 Gombong, not only in a specific lesson but also in some activities of school regularly, and that the headmaster also leads and moves all components managementally. The other result is that this research can build a pattern of management of education.

 

Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk meneliti rumusan mabadi khaira ummah sebagai sebuah materi pendidikan karakter di SMK Maarif 2 Gombong. Mabadi khaira ummah itu sendiri merupakan konsep dan nilai-nilai tentang membangun masyarakat yang baik yang dihasilkan oleh Nahdlatul Ulama (NU). Penelitian ingin mengetahui bagaimana manajemen mabadi khaira ummahal. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan wawancara, pengamatan, dan dokumentasi, dan juga menggabungkan teknik sampling snowball dan purposive sampling dengan kepala sekolah sebagai informan pertama dan kemudian sejumlah orang sebagai informan. Penelitian dilakukan April-Agustus 2014 dan kembali diteliti untuk penguatan pada Agustus-September 2017. Hasil penelitian ini adalah bahwa mabadi khaira ummah itu dikelola oleh Kepala SMK Maarif 2 Gombong, tidak hanya dalam mata pelajaran khusus tetapi juga dalam sejumlah kegiatan sekolah secara regular, dan bahwa kepala sekolah juga memimpin dan menggerakkan seluruh komponen sekolah secara manajerial. Hasil lain adalah bahwa penelitian ini dapat membangun suatu pola manajemen pendidikan.

Keywords: mabadi khaira ummah, management of education, leadership

  1. Abdul Mun’im, DZ, Piagam Perjuangan Kebangsaan, Jakarta: Setjen PBNU, NU Online, 2011
  2. Agus Salim Chamidi, Membedah Eksistensi Nahdlatul Ulama dalam Pembangunan Pendidikan Karakter Bangsa, dalam Jurnal An Nidzam Jurnal manajemen Pendidikan dan Studi Islam, Volume I, Nomor 2, Pascasarjana Magister Pendidikan Islam Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen, Mei-Agustus 2014.
  3. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Departemen Agama RI, 1984.
  4. Amin Widjaja Tunggal, Teori dan Kasus Manajemen Stratejik, Jakarta, Harvarindo, 2011
  5. Anggaran Dasar Nahdlatul Ulama (AD-NU), Hasil Muktamar 32 di Makassar,tahun 2010
  6. Ara Hidayat dan Imam Machali, Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip, Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah, Cetakan 1, Yogyakarta, Kaukaba, 2012
  7. Atabik Ali dan Ahmad Zuhi Muhdlor, Kamus Krapyak Al-‘Ashri Arab Indonesia, Cetatakan 2, UD Multi Karya Grafika Yogyakarta , 1997
  8. Chris Barker, Culture Studies, Teori dan praktek, terjemahan Nurhadi, Yogyakarta, Kreasi Wacana, 2015.
  9. Endang Turmudi (Editor), Jejak Langkah NU dari Masa ke Masa, Jakarta : PT Luna Kreasindo, 2006
  10. Faojin M dan Noor Kholis, Ke-NU-an dan Ahlussunah Waljamaah MA/SMA/SMK Kelas XII, Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Tengah, 2011
  11. Heri Gunawan, Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, Cetakan 2, Bandung, CV Alfabeta, 2012
  12. Husaini Usman, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta, PPs UNY, 2014
  13. Made Pidarta, manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta, Bian Aksara, 1998.
  14. Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2004.
  15. Muhammad Syafii Antonio, Ensiklopedia PROLM: Prophetic Leadership and Management Wisdom, Jakarta, Tazkia Publishing, 2013.
  16. Sondang P. Siagian, Manajemen Strategik, Jakarta, Bumi Aksara, 2008.
  17. Sudiyono, Metode Penelitian Manajemen, Cetakan 1, Bandung, Alfabeta, 2013
  18. Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional, UU Sisdiknas Tahun 2003
  19. Wahjosumidjo, Kepemimpinan dan Motivasi, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1987.

Open Access Copyright (c) 2018 Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

View My Stats
apps